Brilio.net - Setiap tahunnya, di tanggal 30 September selalu diputar film Pengkhianatan G30S/PKI. Saat masih kecil, kamu pasti pernah melihat penayangan film ini di TVRI saat tengah malam kan.

Ya, film yang menceritakan tentang pengkhianatan PKI terhadap pemerintah Indonesia ini memang menjadi tontonan wajib kala itu. Film besutan Arifin C. Noer ini pun kini menjadi polemik sendiri menjelang 30 September.

Namun tak banyak yang tahu, film yang dirilis tahun 1984 itu ternyata dibintangi langsung oleh salah satu saksi sekaligus pelaku asli tragedi G30S lho. Hal itu diungkapkan oleh salah satu akun Twitter @tukangpulas seperti brilio.net kutip, Sabtu (29/9).

 

Akun Twitter yang kerap mewarnai ulang foto jadul ini mengungkapkan kalau salah satu pemeran di film G30S/PKI adalah salah satu pelaku asli di tragedi itu. Ia adalah Mbok Milah, pembantu kesayangan keluarga Jenderal Ahmad Yani dari Tegal, Jawa Tengah. Dalam film itu, Mbok Milah memerankan dirinya sendiri.

 

mbok milah pemeran G30S  © 2018 brilio.net



Rupanya informasi mengenai hal itu dibenarkan salah seorang netizen. Pengguna akun Twitter @Mah5Utari mengatakan bahwa salah satu anak Ahmad Yani membenarkan hal itu saat diwawancara di TVRI.

mbok milah pemeran G30S  © 2018 brilio.net



Alhasil, unggahan Tukang Pulas ini pun dibanjiri komentar dari netizen. Ada yang menyebut Mbok Milah yang ada di adegan membuka pintu saat didatangi Tjakrabirawa sambil berkata 'Bapak masih tidur, Den'. Banyak netizen yang baru tahu hal ini dan tak sedikit pula yang iba dengan trauma yang dirasakan Mbok Milah.

"Gak bisa bayangin, traumanya ky gmn itu si Mbok Milah," kata akun @orapateken.

"Ga bisa bayangin perasaan beliau," tulis akun @daebakiyaa.