Brilio.net - Film adalah sebuah proyek besar. Membutuhkan banyak komponen, mulai dari sutradara, asisten sutradara, penulis naskah, screenplay, aktor/aktris, penata busana, penata musik, kameramen, produser, dan lain-lain. Banyak risiko yang harus dihadapai dari setiap proses. Misalnya kesulitan menemukan cast, kendala tempat, minim dana, minim peminat, atau juga risiko jiwa ketika sedang pengambilan adegan.

Dengan teknologi memang memudahkan banyak proses. Namun tetap saja ada bagian yang benar-benar harus dilakukan sendiri oleh manusia. Dalam film action, seorang aktor benar-benar melakukan adegan berbahaya yang menantang maut.

Nah ternyata ada sampai kejadian yang kehilangan nyawa ketika proses syuting. Berikut ini di antaranya, yang dirilis brilio.net dari ranker, Jumat (14/10).

1. The Crow (1994)

film korban  © 2016 brilio.net

foto: ranker.com

Korban jiwanya adalah Brandon Lee memerankan sosok Eric Draven/The Crow. Normalnya, ketika ada adegan tembak-menembak peluru yang digunakan adalah palsu. Kesalahan terletak pada salah seorang kru yang memasukkan peluru asli ke dalam pistol. Peluru mengenai tulang belakang Lee. Dia tak tertolong meski sudah cepat dibawa ke rumah sakit.

2. Twilight Zone: The Movie (1983)

film korban  © 2016 brilio.net

foto: ranker.com

Film in dibagi menjadi enam segmen. Masing-masing chapter diarahkan oleh sutradarai berbeda. John Landis, Steven Spielberg, Joe Dante, dan George Miller bersama-sama menggarap film ini. Tragedi terjadi pada segmen milik Landis. Sebuah ledakan yang berlebihan menyebabkan helikopter di atasnya yang terbang rendah hilang kendali. Korbannya adalah aktor Vic Morrow serta dua aktor cilik Myca Dinh Le dan Renee Shin-Yi Chen. 

3. Top Gun (1986)

film korban  © 2016 brilio.net

foto: ranker.com

Korban jiwa dalam film ini adalah seorang pilot dari Pilot Art Scholl. Akrobat pesawat diperagakan dengan memukau. Sayang, pilot lepas kendali dan pesawat akhirnya mengalami kecelakaan.

4. Jumper (2008)

film korban  © 2016 brilio.net

foto: imdb.com

Penata busana film ini, David Ritchie membantu keruntuhan ketika membongkar tembok buatan yang terbuat dari batu dan pasir. Beberapa kru menjadi korban, namun Ritchie yang paling naas sampai kehilangan nyawa.

5. The Adventures of Milo and Otis (1986)

film korban  © 2016 brilio.net

foto: ranker.com

Film produksi Jepang tentang hubungan baik kucing Milo dan anjing Otis ini tidak memakan korban jiwa manusia. Namun rumor yang beredar menyatakan bahwa film ini mengorbankan nyawa hewan. Para pecinta hewan meyakini ada total 30 anjing dan kucing yang mati demi produksi film ini. Misalnya untuk membuat adegan tersandung, pihak produser harus menembak kaki sang kucing.

6. The Conqueror (1956)

film korban  © 2016 brilio.net

foto: ranker.com

Film ini sering disebut masuk daftar film terburuk. Sebab, pemilihan lokasi syuting outdoor, yakni di Utah, AS, merupakan tempat yang pernah dipakai militer AS untuk tes nuklir. Dampaknya 2 tahun kemudian. Ada 91 dari 220 kru terserang kanker. Sebanyak 46 orang meninggal akibatnya.

7. The Return of the Musketeers (1989)

film korban  © 2016 brilio.net

foto: imdb.com

Aktor Roy Kinnear menjadi korban film ini. Dia jatuh ketika pengambilan adegan. Panggulnya disfungsi. Setelah dirawat di rumah sakit, nyawanya tak tertolong.