Brilio.net - Hiburan murah meriah paling enak adalah menonton film. Ada beragam genre film yang bisa menghiburmu di kala penat.

Jenis film yang banyak digemari banyak orang ialah kartun atau animasi. Sineas film animasi berhasil mengemas cerita yang dipadukan dengan beberapa tokoh fiktif atau tidak nyata. Fiktif di sini berarti bentuk tokoh itu tidak nyata di dunia, tidak bisa disentuh, dan dirasakan.

Film kartun atau animasi berasal dari gambar seorang kartunis. Semua hasil dari animasi hanyalah sebuah gambaran dan hasil karya kecanggihan teknologi. Entah digambar terlebih dulu menggunakan kertas, kemudian dituangkan pada komputer. Atau bisa juga langsung dirancang melalui komputer. Di dunia produksi, gambaran per adegan disebut dengan istilah 'storyboard'.

Berbicara mengenai pembuatan animasi, kecanggihan teknologi memang nggak hanya menyangkut media sosial saja. Era modern juga merambah pada dunia editing. Ada juga beragam aplikasi dan software edit video gratis namun tetap profesional.

Namun perlu kamu tahu, tidak semua aplikasi edit video bisa digunakan untuk membuat dan mengedit animasi. Perlu aplikasi sendiri untuk urusan animasi ini. Kendati demikian tetap tersedia aplikasi edit video animasi yang bisa kamu gunakan secara mudah.

Loading...

Aplikasi editing yang ada juga cocok digunakan untuk kamu yang ingin belajar mengedit. Berikut ada 10 rekomendasi aplikasi edit video untuk animasi paling keren, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (13/12).

1. Synfig Studio.

10 Aplikasi edit video animasi keren dan mudah digunakan freepik.com

foto: synfig.org

Perangkat lunak animasi 2D open-source Synfig Studio, menyuguhkan banyak fitur yang bisa menunjangmu saat membuat konten video. Kamu bisa menambah geometris, filter, distorsi atau transformasi, dan masih banyak lagi lainnya.

Kamu juga bisa membuat video cut out menggunakan gambar bitmap dan vektor yang sudah tersedia di aplikasi ini. Aplikasi ini seolah bisa menunjang kreativitasmu dengan fitur editor suara yang lengkap.

2. Pencil2D Animation.

10 Aplikasi edit video animasi keren dan mudah digunakan freepik.com

foto: pencil2d.org

Aplikasi ini cocok untuk kamu yang sedang belajar atau ingin tampilan sederhana seperti video YouTube pada umumnya. Tampilan sekaligus aplikasi ini mudah dan simpel.

Kendati begitu, ada beragam fitur menarik di dalamnya. Kamu dapat menambah dan menduplikasi bingkai yang berbeda di trek yang berbeda misalnya. Menariknya lagi, aplikasi ini dirancang sedemikian rupa ringannya. Jadi nggak takut berat di komputer deh.

3. Tupi.

10 Aplikasi edit video animasi keren dan mudah digunakan freepik.com

foto: maefloresta.com

Aplikasi ini khusus buat kamu yang ingin berkreasi secara penuh membuat animasi 2D. Tupi mampu mendukung pembuatan vektor. Kamu dapat menambahkan persegi panjang, garis, poligon, dan bentuk lainnya sesuka hati.

Untuk mengisi area, cukup gunakan ember cat. Lalu kamu dapat mengimpor gambar raster, mengatur posisi tweet, skala, geser, dan rotasi menggunakan program ini. Dan terakhir kamu dapat mengekspor hasilnya jadi ke berbagai format file.

4. DAZ Studio.

10 Aplikasi edit video animasi keren dan mudah digunakan freepik.com

foto: daz3d.com

Daz adalah alat pembuatan 3D yang keren dan sepenuhnya gratis, memungkinkanmu membuat video pendek sesuka hati. Efek 3D di antaranya adalah membuat animasi model, render, dan pose dalam tingkat tekstur kulit.

Untuk urusan tampilan dan pengaturan, aplikasi ini simpel dan mudah digunakan. Sayangnya Daz membutuhkan sedikit RAM yang lebih besar. Untuk Windows 64 bit, RAM yang disarankan adalah 3G.

