Brilio.net - Di saat kita tengah melawan pandemi virus corona Covid-19 seperti ini, pemerintah mengajurkan masyarakatnya agar tetap dirumah. Pemerintah meminta masyarakat untuk mengurangi aktivitas seperti berkumpul, bertemu banyak orang di luar rumah, dan menjaga jarak satu sama lain atau biasa disebut social distancing untuk menurunkan risiko penularan virus corona.

Dengan kondisi seperti ini, para pekerja harus menyelesaikan kewajiban kantornya dari rumah termasuk mengadakan dan mengikuti rapat. Hal ini membutuhkan bantuan aplikasi video conference yang akan memudahkan mereka untuk mengikuti rapat meskipun sedang di rumah masing-masing.

Di era yang serba canggih, kamu dapat memanfaatkan segala bentuk fasilitas yang dihasilkan oleh perkembangan teknologi menggunakan smartphone maupun PC. Beberapa aplikasi video conference dapat memudahkan kamu beserta rekan-rekan kerjamu untuk melakukan rapat dari rumah disaat kondisi pandemi Covid-19 seperti ini.

Dengan menggunakan aplikasi video conference, kamu dapat tersambung dengan beberapa orang dalam satu kali panggilan. Nah, aplikasi apa saja kah yang dapat memudahkan kita melakukan video conference? Berikut, brilio.net merangkum dari berbagai sumber, 10 aplikasi video conference yang dapat memudahkanmu berkomunikasi dengan banyak orang dalam satu waktu dan satu layar sekaligus, pada Minggu (5/4)

1. Skype

Loading...

Aplikasi Video Conference © 2020 brilio.net

foto: Google Play Store

Dengan aplikasi Skype, kamu dapat melakukan panggilan tatap muka dengan 25 orang sekaligus hanya dengan satu kali panggilan. Skype merupakan aplikasi besutan dari Microsoft yang dapat diakses dari berbagai perangkat seperti PC, Smartphone hingga TV yang dapat terkoneksi dengan jaringan internet.

Selain dapat melakukan video conference, skype juga menyediakan fasilitas seperti voice call, dan chatting secara individu maupun grup untuk penggunanya.

2. Zoom Cloud Meeting

Aplikasi Video Conference © 2020 brilio.net

foto: Google Play Store

Zoom Cloud Meeting merupakan aplikasi yang saat ini tengah booming untuk melakukan video conference. Aplikasi ini dapat mendukung hingga 100 orang dalam satu panggilan video. Selain panggilan video, Zoom juga dapat melakukan voice call dan text chatting.

Selain itu Zoom juga dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung seperti screen sharing, dukungan Google Drive, Dropbox untuk berbagi dokumen dan foto. Kamu dapat melakukan panggilan berdasarkan nomor telepon atau email pengguna Zoom yang lain.

3. Hangouts Meet

Aplikasi Video Conference © 2020 brilio.net

foto: Google Play Store

Hangouts Meet merupakan layanan aplikasi gratis besutan Google yang terdapat dalam software Google G Suite. Aplikasi ini dapat melakukan video conference dengan 50 anggota serta tampilan video yang berkualitas di atas rata-rata.

4. Facetime

Aplikasi Video Conference © 2020 brilio.net

foto: support.apple.com

Untuk pengguna iPhone, kamu dapat mencoba melakukan video conference menggunakan Facetime. Tak hanya melakukan video call, kamu juga dapat melakukan audio call bersama rekan kerjamu.

5. Cisco WebEx

Aplikasi Video Conference © 2020 brilio.net

foto: Google Play Store

Aplikasi ini biasanya di gunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk melakukan video conference dengan jumlah peserta 100 orang dalam sekali panggilan telefon video dan dengan kualitas yang sangat baik. Cisco WebEx juga dilengkapi beberapa fitur seperti screen sharing, Google Assistant, Google Home Hub, fitur pengunggah dokumen, fitur perekam percakapan video bahkan tersedia pula papan virtual untuk menggambar.

6. Join.me

Aplikasi Video Conference © 2020 brilio.net

foto: join.me

Kamu dapat melakukan video conference dengan total maksimal 250 orang yang dapat tersambung dalam satu panggilan dan dalam ruang yang sama. Join.me dapat merekam rapat, mentransfer file dan bahkan dapat mengganti presenter. Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu dapat mengunduhnya pada Google Play Store dan App Store.

7. GoToMeetings

Aplikasi Video Conference © 2020 brilio.net

foto: Google Play Store

Aplikasi yang dapat digunakan untuk video conference melalui beberapa jenis perangkat komputer seperti Windows, Mac, bahkan Linux. Selain melalui PC, GoToMeetings juga dapat digunakan melalui smartphone.

8. Facebook Messenger desktop

Aplikasi Video Conference © 2020 brilio.net

foto: Google Play Store

Layanan ini merupakan layanan yang ditawarkan oleh Sosial Media Facebook yang dapat digunakan melalui PC. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan video conference dalam panggilan video grup hingga 8 orang.

9. Slack

Aplikasi Video Conference © 2020 brilio.net

foto: Google Play Store

Aplikasi yang dapat mendukung video conference hingga maksimal 15 orang, hanya menggunakan smartphone. Kamu dapat mengunduhnya pada Google Play Store. Beberapa fitur menarik juga ditawarkan oleh Slack, seperti tersedianya tools dan media sosial untuk memantau proses kerja dan fitur pencarian yang dapat digunakan untuk menelusuri topik dan percakapan yang sudah dibahas sebelumnya dalam video conference.

10. Jitsi Meet

Aplikasi Video Conference © 2020 brilio.net

foto: Google Play Store

Tanpa perlu mengunduhnya, kamu dapat menggunakan aplikasi ini hanya dengan membuka situs jitsi.org atau jitsi-meet untuk melakukan panggilan video, karena Jitsi Meet ini merupakan platform open-source yang akan memudahkanmu melakukan video conference.

Selain mudah digunakan, Jitsi juga menyediakan beberapa fitur seperti dapat melakukan video conference dangan 75 peserta dalam sekali panggilan video, dapat terintegrasi dengan Slack, Google Calendar dan Office 365.

RECOMMENDED BY EDITOR