Brilio.net - Siapa sih yang nggak suka bermain? Pastinya semua orang senang dengan kegiatan ini, apalagi anak-anak. Ya anak-anak memang identik dengan kegiatan bermain. Tetapi masa kanak-kanak juga sangat penting digunakan untuk belajar berbagai hal.

Sayangnya terkadang mengajari anak belajar gampang-gampang susah. Dibutuhkan usaha untuk membujuknya, salah satunya dengan bermain sambil belajar. Nah kegiatan ini akan lebih menyenangkan bukan?

Untuk anak-anak, bermain bisa menghilangkan mereka dari rasa bosan terhadap aktivitas belajar. Nah biasanya anak akan meminta untuk bermain game di gadget.

Kebiasaan anak untuk bermain dengan gadgetnya memang sulit dihilangkan. Tetapi kamu bisa mengubah kebiasaan main mereka ke arah yang lebih positif dengan aplikasi-aplikasi edukasi.

Salah aplikasi yang sangat penting untuk dimiliki para orang tua yakni aplikasi Android untuk edukasi anak. Selain game, para orang tua bisa mengajari anak tentang berbagai hal mulai dari ilmu agama, belajar membaca, menghitung, bermain musik, menyanyi dan banyak lainnya.

Loading...

Di bawah ini rekomendasi aplikasi Android edukasi anak yang bisa kamu coba untuk buah hatimu. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat, (16/1), 10 aplikasi Android (apps) edukasi anak, terbaik dan wajib dimiliki.

1. Marbel Learns Quran for Kids.

Aplikasi Android edukasi anak freepik.com

foto: play.google.com

Ilmu agama memang penting diajarkan pada anak sejak kecil. Nah, aplikasi Marbel Learns Quran for Kids ini cocok untuk mengajarkan anak cara mengaji dengan lebih menarik. Aplikasi ini difokuskan untuk anak mulai 3 hingga 8 tahun, di mana bisa membantu anak-anak untuk belajar membaca huruf Hijaiyah, membaca huruf dengan harokat, dan dengan tanwin.

Aplikasi yang didesain dengan tampilan menarik ini, bisa sebagai media belajar Al-Quran dengan cara yang menyenangkan. Setiap materi juga dilengkapi dengan narasi sehingga anak-anak bisa mendengarkan suaranya. Di dalamnya juga terdapat permainan yang akan menunjukkan tingkat pemahaman anak-anak tentang Al-Quran.

2. Paket Belajar Lengkap.

Aplikasi Android edukasi anak freepik.com

foto: play.google.com

Aplikasi berikutnya ada Paket Belajar Lengkap untuk anak TK dan PAUD. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menyediakan modul belajar bagi anak-anak tentang berbagai hal mulai dari membaca, mengaji, berhitung, menulis, dan bahasa Inggris.

Bahkan menariknya ada juga game yang mendidik yang bisa dimainkan kala anak bosan belajar. Tak perlu takut kuota internet habis, sebab aplikasi ini dapat digunakan offline tanpa internet.

3. ABC Belajar Membaca.

Aplikasi Android edukasi anak freepik.com

foto: play.google.com

Mengajari anak untuk belajar membaca memang bisa dibilang susah-susah gampang. Ada anak yang mudah memahami, ada juga yang lambat bahkan kurang minat belajar membaca.

Nah, aplikasi Android edukasi anak bernama ABC Belajar Membaca mungkin bisa membantu para orang tua. Di dalamnya dilengkapi dengan suara pada setiap hurufnya, suara pada gambar, belajar huruf vokal dan konsonan, belajar tiap suku kata dan bayak fitur lainnya. Pastinya dengan belajar menggunakan aplikasi ini, anak belajar membaca menjadi lebih seru dan menyenangkan.

4. Belajar Bahasa Inggris.

Aplikasi Android edukasi anak freepik.com

foto: play.google.com

Bahasa Inggris kini sudah banyak diajarkan para guru mulai dari PAUD. Bahkan bahasa asing ini sudah masuk menjadi pembelajaran wajib di semua sekolah dari tingkat SD hingga SMA.

