Brilio.net - Pada zaman yang semakin maju ini, sistem dan kebiasaan hidup masyarakat ikut berubah. Termasuk juga dengan cara transaksi sehari-hari. Dulu pembayaran menggunakan uang tunai menjadi kebiasaan dalam berbelanja, tapi kini sudah berbeda. Pembayaran cashless atau menggunakan kartu lebih banyak diminati orang khususnya pada millenial.

Berbagai faktor memengaruhi alasan kenapa banyak anak muda lebih suka menggunakan kartu dalam bertransaksi. Mulai dari alasan lebih praktis hingga pengeluaran yang lebih mudah untuk di-track. Pilihan transaksi cashless seperti menggunakan kartu kredit juga sudah sangat digemari anak muda.

fulus © 2018 brilio.net

Nah, kamu sudah punya kartu kredit belum? Sebelum mendaftar sebagai pemegang kartu kredit, baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja yang perlu kamu perhatikan dan ketahui sebelum memutuskan mendaftar ke salah satu bank. Cek yuk, ulasan brilio.net, Selasa (10/4) berikut ini.

1. Jangan meremehkan persentase bunga tahunan.

Loading...

Terkadang, banyak orang yang nggak peduli dengan adanya bunga tahunan. Padahal, kalau dihitung, banyak bank yang mematok persentase tinggi terhadap masing-masing kartu kredit. Untuk menghindari pembayaran yang berlebihan, baiknya kamu cari dulu mana yang tidak membebani kamu, ya!

2Membayar tagihan lewat dari tanggal yang ditentukan.

Nah, baiknya kamu catat setiap tanggal berapa kamu harus membayar jatuh tempo kartu kredit. Karena, apabila terlambat, pembayaranmu akan dikenakan bunga. Hal ini juga bisa membantu kamu mengatur pengeluaran sebelum jatuh tempo pembayaran.

3. Membayar minimum penagihan.

Biasanya, tagihan yang keluar dari kartu kredit memberimu pilihan melakukan pembayaran minimum. Seringnya, pembayaran minimum berupa 10% dari total tagihan. Tapi kalau kamu membayar dengan pembayaran minimum, bunga yang dikenakan juga sangat tinggi, lho. Jangan sampai terkecoh, ya.

4. Tidak memperhatikan transaksi yang dilakukan.

Karena terlalu sering bertransaksi, banyak orang akhirnya lupa mengecek transaksi apa saja yang telah dilakukan. Sebagai pengguna kartu kredit, kamu harus teliti dengan hal seperti ini. Banyak kejadian di mana transaksi yang nggak dilakukan, tetapi masuk ke tagihan kartu. Jadi untuk meminimalisir hal tersebut, jangan lupa untuk cek sebelum membayar, ya.

5. Menggunakan kartu lewat dari batas limit.

Jangan pernah melakukan transaksi lebih dari limit yang ditentukan. Hal ini dikarenakan pada dasarnya limit sudah disesuaikan dengan penghasilanmu. Kalau melebihi limit, yang ada utang kamu ke bank malah semakin banyak sehingga membuatmu kesulitan membayarnya.

Nah, gimana Sobat Brilio? Kalau kamu masih bingung menggunakan kartu apa untuk kartu perdanamu, kamu bisa cari infonya di Fulus.

fulus © 2018 brilio.net

Fulus adalah sebuah platform online yang akan membantumu membuat keputusan finansial dengan membandingkan berbagai produk kartu kredit yang ada di pasaran. Pas banget buat kamu yang masih bingung mau bikin kartu kredit pertamamu. Nggak hanya itu, kamu juga bisa dapat info seperti retail, first card, travel, rewards, hingga restoran. Kamu bisa cek lebih lanjut di sini.

RECOMMENDED BY EDITOR