Brilio.net - Dewasa ini sharing foto di media sosial seolah merupakan sebuah keharusan. Apalagi sedang atau setelah melakukan liburan ke tempat-tempat baru.

Dahulu kala, foto hanya digunakan sebagai media untuk mengabadikan suatu momen ataupun kenangan. Namun sejak berkembangnya teknologi, zaman pun menuntut untuk terus mengikuti tren terkini. Sehingga, foto pun tidak hanya sebagai media untuk mengingat kenangan, tetapi juga sebagai ajang untuk menunjukkan kualitas diri.

Tak selalu membutuhkan alat yang mahal, ataupun budget yang besar untuk memperoleh hasil foto yang baik. Kini, kamu bisa mempercantik fotomu secara mudah dan gratis dengan aplikasi edit foto di Android ataupun iOS.

Nah, berikut adalah beberapa aplikasi edit foto kekinian terbaik di Android dan iOS, dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (19/12).

1. Adobe Lightroom.

Loading...

edit foto kekinian istimewa

foto: brilio.net

Selain PhotoShop, Adobe juga mengeluarkan aplikasi edit foto lain, yakni Lightroom. Tentu saja untuk kualitas hasil editannya tidak perlu dipertanyakan lagi. Fotomu akan terlihat lebih keren jika menggunakan aplikasi ini.

Selain itu, Lightroom juga akan membuat hasil fotomu terlihat lebih indah dengan berbagai preset yang disediakan. Bahkan kamu juga bisa membagikan fotomu secara langsung, mudah, dan gratis.

2. VSCO Cam.

edit foto kekinian istimewa

foto: brilio.net

Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 50 juta kali di Play Store. Tentu ini menjadi bukti bahwa VSCO termasuk ke dalam aplikasi edit foto favorit.

Fitur-fitur dasar seperti filter, penerangan, penajaman, kontras, shadow, bisa kamu gunakan di VSCO tanpa berbayar. Dengan menggunakan fitur-fitur yang ada di VSCO, fotomu pun akan terlihat lebih keren dan tak ketinggalan zaman.

3. Prisma.

edit foto kekinian istimewa

foto: brilio.net

Prisma merupakan aplikasi edit foto versi lebih sederhana dari Picsart dan Pixlr. Meski lebih sederhana, Prisma bisa mengubah fotomu yang biasa menjadi seperti lukisan yang bernilai tinggi dengan tools editan berupa efek dan filter Prisma.

Prisma memiliki keunggulan yang tidak dimiliki aplikasi edit foto serupa lainnya, yaitu adanya teknologi kecerdasan buatan yang bisa mengolah gambar dari nol lalu menghasilkan editan yang jauh lebih artistik, lebih indah namun tetap nyata.

Uniknya, berbagai macam filter terdapat di aplikasi Prisma yang terinspirasi dari karya seni legenda seperti Monet, Van Gogh, Picasso, sampai ke ilustrasi buku komik DC atau Marvel.

4. PicsArt.

edit foto kekinian istimewa

foto: brilio.net

Aplikasi PicsArt merupakan salah satu favorit pengguna smartphone. Terbukti sudah diunduh lebih dari 500 juta kali di Play Store.

Berbagai macam fitur seperti collage, draws, frame, sticker,frame,filter dan fitur menarik lainnya terdapat pada aplikasi foto satu ini. Meski memiliki berbagai macam fitur, kamu tidak perlu bersusah payah untuk membuat fotomu terlihat lebih cantik dan menarik. Selain itu, kamu pun bisa langsung meng-upload foto yang telah kamu edit ke media sosial seperti Instagram tanpa harus menyimpannya terlebih dahulu di galeri.

5. Pixlr Express.

edit foto kekinian istimewa

foto: brilio.net

Pixlr Express memiliki lebih dari 2 juta kombinasi efek, filter, dan overlays gratis yang bisa kamu gunakan dengan mudah. Dikembangkan oleh AutoDesk, aplikasi ini bisa menjadi pilihanmu untuk mengedit foto karena cara penggunanya tidaklah rumit dengan berbagai fitur yang canggih.

Dengan Pixlr, kamu pun bisa membuat kolase foto dengan berbagai pilihan latar belakang yang menarik. Meski gratis, terdapat banyak iklan yang muncul ketika menggunakan aplikasi ini. Cukup bayar sekitar Rp 20.000 untuk bisa menghilangkan iklan dan mendapat berbagai macam efek dan fitur tambahan lainnya.

6. Afterlight.

edit foto kekinian istimewa

foto: brilio.net

Afterlight sering disebut sebagai 'soulmate'-nya Instagram yang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 12.000 untuk bisa memakai semua fitur yang ada di dalamnya. Kamu bisa menikmati berbagai fitur keren yang terdapat dalam Afterlight seperti 78 tekstur natural, 74 filter, 15 tool penyesuaian foto, dan 128 bingkai yang bisa kamu atur ukurannya sesuai keinginan. Aplikasi Afterlight tersedia untuk perangkat Android maupun iOS.

7. Adobe Photoshop Express.

edit foto kekinian istimewa

foto: brilio.net

Tentu saja Adobe Photoshop masuk ke dalam salah satu aplikasi edit foto favorit. Eksistensinya tidak perlu diragukan lagi sebagai aplikasi edit foto terbaik.

Meski telah lama ada, Photoshop tetap menjadi pilihan anak muda masa kini untuk membuat foto mereka menjadi lebih keren dan menarik. Jika kamu sedang liburan atau bepergian, dan cuaca tidak baik sehingga fotomu pun tampak gelap dan tak jernih, maka hal ini bisa diatasi dengan PhotoShop. Sehingga, fotomu pun akan tampak lebih indah, jernih, dan cerah.

8. Giphy Cam.

edit foto kekinian istimewa

foto: brilio.net

Jika kamu menyukai filter-filter unik yang bisa ikut bergerak, maka Giphy Cam bisa menjadi aplikasi edit video pilihanmu. Aplikasi edit foto bergerak saat ini sedang digandrungi dan sangat populer di kalangan anak muda masa kini.

Dengan Giphy Cam, kamu bisa mengedit foto menjadi bentuk Graphics Interchange Format (GIF). Jika kamu tertarik, kamu dapat mengunduh aplikasi edit gambar terbaik ini di Play Store.

9. Snapseed.

edit foto kekinian istimewa

foto:brilio.net

Snapseed merupakan salah satu aplikasi edit foto di Android yang memiliki fitur lengkap dan sangat menarik. Dengan aplikasi ini fotomu yang awalnya terlihat biasa saja akan berubah layaknya foto profesional dengan kamera DSLR.

Tersedia 28 jenis tools dalam aplikasi Snapseed yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Setelah selesai mengedit, kamu pun bisa langsung berbagi hasil foto editanmu ke media sosial tanpa perlu menyimpannya terlebih dahulu di galeri.

10. Camly Photo Editor.

edit foto kekinian istimewa

foto: brilio.net

Jika kamu salah satu pribadi yang menyukai hasil foto yang penuh warna, kamu bisa menggunakan Camly Photo Editor untuk mengedit fotomu. Dengan aplikasi Camly, fotomu akan menjadi lebih kekinian dan kece.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan beberapa gambar dan sticker yang lucu untuk memperindah hasil foto. Kamu pun bisa mengunduhnya di Play Store secara gratis.

Reporter: Hameda Rachma

RECOMMENDED BY EDITOR