5. Maya.

10 Aplikasi edit video animasi keren dan mudah digunakan freepik.com

foto: autodesk.com

Maya merupakan salah satu di antara aplikasi perangkat lunak animasi, simulasi, pemodelan, dan render 3D terkemuka dan sering digunakan beberapa perusahaan produksi animasi.

Aplikasi ini diberdayakan dengan perangkat yang luar biasa. Kamu dapat menggunakannya untuk membuat animasi, grafik gerak, lingkungan, pembuatan karakter, serta realitas virtual. Menggunakan toolset MASH kamu juga dapat menambahkan node baru yang terdiri dari sinyal, kurva, dunia, placer, dan lainnya.

6. Moho.

10 Aplikasi edit video animasi keren dan mudah digunakan freepik.com

foto: my.smithmicro.com

Moho adalah editor animasi lengkap yang didedikasikan untuk seniman digital dan profesional. Kabarnya aplikasi ini pernah digunakan untuk membuat film Song of the Sea dan The Breadwinner (film nominasi OSCAR). Sebab, fitur yang di aplikasi ini sangat lengkap dan keren. Seperti warp pintar, alat yang memungkinkanmu membentuk, membengkokkan, menghidupkan, dan memelintir aset vektor dan gambar dan kompatibel dengan Smart Bones.

Kamu juga dapat mengatur blur gerakan dan jumlah bingkai supaya dapat berbaur dengan objek atau karakter. Sehingga karakter dapat bergerak untuk menciptakan hasil yang luar biasa.

7. Terragen.

10 Aplikasi edit video animasi keren dan mudah digunakan freepik.com

foto: planetside.co.uk

Aplikasi edit video animasi ini sepenuhnya gratis dan dapat kamu instal di semua komputer dan tablet Windows. Terragen merupakan program yang ideal untuk animasi 3D.

Fitur dan kecanggihan yang tersedia di antaranya pratinjau yang dilacak dengan sinar, simulasi awan dan ozon foto-realistis, rendering dua kali lebih cepat, menambahkan medan, objek, dan shader ke produk akhir. Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan oleh siapa saja.

8. Seamless3d.

10 Aplikasi edit video animasi keren dan mudah digunakan freepik.com

foto: seamless3d.com

Seamless3d, perangkat lunak yang mampu menunjang pembuatan animasi 3D. Banyak fitur menarik bisa kamu gunakan, seperti opsi undo dan redo tak terbatas untuk memperbaiki kesalahan, pemetaan tekstur yang dipartisi, cocok untuk hasil video YouTube. Aplikasi ini mendukung format video FFmpeg. Jadi kamu bisa memasukkan format AVI, MP4, dan lainnya.

9. OpenToonz.

10 Aplikasi edit video animasi keren dan mudah digunakan freepik.com

foto: opentoonz.github.io

Program animasi ini dibuat untuk pemula khusus sitem Windows 7/8/10 64 bit. OpenToonz merupakan salah satu perangkat lunak animasi 2D terbaik di pasaran.

Kamu dapat menggunakan efek plug-in untuk mengubah gaya gambar, menambahkan lampu dan mengubah detailnya. Kamu juga dapat menambahkan warna, dan mengoreksi gambar tanpa kehilangan bingkai.

10. Blender.

10 Aplikasi edit video animasi keren dan mudah digunakan freepik.com

foto: blender.org

Blender salah satu perangkat lunak pengeditan video gratis terbaik, tersedia di Windows, Mac, dan Linux. Aplikasi ini sebenarnya dirancang untuk editing animasi 3D, tetapi dilengkapi dengan editor video lainnya yang sangat berguna.

Edit video Blender rasanya sudah cukup menunjang beragam kebutuhan videomu. Banyak fitur canggih tersedia di Blender, mulai dari pemotongan video, splicing, bentuk gelombang luma, vektor chroma, dan histogram, pencampuran audio, sinkronisasi, penggosokan, dan visualisasi bentuk gelombang.

Aplikasi ini menyediakan 32 slot untuk menambahkan video, gambar, audio, dan efek. Kontrol kecepatan, lapisan penyesuaian, transisi, bingkai kunci, filter, dan masih banyak lagi lainnya.

RECOMMENDED BY EDITOR