Brilio.net - Semua orang pasti menghindari adanya kemalingan. Rumah yang aman harus didesain sedemikian rupa dengan pagar ataupun tembok agar tidak menarik perhatian pencuri. Bahkan, beberapa orang memilih untuk menyewa penjaga agar rumah tetap aman dan tidak terbobol maling.

Namun terkadang, menyewa penjaga atau satpam untuk memantau rumah agar bebas maling memerlukan dana lebih. Namun seiring majunya teknologi, untungnya saat ini sudah banyak lho tersedia aplikasi CCTV yang bisa kamu unduh di smartphone kamu secara gratis.

CCTV (Closed Circuit Television) merupakan kamera pengintai yang dapat dimanfaatkan untuk memantau rumah di saat kamu hendak traveling ke kota lain. Kini dalam melakukan pengawasan bukan bisa hanya diakses melalui kompter saja, namun juga melalui smartphone kamu lho dengan syarat harus terhubung dengan koneksi internet.

Sebagai informasi lebih lanjut, kamu tetap harus membeli perangkat IP Webcam yang nantinya dapat diakses dengan cara memantau dari perangkat lain seperti smartphone Android. Untuk itu, beberapa IP Webcam tersebut menyediakan sarana mengawasinya yang bisa diunduh melalui Play Store.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Namun apa saja aplikasi CCTV di HP Android? Tanpa berlama-lama lagi dikumpulkan brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (14/1), berikut adalah aplikasi-aplikasi CCTV yang tersedia di perangkat Android kamu untuk bisa selalu memantau rumah.

1. IP Webcam.

Aplikasi CCTV © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Aplikasi CCTV ampuh yang pertama, kamu bisa menginstal IP Webcam. Aplikasi ini membutuhkan dua perangkat, yaitu Android dan PC. Untuk memantau aktivitas di kamera, kamu bisa menggunakan browser. Selain untuk memantau, kamu juga dapat memakai fitur seperti recording, deteksi suara, hingga mengatur resolusi kamera pengintai.

2. Alfred Home Security Camera.

Aplikasi CCTV © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Jika kamu telah memasang kamera pengintai atau CCTV, kamu bisa memantau secara online dengan aplikasi CCTV bernama Alfred Home Security Camera. Fitur yang dibawa juga beragam meliputi night vision, remote acces, motion detector, dan live video streaming. Namun bagi kamu yang ingin memantau melalui web, kamu bisa mengunjungi situsnya sebagai berikut: https://alfred.camera/webapp.

3. DroidCam Wireless Webcam.

Aplikasi CCTV © 2022 brilio.net

foto: droidcam.com

Selanjutnya, DroidCam juga merupakan salah satu aplikasi CCTV yang andal untuk memantau rumah kamu agar tetap aman. Selain bentuk aplikasi, DroidCam juga dapat kamu akses melalui browser juga. Dengan DroidCam, kamu dapat memantau rumah dengan kamera CCTV dengan resolusi kamera HD serta hasil gambar yang jernih.

4. WardenCam.

Aplikasi CCTV © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Selain ketiga aplikasi di atas, kamu juga dapat memilih WardenCam sebagai aplikasi CCTV pilihan. Dengan aplikasi ini, kamu dapat memonitoring aktivitas apapun dari kamera CCTV yang telah kamu pasang di rumah. Selebihnya, aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur, salah satu yang paling ampuh adalah fitur night vision untuk gambar lebih jelas atau jernih.

5. AtHome.

Aplikasi CCTV © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Berikutnya AtHome juga bisa kamu jadikan aplikasi CCTV untuk memantau rumahmu. AtHome terbagi menjadi dua, yakni AtHome Camera untuk kamera CCTV serta AtHome Video Streamer untuk memonitoring kamera CCTV. Untuk menjalankan aplikasi bekerja dengan baik, kamu hanya perlu melakukan proses barcode aplikasi AtHome Camera dengan perangkat Android yang terhubungkan dengan AtHome Video Streamer.

6. Video Surveillance Ivedion.

Aplikasi CCTV © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Pantau segala aktivitas rumah kamu kapan pun dan dimana pun? Kamu bisa menggunakan aplikasi CCTV bernama Video Surveillance Ivedion. Salah satu fitur yang sangat menarik di aplikasi ini adalah kamu akan mendapatkan notifikasi jikalau ada kejadian yang terjadi di sekitar CCTV. Dengan ini, kamu bisa memantau rumah secara real-time dengan mudah.

7. SeeCiTV.

Aplikasi CCTV © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Yang ketujuh, kamu bisa memilih SeeCiTV sebagai salah satu aplikasi CCTV terandal. Direkomendasikan juga sebagai salah satu aplikasi home security terbaik, SeeCiTV dilengkapi dengan fitur di mana kamu dapat menggunakan aplikasi ini tanpa perlu aplikasi terus menyala. Dengan ini, kamu akan menghemat daya baterai kamu.

8. WiFi Baby Monitor.

Aplikasi CCTV © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Aplikasi CCTV yang direkomendasikan berikutnya adalah WiFi Baby Monitor. Sesuai namanya, aplikasi CCTV ini cocok bagi kamu seorang Ibu yang hendak memantau sang buah hati secara real-time dengan fitur pelengkapnya yaitu night vision dan motion detector.

9. Security Camera CZ.

Aplikasi CCTV © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Aplikasi CCTV yang bisa kamu andalakan dengan tampilan sederhana untuk pengaksesan lebih mudah adalah Security Camera CZ. Dapat diunduh secara cuma-cuma, Security Camera CZ memerlukan dua perangkat HP Android yang masing-masing harus sudah terinstal aplikasi. Bila sudah, kamu hanya menentukan perangkat mana yang berfungsi sebagai pemantau CCTV dan mana yang berfungsi untuk CCTV Android.

10. iVMS-4500.

Aplikasi CCTV © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Yang terakhir, kamu bisa menggunakan iVMS-4500 sebagai aplikasi CCTV di HP Android. iVMS-4500 merupakan aplikasi untuk memantau aktivitas pada kamera NVR atau DVR dari jarak jauh. Dengan banyak fitur yang diusung, iVMS-4500 dilengkapi degnan fitur recording, auto focus, playback, dan lain sebagainya.

(brl/far)

RECOMMENDED BY EDITOR