Brilio.net - Era modern saat ini, orang bisa menjadi terkenal dan mendapatkan uang lebih mudah. Semua itu bisa ditempuh dengan bantuan media sosial dan teknologi lainnya.

Media sosial melahirkan profesi baru, seperti selebgram dan YouTuber. Cara awal untuk jadi selebgram atau YouTuber ialah menentukan konten apa yang akan diproduksi.

Video yang sering dan cukup banyak orang mencari adalah konten tutorial, di antaranya tutorial game. Konten yang satu ini terlihat sederhana dan simpel, namun di berbagai belahan negara banyak yang mencarinya.

Salah satu fungsinya adalah supaya tahu cara cepat menaikkan level. Karena saat ini banyak game aksi berbahasa Inggris yang seru dimainkan, namun sedikit rumit untuk pemula.

Ingin memulai saluran tutorial YouTube melalui konten game? Sebelumnya kamu butuh merekam kegiatanmu bermain game terlebih dulu. Sebelum diedit dan diunggah pada Channel YouTube. Kamu hanya butuh merekam saat kamu bermain di ponsel pintarmu itu.

Loading...

Alih-alih menggunakan kamera atau komputer eksternal, kamu dapat dengan mudah merekam layar perangkat secara langsung. Berkat sejumlah aplikasi di PlayStore yang dapat dengan mudah melakukan pekerjaan itu untukmu.

Aplikasi screen recorder atau perekam layar ini nggak hanya bisa kamu gunakan untuk bermain game, tapi juga bisa merekam apa saja. Menariknya lagi, deretan aplikasi ini bisa kamu gunakan sampai kualitas HD dengan rekaman suara terbaik. Ditambah lagi nggak memerlukan akses root pada Android.

Berikut 10 aplikasi perekam layar terbaik yang bisa kamu gunakan di Android, seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/1).

1. Free Cam.

Aplikasi perekam layar pixabay.com

foto: freepik.com

Free Cam adalah perekam layar gratis yang sangat sederhana dengan editor audio dan video bawaan. Antarmuka dan beragam fitur menarik, intuitif memungkinkanmu untuk membuat screencasts (perekam layar) dengan mudah seperti seorang profesional.

Meskipun perangkat lunak ini gratis, tidak ada tanda air apa pun (watermark) dan bebas iklan. Kelebihan lainnya adalah resolusi berkualitas tinggi, pengguna dapat menyimpan video sebagai WMV, mengunggahnya langsung ke YouTube, bisa menghapus fragmen video yang tidak diinginkan, menghilangkan kebisingan latar belakang, dan ada berbagai pilihan efek audio. Sayangnya aplikasi yang satu ini hanya bisa menyimpan video dalam bentuk WMV saja dan tidak ada webcam.

2. Super Screen Recorder.

Aplikasi perekam layar pixabay.com

foto: play.google

Super Screen Recorder adalah perekam layar Android yang luar biasa. Hadir dengan antarmuka yang ramah bagi pengguna, dengan beragam fitur pengeditan video yang mengesankan. Tidak memerlukan perangkat yang di-rooting dan tidak memiliki batas waktu untuk merekam.

Menyediakan rekaman berkualitas tinggi dengan beragam resolusi, frame rate, dan bit rate. Kamu dapat menjeda dan melanjutkan rekaman sesuai keinginan.

Ada Facecam, GIF Maker, dan alat kuas untuk menggambar klip. Meski gratis, tidak ada watermark. Namun kamu bisa juga mengaktifkan watermark, jika ingin menunjukkan merek. Kekurangannya, aplikasi ini berisi pembelian atau iklan di dalamnya.

3. AZ Screen Recorder.

Aplikasi perekam layar pixabay.com

foto: play.google

AZ Screen Recorder adalah aplikasi tangkapan layar Android populer yang diunduh lebih dari satu juta pengguna. Mudah dioperasikan dan tidak memerlukan akses root.

Tidak ada tanda air (watermark) dan batas waktu untuk merekam. Ini memungkinkanmu untuk membuat video HD dan Full HD, dan kamu juga dapat melakukan jeda dan melanjutkan saat merekam.

Video yang kamu buat bisa disimpan secara otomatis ke galeri. Selain itu, aplikasi ini dapat mengatur resolusi video, kecepatan bit, kecepatan bingkai, orientasi layar, menyesuaikan waktu penghentian untuk berhenti, dan berbagi atau menghapus video yang telah direkam.

Versi gratisnya ini sudah mencakup sebagian besar fitur yang kamu perlukan. Kelemahannya adalah berisi iklan.

Nah, jika kamu ingin mendapatkan fitur yang lebih keren, kamu bisa mengubahnya jadi pro. Versi pro AZ Screen Recorder mencakup beberapa fitur tambahan seperti tombol Magic, penghapusan iklan, penghitung waktu mundur, dan lain sebagainya. Ini tersedia sebagai pembelian dalam aplikasi.

4. DU recorder.

Aplikasi perekam layar pixabay.com

foto: du-recorder.en

DU recorder adalah salah satu aplikasi perekam layar Android terbaik, sudah lebih dari 10 juta unduhan. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk merekam video apa pun yang terjadi di layar Android.

Selain itu, kamu nanti dapat mengedit video menggunakan editor bawaan. Tidak memerlukan akses root dan tidak ada batasan waktu untuk merekam.

