Brilio.net - Hidup akan terus berjalan, roda kehidupan tak bisa dihentikan. Setiap detik, menit, jam terasa spesial. Setiap hari kamu akan melalui proses hidup. Ada rasa bahagia, sedih, galau, marah, dan perasaan lain akan terlintas seiring waktu. Semua kejadian sudah patut kamu syukuri, karena sejarah tidak akan terulang kembali.

Sadar atau nggak terkadang kamu ingin menuliskan apa yang selama ini kamu rasakan, lalui, dan lakukan. Sejak dulu, adanya buku diary mampu membantumu mencatat dan mengekspresikan pikiran dan kejadian yang telah kamu lalui. Menulis buku diary juga berfungsi supaya kamu nggak lupa akan momen tertentu. Di mana momen berharga dalam hidupmu tercatat pada buku dan bisa selalu diingat.

Seiring perkembangan zaman, teknologi juga mempengaruhi bentuk buku catatan ini. Tak lagi menggunakan buku manual, tapi bisa melalui elektronik yakni aplikasi. Menariknya lagi, aplikasi diary ini bisa menjaga privasi dan kerahasiaannya. Di mana terdapat kata kunci atau password yang hanya bisa kamu buka sendiri.

Nah, apa saja aplikasi diary yang bisa membantu menuliskan curahan hatimu setiap saat? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (17/1).

1. Day One Journal.

Loading...

aplikasi diary pixabay.com

foto: play.google

Aplikasi diary ini punya desain yang menarik dan berbeda dari lainnya. Kamu bisa menambahkan gambar dan emoticon atau emoji di setiap entri halaman. Saat kamu membuat catatan baru, aplikasi secara otomatis menambahkan banyak metadata ke dalamnya, termasuk lokasi saat ini, musik yang sedang kamu dengarkan, emosimu, data cuaca, tag dan waktu, dan lainnya.

Untuk urusan privasi, kamu bisa mengunci buku harian elektronik ini dengan kode sandi ID sentuh. Selain itu, jika kamu mau, kamu dapat mengekspor semua buku harian jadi PDF dan mencadangkannya di PC atau flash drive. Selain itu juga, kamu dapat mengatur pengingat khusus untuk membantumu menulis diary setiap hari. Yang lebih penting lagi, aplikasi ini gratis tanpa dipungut biaya.

2. Moment Diary.

aplikasi diary pixabay.com

foto: play.google

Moment Diary Tale adalah aplikasi buku harian paling cocok terutama untuk gadis-gadis muda. Aplikasi ini punya desain warna pink dan tata letak yang mudah digunakan. Terdapat fitur standar yang istimewa di sini. Misalnya dapat menambahkan cap waktu, menghitung jumlah kata, di setiap catatan, menunjukkan kalender, memungkinkan kamu bisa menambah foto di setiap halamannya.

Kalau kamu mau, kamu juga dapat mengekspor catatan ke email, mencadangkan dan mengembalikan dari PC atau Mac. Tenang, prosedur keamanan diary gratis ini sangat terjaga dengan kata sandi 4 digit.

3. Diaro.

aplikasi diary pixabay.com

foto: play.google

Diaro adalah aplikasi gratis yang sangat mirip dengan Day One. Diaro akan memudahkanmu untuk mendapatkan satu buku catatan yang diisi dengan semua entri, pencarian cepat, dan bisa mengakses catatan dari browser. Selain itu kamu juga dapat mengatur entri buku harian menggunakan folder, tag, lokasi dan menambahkan foto dan video ke dalamnya. Sayangnya di dalam aplikasi ini terdapat iklan berbayar.

4. Momento.

aplikasi diary pixabay.com

foto: play.google

Momento adalah aplikasi jurnal pribadi yang pintar. Dapat membantumu mengumpulkan semua momen dan kenangan. Dengan aplikasi ini, kamu tidak hanya dapat menuliskan momen, tetapi juga secara otomatis dapat menangkap aktivitas harian, pos dan memasukkan foto dari jejaring sosial, aplikasi dan perangkat lain.

