Brilio.net - Perasaan bosan, tertekan, atau mungkin stres sudah kamu rasakan beberapa waktu ini. Tentu saja, pemicu kondisi tersebut terjadi karena berada di rumah selama wabah virus corona atau Covid-19.

Pada awalnya anjuran work from home atau WFH mungkin terdengar menyenangkan untuk kamu. Bisa mengerjakan pekerjaan dari rumah, bersantai, berkumpul bersama keluarga, dan nggak perlu datang ke kantor. Tapi pada kenyataannya banyak yang mengaku WFH nggak sebahagia itu.

Nggak sedikit orang yang mengeluhkan susahnya bekerja dari rumah. Entah karena jaringan yang tidak stabil, lingkungan yang kurang kondusif, sampai susah membagi waktu, menjadi beberapa alasan yang dikeluhkan selama WFH. Kalau sudah begini, ujung-ujungnya akan menjadi stres.

Nggak bisa dipungkiri, rasa bosan bisa membuat kesehatan psikis jadi tertekan. Kalau nggak segera diatasi, hal ini bisa membahayakan diri sendiri.

Selain menimbulkan rasa nggak nyaman, stres juga bisa bikin jadi uring-uringan. Nah kalau begini, nggak cuma kamu yang jadi korban, orang yang ada di sekitarmu juga bisa ikut stres lho.

Loading...

Jangan panik, lebih baik kamu menenangkan diri dengan mencurahkan perasaan. Menceritakan permasalahan yang kamu alami bisa membantu untuk meredakan stres lho.

Tentu saja, di tengah situasi seperti ini kamu nggak boleh ke mana-mana. Jadi solusinya kamu bisa melakukan konsultasi lewat internet. Yaps, sudah banyak lho layanan konsultasi online yang bisa kamu dapatkan dari beberapa aplikasi.

Simak ulasan brilio.net pada Rabu (1/4) dari berbagai sumber berikut ini.

1. Riliv.

Aplikasi konseling © 2020 brilio.net

foto: riliv.co

Riliv adalah salah satu aplikasi yang cukup terkenal untuk melakukan konsultasi online. Aplikasi ini menawarkan bantuan untuk memberikan layanan konsultasi yang siap mendengarkan keluh kesahmu.

Dalam aplikasi Riliv terdapat fasilitas curhat kepada para ahli psikologi. Mulai dari mahasiswa psikologi sampai psikolog bisa ditemukan dalam Riliv.

Kalau kamu merasa kesulitan dalam tidur, Riliv juga menawarkan beberapa cara untuk mengatasinya. Tenang, identitasmu bisa tersamarkan kok dalam akun Riliv, jadi jangan malu untuk bercerita.

-2. OnCom.

Aplikasi konseling © 2020 brilio.net

foto: oncom.id

OnCom merupakan singkatan dari Online Consultation & Mentorship. Aplikasi ini menawarkan konsultasi berbagai permasalahan lewat jaringan internet. Nggak hanya permasalahan pribadi, kendala pada bisnis, pendidikan, kesehatan, bahkan politik bisa kamu salurkan melalui aplikasi ini.

Dalam aplikasi onCom akan menghubungkan kamu dengan para konsultan sesuai bidang yang kamu tuju. OnCom semakin muda kamu jangkau, karena ia sudah bisa kamu dapatkan dalam HP Android lho.

-3. Konsultasi cinta & keluarga.

Aplikasi konseling © 2020 brilio.net

foto: apkpure.com

Permasalahan asmara sepertinya masih jadi salah satu kendala yang kerap di keluhkan banyak orang. Mulai dari susah mendapat pasangan, berdebat, diputusin, sampai susah move on, jadi kendala dalam hubungan percintaan.

Nggak cuma masalah saat pacaran, permasalahan cinta juga masih bisa muncul ketika kamu berumah tangga. Nah aplikasi Konsultasi Cinta & Keluarga bisa jadi solusi yang cukup praktis.

Aplikasi ini menawarkan jasa psikolog yang membantumu terutama pada permasalahan cinta dan keluarga. Dalam aplikasi ini kamu juga bisa membaca kisah-kisah yang dibagikan para anggota lain dalam pengalamannya menghadapi cinta dan keluarga. Kamu tertarik?

