Brilio.net - Kepopuleran Bitcoin membuat cryptocurrency lain kini semakin dilirik. Sampai saat ini sudah ribuan mata uang kripto yang beredar meramaikan dunia investasi. Ditambah lagi, cara investasi kripto bisa dilakukan secara online seperti investasi aset kripto di Pluang lewat aplikasi sehingga semakin mudah diakses kapan saja dan dari mana saja.

Salah satu mata uang kripto yang cukup popular di pasaran adalah Litecoin (LTC). Aset kripto ini diciptakan sejak 2011 oleh Charlie Lee. Tidak kalah dari jenis lainnya, digadang-gadang Litecoin ini kerap disebut sebagai saingan Bitcoin. Karena itulah sebagai alternatif Bitcoin, orang-orang mulai beli Litecoin via Pluang.

Dengan banyaknya aset kripto yang berada di pasaran, calon investor harus pandai-pandai memilih mana yang sekiranya cuan. Baik itu mau pilih Litecoin, Bitcoin, Ethereum, atau lainnya, yuk lakukan tips berikut ini supaya dapatkan profit yang menguntungkan.

1. Lakukan riset mendalam sebelum berinvestasi

Investasi kripto © 2021 brilio.net financemagnates.com

Hal bijak yang perlu kamu lakukan pertama kali sebelum berinvestasi aset kripto adalah melakukan riset mendalam. Baik itu cara kerjanya, pengertian berbagai istilahnya, keuntungannya, kerugiannya, bahkan jika memungkinkan kamu bisa belajar juga tentang sejarahnya.

Kamu juga bisa membaca berbagai kisah sukses atau gagal para trader. Cara ini bisa menjadi pertimbangan untuk mempersiapkan mental lebih kuat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena sesuatu yang memberikan keuntungan besar, juga memiliki resiko tinggi yang perlu ditakar.

2. Selalu update dengan berita dan harga

Investasi kripto © 2021 brilio.net Instagram @pluang_id

Setelah memutuskan berinvestasi pada salah satu mata uang di kripto, tips untuk bisa cuan selanjutnya adalah ketahui berbagai kabar hangat yang sedang terjadi. Karena hal tersebut juga turut memengaruhi harga aset kripto. Contohnya beberapa waktu lalu, karena cuitan Elon Musk membuat harga Bitcoin jatuh. Sebaliknya, ada juga kabar saat Elon Musk menyebutkan ingin membeli Bitcoin, harga dari BTC langsung naik.

Tidak hanya berita terbaru, kamu juga perlu mengecek secara berkala harga atau tren yang sedang berkembang di pasaran. Bisa dilihat dari sosial media atau tools terkait. Dengan begitu, insting kamu perlahan-lahan akan terasah dan tahu mana waktunya untuk membeli dan kapan menjualnya.

3. Ambil risiko minimal saat masih pemula

Investasi kripto © 2021 brilio.net Instagram @pluang_id

Saat masih pemula, belum banyak ilmu yang dimiliki jangan langsung memasang investasi bernilai besar. Kamu perlu memiliki banyak pengalaman terlebih dahulu. Mulailah dengan investasi-investasi kecil yang memberikan pelajaran. Jika kalah pun kerugian yang ditanggung tidak akan besar.

Saat ini banyak platform investasi online yang menawarkan harga super murah untuk memulai investasi cryptocurrency. Salah satu rekomendasinya adalah Pluang. Kamu bisa mulai minimal pembelian Rp 10 ribu jika ingin investasi di Bitcoin. Tapi jika ingin di Litecoin, minimal transaksi yang perlu dibeli adalah Rp 150 ribu, terhitung masih harga yang terjangkau.

Tidak hanya harganya yang murah, akan banyak kemudahan lain yang bisa kamu rasakan saat investasi di Pluang. Contoh lainnya adalah investasi kripto bisa aman di Pluang, karena sudah bekerja sama dengan Zipmex dan Tokocrypto untuk dapat menawarkan dompet digital yang lebih baik.

4. Selalu siapkan rencana cadangan

Investasi kripto © 2021 brilio.net internationalbanker.com 

Semua investasi tidak selalu berjalan sesuai dengan prediksi. Karena itu untuk  menanggulangi berbagai kejadian yang tidak terduga, selalu persiapkan rencana cadangan. Kamu perlu backup tindakan supaya investasi yang dilakukan tetap bisa berjalan dengan lancar. Setidaknya meski tidak bisa dapat cuan banyak, jangan sampai mengalami kerugian parah.

Jika sudah memutuskan trading pada sebuah aset kripto, barengi dengan mempersiapkan berbagai rencana cadangan. Dengan begitu, kamu juga akan meraba-raba apa saja sekiranya risiko yang akan terjadi. Jika sudah lihai, menjadi trader yang andal tidak akan menunggu waktu lama lagi. Semuanya membutuhkan proses yang memang tidak mudah.

5. Selalu sabar dalam berbagai kondisi

Investasi kripto © 2021 brilio.net freepik.com 

Akan ada kejadian-kejadian yang membuat kamu panik nantinya. Dalam hal ini, penting sekali mengatur kesabaran yang dimiliki. Jangan hanya karena harga sedang anjlok parah, kamu langsung melepas semua cryptocurrency ke pasaran supaya tidak loss terlalu besar.

Ingat, investasi dalam dunia mata uang kripto ini sifatnya sangat fluktuatif, jadi bisa saja beberapa waktu terjun bebas, momen lainnya malah melonjak. Kamu harus pandai-pandai melihat dan membaca situasi, tekanan. Amati dengan saksama dan lihatlah buah atau hasil dari yang selama ini dilakukan. Setidaknya jika cuan kecil, kamu sudah memperhitungkan semuanya dan ini bisa jadi pelajaran berharga untuk menangani kondisi serupa di masa depan.

6. Jangan serakah saat menentukan target

Investasi kripto © 2021 brilio.net accountingdepartment.com

Selain kesabaran, tips sukses dan mendapatkan cuan saat bermain investasi mata uang kripto adalah jangan serakah dalam menentukan target. Jika dirasa sudah mendapatkan keuntungan, coba untuk belajar puas. Jangan sampai karena keserakahan membuat uang yang seharusnya sudah ada di tangan bisa raib lagi. 

Hal ini perlu dilakukan bagi kamu yang merasa masih pemula dan kurang memiliki kemampuan menganalisa dengan baik. Coba terus asa diri dan kemampuan, jika sudah yakin dengan diri sendiri, bolehlah untuk berbangga dengan memasang target besar.

Bagi kamu yang memiliki uang ‘nganggur’ ada baiknya memang diputar kembali dengan melakukan investasi. Banyak sekali jenis yang bisa dipilih, ada yang risiko besar keuntungan juga sejalan, namun tidak sedikit pula yang keuntungan kecil namun kerap kali cuan. Jadi, mari mulai melek investasi sedini mungkin.