Fitur lainnya termasuk opsi untuk memilih resolusi yang berbeda, frame rate, bit rate, kamera menghadap ke depan, gerakan goyang, pembuat GIF, dan lain sebagainya. Semua fungsi tersedia dalam versi gratis.

Aplikasi ini juga menyediakan 20 bahasa berbeda dan tidak mengandung iklan apa pun. Sayangnya, aplikasi gratis ini masih memunculkan watermark pada setiap video yang kamu buat.

5. Screen Recorder.

Aplikasi perekam layar pixabay.com

foto: play.google

Perekam layar yang satu ini sepenuhnya gratis tanpa iklan atau pembelian dalam aplikasi. Ringan di Android, tidak mengandung tanda air (watermark), dan tidak memerlukan akses root.

Kamu bisa mendapatkan video keren dengan beragam resolusi yang berbeda, berbagai frame rate, bit rate, dan juga menambahkan teks atau logo ke rekaman. Aplikasi ini juga memungkinkanmu untuk merekam input sentuh, audio eksternal, dan mendukung Facecam saat merekam.

Selain itu, di dalamnya terdapat pemangkas video, kamu juga dapat memilih lokasi untuk menyimpan video. Aplikasi ini juga tersedia dalam berbagai bahasa selain bahasa Inggris.

6. Mobizen Screen Recorder.

Aplikasi perekam layar pixabay.com

foto: mobizen.en

Mobizen adalah perekam layar yang nyaman dan mudah digunakan yang memungkinkanmu untuk merekam, menangkap, dan mengedit video, game, atau aplikasi apa pun. Kamu bisa mendapatkan video dengan resolusi berkualitas tinggi, kamu juga dapat menangkap reaksimu dengan Facecam.

Menariknya lagi, aplikasi perekam video layar ini memiliki beragam fitur pengeditan. Tidak memerlukan akses root dan tanpa watermark. Namun di dalamnya masih terdapat iklan bersama untuk pembelian aplikasi.

7. ADV Screen Recorder.

Aplikasi perekam layar pixabay.com

foto: play.google

ADV Screen Recorder adalah perekam layar lain yang dapat diandalkan untuk Android. Aplikasi ini menyediakan semua fitur penting yang biasa dipakai untuk merekam.

Kamu juga dapat mengatur berbagai resolusi, frame rate, bit rate, dan juga menggambar dan menulis di atas klip. Saat merekam, kamu dapat menggunakan kamera depan dan belakang.

Selain itu, aplikasi ini memungkinkanmu untuk menghentikan sementara rekaman jika perlu. Yang lebih penting lagi, aplikasi tangkapan layar Android ini tidak mengandung tanda air (watermark) dan juga tidak memerlukan akses root. Ringan untuk Android, gratis, tapi berisi iklan bersama di dalamnya.

8. Google Play Games.

Aplikasi perekam layar pixabay.com

foto: play.google

Aplikasi ini biasanya bawaan dari Android. Namun banyak orang yang belum tahu kalau aplikasi yang satu ini ternyata punya banyak manfaat. Nggak hanya untuk bermain game mobile, tapi juga perekaman layar.

Selain merekam saat kamu sedang bermain, kamu juga dapat merekam hal-hal lain seperti aplikasi atau apa pun yang kamu inginkan. Aplikasi ini bisa merekam hingga resolusi 720p.

Google Play Games ini gratis, tanpa iklan atau pembelian dalam aplikasi. Tetapi fitur perekaman layar mungkin tidak berfungsi di semua negara. Dan jika kamu memiliki versi Android lawas, kamu harus memiliki perangkat yang telah di-rooting untuk mengakses fungsi perekaman.

9. Rec Screen Recorder.

Aplikasi perekam layar pixabay.com

foto: play.google

Rec Screen Recorder adalah aplikasi perekaman layar Android yang bekerja paling baik untuk Android versi 4.4 dan di atasnya. Khusus bagi pengguna versi Android 4.4, perlu melakukan root terlebih dulu. Sedangkan bagi versi di atasnya, tidak memerlukan rooting.

Rec Screen Recorder adalah salah satu perekam layar gratis paling fleksibel untuk Android. Menghasilkan video yang jelas, dengan audio berkualitas baik. Kamu bahkan dapat merekam layar ponsel cerdas Android hingga satu jam dengan bantuan aplikasi ini. Bagian terbaik dari aplikasi ini adalah antarmuka pengguna yang menarik, menyenangkan, dan mudah digunakan.

10. ApowerREC.

Aplikasi perekam layar pixabay.com

foto: play.google

ApowerREC adalah aplikasi perekam layar yang keren dan gratis untuk Android. Kamu bisa membuat aplikasi bekerja dengan audio untuk merekam apa pun di layar perangkat Android.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk merekam layar penuh dalam resolusi HD, dengan langkah-langkah mudah. Kamu dapat mengaktifkan perekam dan audio yang ingin kamu rekam bersamaan.

Kamu bisa menyesuaikan hasil resolusi keluaran video pada pengaturan. Saat mencoba menjelaskan dan merekam peta, kamu dapat menunjukkan jalur di layar sambil merekam seperti di kamera.

Aplikasi ini tersedia dalam mode portrait dan landscape. Kamu bisa mendapatkan beragam fungsi dan fitur menarik di sini. Seperti fitur memberi waktu sebelum memulai perekaman untuk menyiapkan telepon. Yang paling penting lainnya adalah aplikasi ini tidak mengeluarkan watermark sama sekali.

RECOMMENDED BY EDITOR