Setiap tulisan secara otomatis disusun dalam jurnal pribadi dengan tata letak yang indah. Tentunya dengan password atau kata sandi yang aman dan terjaga. Aplikasi ini gratis untuk pengguna iOS. Tersedia juga versi berbayar atau pro.

5. Journey.

aplikasi diary pixabay.com

foto: play.google

Journey adalah aplikasi buku harian gratis dengan desain tampilan keren untuk Android. Tersedia juga di perangkat Chromebook, Mac dan Windows. Aplikasi ini memudahkan untuk menambahkan entri dengan konten visual. Kamu dapat melihat catatan sebelumnya dengan tampilan kalender, atau tampilan atlas yang menunjukkan catatan berdasarkan lokasi. Semua entri disimpan di Google Drive.

6. Penzu.

aplikasi diary pixabay.com

foto: play.google

Penzu adalah buku harian, jurnal, dan notepad gratis populer. Aplikasi ini memungkinkan entri tulisan dalam jurnal tunggal, mengatur pengingat, dan mengunci catatan dengan kata sandi atau kode PIN. Aplikasi ini juga memiliki versi berbasis web. Jadi, kamu dapat mengakses buku harian dari browser web apa saja dan perangkat lain.

Aplikasi ini bersifat gratis, namun tersedia juga versi Pro atau berbayar yang memungkinkanmu untuk mendapatkan beragam fitur lebih lengkap.

7. Dream Journal Ultimate.

aplikasi diary pixabay.com

foto: play.google

Dream Journal Ultimate, seperti namanya, secara khusus punya orientasi untuk menyimpan mimpi orang. Aplikasi ini memiliki fitur yang disebut Dream Wall, di mana kamu dapat membaca, memberikan komentar, dan menyukai catatanmu sendiri.

Untuk membantumu mengingat agar menulis entri setiap hari, ada opsi yang disebut Dream Journal Reminder. Aplikasi ini juga punya keamanan dengan kata sandi dan menyinkronkan mimpimu pada perangkat lain. Aplikasi ini gratis untuk semua pengguna Android.

8. Journal with Narrate.

aplikasi diary pixabay.com

foto: play.google

Narrate adalah aplikasi yang dibuat untuk merekam pikiran, pengalaman, dan ide pengguna dalam bentuk tulisan. Punya antarmuka minimalis dengan beragam fitur dasar. Melalui aplikasi ini, kamu juga bisa menambahkan entri, menambahkan konten multimedia dan penargetan geografis ke dalamnya, mencadangkan catatan ke Dropbox atau Google Drive, mengatur pengingat untuk posting, bahkan aplikasi ini dilengkapi dengan fitur berguna yang memungkinkan mengembalikan item yang telah terhapus.

9. Universal Diary.

aplikasi diary pixabay.com

foto: play.google

Universal Diary merupakan aplikasi gratis yang tidak jauh berbeda dari aplikasi buku harian sebelumnya. Kamu dapat menambahkan entri dengan foto dan video, mengatur pengingat untuk membuat entri pada waktu tertentu, dan mengunci catatan dengan kata sandi. Selain itu, kamu dapat mengekspor seluruh jurnal ke PDF dan mencadangkan catatan pada kartu SD atau Google Drive.

10. Daylio.

aplikasi diary pixabay.com

foto: play.google

Daylio merupakan aplikasi note terbaik yang bisa kamu coba. Aplikasi ini sangat cocok buat kamu yang lebih senang menulis catatan secara singkat. Menariknya lagi, aplikasi ini juga dilengkapi dengan reminder, PIN, dan backup pada Google Drive. Aplikasi ini juga bisa memilihkan mood untuk setiap penulisan dalam diary.

RECOMMENDED BY EDITOR