-4. Curhad.

Aplikasi konseling © 2020 brilio.net

foto: curhad.com

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini siap menjadi teman curahat hatimu. Curhad akan menjadi tempat yang menampung keluh kesahmu dalam berbagai bidang. Kamu bisa mengutarakan perasaan dalam aplikasi ini.

Nggak perlu khawatir akan ketahuan, identitasmu akan dijaga dengan rapi dalam Curhad. Pastinya kamu akan lebih tenang dan bebas mengeluarkan uneg-uneg hati.

-5. Persona.

Aplikasi konseling © 2020 brilio.net

foto: apkpure.com

Kalau kamu merasa kurang puas ketika curhat dengan sahabat, kamu bisa mengutarakannya dalam Pesona. Aplikasi ini memberikanmu kebebasan dalam mengutarakan permasalahan.

Menariknya, aplikasi ini bisa menghubungkan kamu dan teman dalam berkomunikasi dalam Persona. Selain itu, ketika kamu merasa nggak nyaman untuk mengunggah untuk umum, kamu bisa lho memilih untuk mengunggah dengan fitur private. Menarik bukan?

-6. Gabut.

Aplikasi konseling © 2020 brilio.net

foto: play.google.com

Wah dari namanya mungkin akan cocok untuk kamu kaum rebahan. Merasa bosan di rumah saja dan nggak ada kegiatan bisa bikin kamu nggak ngapa-ngapain. Nah dari pada melamun, mending kamu bertemu dengan  teman-teman secara online.

Aplikasi Gabut akan menyembunyikan identitas pengirim alias anon. Akan ada kode usia juga untuk identitas pengirim. Jadi lawan bicara hanya akan mengetahui jenis kelamin dan usiamu saja.

-7. eCurhat Tempat Curhat Kamu.

Aplikasi konseling © 2020 brilio.net

foto: play.google.com

eCurhat adalah salah satu aplikasi menarik yang bisa membantu tekanan pikiran. Kamu bisa mencurahkan permasalahan pribadi, asmara, cinta, dan lainnya lewat aplikasi tersebut.

Aplikasi eCurhat Tempat Curhat Kamu ini menawarkan solusi untuk kamu yang merasa terbebani dengan massalah yang sedang dialami. Untuk mendapatkannya sangat mudah. Kamu bisa langsung mengunduh dari gadgetmu. Mudah banget pokoknya!

-8. Securhat.

Aplikasi konseling © 2020 brilio.net

foto: apkpure.com

Securhat nggak cuma bisa jadi tempat untuk kamu menumpahkan isi pikiran. Kamu juga bisa mendapatkan teman yang bisa siap menjadi pedengarmu. Dalam aplikasi ini akan ada beberapa fitur yang ditawarkan.

Kamu bisa memilih kategori yang ingin kamu dapatkan dalam tampilan aplikasi Securhat. Dengan aplikasi ini, kamu nggak akan merasa kesepian lagi.

-9. AhwalNote Tombol Hati: Curhat Islami.

Aplikasi konseling © 2020 brilio.net

foto: play.google.com

Aplikasi berbasis islami ini juga siap mendengarkan berbagai permasalahan yang sedang kamu hadapi. Dalam aplikasi ini kamu akan mendapatkan solusi dari sudut pandang ajaran agama Islam. Akan ada saran yang juga berdasarkan AL-Quran dan Hadist. Nah dijamin deh selain pikiranmu tenang, hati juga akan ikut tenang.

-10. Tamara Curhat.

Aplikasi konseling © 2020 brilio.net

foto: tamara.id

Tamara Curhat bisa jadi solusi yang menyenangkan untuk kamu yang mengalami permasalahan percintaan. Aplikasi ini nggak hanya menampung permasalahanmu. Tamara Curhat juga akan memberikan tips-tips menarik untuk permasalahan cinta. Selain itu, kamu juga bisa lho belajar dari pengalaman orang lain.

Dalam aplikasi Tamara Curhat tersedia fitur yang membawamu untuk membaca curhat pengguna lain. Dari curhatan tersebut, kamu bisa mengambil pelajaran dari kisah lain.Dengan begitu kamu nggak akan merasa sendirian dan bisa mengurangi rasa stres.

RECOMMENDED BY EDITOR