Brilio.net - Hingga sekarang sebagian penggemar film Titanic masih membahas kemungkinan Jack bisa bertahan andai Rose memberikan ruang di daun pintu yang jadi pelampungnya di penghujung film. Sutradara James Cameron punya penjelasan untuk itu, yang tidak ada sangkut pautnya dengan fisika, tapi lebih berhubungan dengan seni.

"Jika Jack hidup, akhir filmnya tak akan berarti. Film ini bercerita tentang kematian dan perpisahan, dia harus mati," katanya dalam wawancara dengan Vanity Fair, Senin (27/11).

Menurutnya perdebatan itu membuktikan jika sosok Jack sangat dicintai penggemar Titanic. Sudah 20 tahun dan masih banyak yang tak terima Jack meninggal.

"Jawabannya sangat sederhana karena tertulis di (skenario) halaman 147 bahwa Jack meninggal. Sangat sederhana... Tentu saja itu adalah pilihan artistik, benda yang cukup besar untuk menyelamatkan dia (Rose) dan tidak cukup luas untuk menampungnya (Jack)... Saya kira agak konyol bahwa kita masih mendiskusikannya 20 tahun kemudian. Tapi ini menunjukkan bahwa film in berhasil membuat Jack dicintai penonton sampai mereka merasa pedih melihatnya mati," lanjutnya.

Cameron juga mengatakan bahwa entah Jack, yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio, meninggal di dalam air atau kecelakaan tragis lainnya, tidak ada kemungkinan dia akan berakhir bahagia dengan Rose, yang diperankan oleh Kate Winslet, di film itu.

"Apakah karena itu, atau cerobong asap jatuh, dia akan mati. Itu yang disebut seni, hal-hal yang terjadi untuk alasan artistik, bukan alasan fisika," kata si pembuat film.

Ketika didesak lebih lanjut mengenai kemungkinan fisika dari situasi itu, Cameron mengatakan skenarionya sangat masuk akal dan akurat berkenaan dengan hal itu.

"Saya berada di air dengan sepotong kayu, kalau menempatkan orang pada kayu itu selama dua hari, akan cukup untuk mendukung satu orang, artinya bahwa dia tidak akan tenggelam sama sekali pada air dengan suhu 28 derajat sehingga dia bisa bertahan selama tiga jam yang dibutuhkan sampai kapal penyelamat datang ke sana," katanya.

"(Jack) tidak tahu bahwa dia akan diangkat kapal penyelamat satu jam kemudian; karena dia sudah mati. Dan kami sangat-sangat menyesuaikannya supaya kelihatan seperti yang Anda saksikan dalam film karena saya yakin pada waktu itu, sampai sekarang juga, bahwa itu yang dibutuhkan untuk penyelamatan satu orang," pungkasnya.