Melalui aplikasi Belajar Bahasa Inggris ini, anak-anak dapat belajar dengan lebih menyenangkan lengkap dengan gambar dan suara. Anak-anak dapat menikmati fitur seperti belajar tentang benda di sekitar, nama anggota keluarga, nama dalam dapur dan lengkap dengan permainan tebak arti Inggris.

5. Pinkfong Coloring Fun.

Aplikasi Android edukasi anak freepik.com

foto: play.google.com

Aplikasi yang dirilis Smartstudy Pinkfong ini menawarkan aplikasi belajar mewarnai, yang lengkap untuk si kecil. Aplikasi Pinkfong Coloring Fun ini terdiri dari 220 halaman mewarnai yang disusun ke dalam sebelas tema menarik.

Beragam warna menarik itu juga ditambah dengan navigasi yang mudah dan nggak bakalan membuat anak bosan dengan kegiatan mewarnai ini. Menariknya ada juga pilihan gliter serta sticker-nya yang lucu-lucu lho.

6. Lagu Daerah Anak Indonesia.

Aplikasi Android edukasi anak freepik.com

foto: play.google.com

Nggak hanya lagu anak, lagu-lagu daerah dari penjuru nusantara bisa menjadi lagu yang asyik untuk dinyanyikan anak-anak. Aplikasi Lagu Daerah Anak Indonesia ini menawarkan 40 lagu anak daerah.

Tentunya aplikasi ini membantu pengguna dalam belajar lagu daerah dan juga nasional Indonesia, yang dilengkapi dengan lirik lagu, animasi dan background yang menarik.

7. Kids Music Instruments Sounds.

Aplikasi Android edukasi anak freepik.com

foto: play.google.com

Aplikasi Android (apps) edukasi anak ketujuh ada Kids Music Instruments Sounds. Aplikasi ini berguna bagi para orang tua yang memiliki anak balita untuk belajar cara memainkan alat musik dengan suara otentik.

Selain itu juga bisa melatih anak untuk belajar nada. Ada beragam alat musik yang ditawrkan mulai dari piano, gitar drum dan banyak lagi. Anak-anak pun juga bisa belajar nada-nada yang mereka ciptakan sendiri. Seru kan?

8. Marbel Belajar Shalat.

Aplikasi Android edukasi anak freepik.com

foto: play.google.com

Aplikasi yang didesain untuk belajar solat ini bisa digunakan bagi anak usia 4-8 tahun. Aplikasi simple ini membantu anak-anak belajar tata solat 5 waktu seperti belajar setiap gerakan solat beserta doanya.

Tenang, bagi anak yang belum bisa membaca, Marbel Belajar Solat ini dilengkapi dengan narasi sehingga si kecil bisa belajar dengan hanya mendengarkan suaranya saja.

9. Belajar Huruf dan Angka.

Aplikasi Android edukasi anak freepik.com

foto: play.google.com

Aplikasi Belajar Huruf dan Angka ini bisa menemani anak-anak pra-sekolah untuk belajar mengenal huruf, angka, dan mengenal warna sehingga anak bisa bermain sambil belajar.

Menariknya anak-anak bisa mengganti gambar sesuai selera mereka, dengan mengganti foto orang-orang tersayang, dengan tetap memperhatikan materi. Dilengkapi pula dengan modul latihan sehingga bisa membantu anak untuk menguasai seluruh materi.

10. Marbel Taman Bermain.

Aplikasi Android edukasi anak freepik.com

foto: play.google.com

Namanya anak-anak nggak lepas dari kegiatan bermain, ya aplikasi Marbel Taman Bermain bisa memantau anak-anak dalam belajar mengenal berbagai macam hal. Mulai dari mengenal musik, belajar berhitung, mengenal warna, bentuk, ketangkasan dan banyak lainnya. Aplikasi ini memadukan kegiatan bermain sambil belajar yang menyenangkan dengan fasilitas gambar, audio narasi serta animasi menarik.

RECOMMENDED BY EDITOR