Brilio.net - The Green Knight merupakan film epos fantasi yang terinspirasi dari puisi Sir Gawain and the Green Knight yang dikarang entah oleh siapa pada akhir abad ke-14. Tak ada seorang pun yang tahu siapa penulis puisi tersebut. Bahkan, puisi tersebut tidak diberi judul sampai waktu tertentu.

Sinopsis film The Green Knight, epos kocak Abad Pertengahan berbagai sumber

foto: IMDb

Puisi Sir Gawain and the Green Knight merupakan puisi yang menjadi legenda tentang Raja Arthur dan Kesatria Meja Bundarnya yang tak lain adalah Sir Gawain sendiri. Legenda ini disebut juga dengan legenda Athurian abadi dan cukup terkenal di beberapa wilayah di Britania Raya.

Film menceritakan Sir Gawain (Dev Patel), seorang anggota Meja Bundar sekaligus keponakan Raja Arthur. Sir Gawain yang dikenal dengan sikapnya yang sembrono, kocak, dan keras kepala, sedang melakukan pencarian terhadap Kesatria Hijau eponymous, raksasa berkulit zamrud yang misterius dan dikenal kejam.

Sinopsis film The Green Knight, epos kocak Abad Pertengahan berbagai sumber

foto: IMDb

Dalam pencarian tersebut, Sir Gawain bersaing dengan hantu, raksasa, pencuri dan sekelompok orang yang menjadi penghalangnya saat perjalanan. Pencarian Kesatria Hijau tersebut tak lain karena untuk membuktikan dirinya di mata keluarga dan kerajaan.

The Green Knight, sebelumnya, direncanakan akan diputar di festival South by Southwest pada 16 Maret 2020 dan diikuti rilis teater pada 29 Mei 2020. Namun, karena pandemi Covid-19, festival tersebut dibatalkan dan film The Green Knight ditarik dari jadwal rilis.

Setelah melewati setahun dari pembatalan, film ini akhirnya akan tayang pada 30 Juli 2021 di A24 yang sudah berkomitmen untuk menayangkannya. The Green Knight disutradarai oleh David Lowery yang dikenal dengan karya filmnya seperti Pete’s Dragon (2016) dan The Old Man & the Gun (2018. Saat membuat film ini, David Lowery mendapat pengaruh dari film lain seperti Andrei Rublev, Willow, atau War and Peace.

Film ini dapat ditayangkan atas kerja sama Ley Line Entertainment, Bron Studios, dan Sailor Bear sebuah perusahaan produksi, dan jejaring distribusi A24 yang bermarkas di New York, Amerika Serikat.

Detail film

Judul: The Green Knight
Sutradara: David Lowery
Penulis skenario: David Lowery
Bintang: Dev Patel, Alicia Vikander, dan Joel Edgerton
Tanggal rilis: 30 Juli 2021
Bahasa: Inggris
Negara: Amerika Serikat