Brilio.net - Sebelum dinyatakan aman untuk digunakan, setiap obat harus lolos uji klinis. Dari banyak tahapan pengujian, ada yang harus diujikan ke binatang, bahkan manusia.

Seluk beluk mengenai produksi farmasi ini kemudian diangkat dalam film Deep. Film Thailand ini menceritakan saat perusahaan farmasi Jerman mencari sukarelawan untuk uji coba penelitian obat terbarunya di Thailand, Deep.

Syaratnya pun hanya satu, tidak boleh tidur lebih dari 60 detik. Setiap orang yang disuntikkan obat ini mesti selalu terjaga. Sebab, jika tidur lebih dari 60 detik, mama bisa menghentikan jantung para sukarelawan.

Sinopsis film Deep, teror obat farmasi di Thailand berbagai sumber

foto: Instagram/@prcare

Tertarik dengan hal itu, Jane (Care Panisara Rikulsurakan) langsung menghubungi salah satu peneliti untuk bersedia menjadi sukarelawan. Tawaran menjadi relawan ini cukup menggiurkan. Sebab, sukarelawan uji coba obat ini akan diberi minimal 100.000 baht atau sekitar Rp 45 juta lebih untuk setiap dosisnya. Semakin tinggi dosis yang diujicobakan, semakin tinggi pula uang yang akan didapatnya.

Sinopsis film Deep, teror obat farmasi di Thailand berbagai sumber

foto: Instagram/@prcare

Model obat tersebut mirip seperti vaksin yang disuntikkan dalam tubuh. Jika vaksin disuntikkan di lengan, obat penelitian tersebut disuntikkan di punggung leher.

Jane tidak sendiri menjadi sukarelawan obat tersebut. Jane tiba-tiba bertemu dengan Win (Kay Lertsittichai), tukang pesta di sekolah. Selain itu, ia juga bertemu dengan Cin (Fern Supanaree Sutichitwong), seorang blogger kecantikan dan Peach (Kit Three Man Down), seorang maniak game online.

Sinopsis film Deep, teror obat farmasi di Thailand berbagai sumber

foto: Instagram/@netflixth

Jane dan kawan-kawannya menikmati saat awal mereka mendapatkan uang banyak dari perusahan farmasi tersebut. Jane menggunakan waktunya untuk belajar secara maksimal. Sementara yang lain menggunakan hari-harinya dengan pesta dan foya-foya.

Namun, keadaan mulai berubah saat mereka perlahan merasakan efek samping dari obat tersebut. Cin merasa menjadi mayat hidup, sementara Win dan Peach semakin merasakan efek samping dari Deep.

Sinopsis film Deep, teror obat farmasi di Thailand berbagai sumber

foto: Instagram/@bkmagazine

Walaupun dengan efek samping yang mengerikan itu, perusahaan farmasi Jerman tersebut masih melakukan penawaran untuk Deep dosis tiga. Perusahan tersebut menawarkan 1 juta baht atau sekitar Rp 443 juta lebih.

Sinopsis film Deep, teror obat farmasi di Thailand berbagai sumber

foto: Instagram/@bkmagazine

Sementara waktu, mereka terus berusaha agar tetap terjaga dan tidak tidur. Bahkan, dalam teaser yang sudah dirilis, keempat remaja ini melakukan sejumlah aksi kekerasan untuk tetap terjaga dan menghadapi rasa takut akan kematian yang entah kapan dapat mereka lewati.

Apakah Jane dan 3 kawan-kawan lainnya akan selamat? Film Deep akan segera tayang pada 16 Juli mendatang hanya di Netflix.

Judul: Deep
Sutradara dan penulis skenario: Adirek Wattaleela dan Wisit Sasanatieng
Bintang: Care Panisara Rikulsurakan, Kay Lertsittichai, Fern Supanaree Sutichitwong, dan Kit Three Man Down
Tanggal rilis: 16 Juli 2021
Bahasa: Thai
Negara: Thailand