Brilio.net - Setelah sukses dengan film Mangkujiwo, rumah produksi MVP Pictures kembali hadir dan siap menggarap film Mangkujiwo 2 setelah dua tahun perilisan Mangkujiwo pada 2020. Pengumuman penggarapan film sekuel dari Mangkujiwo ini berlangsung dalam Press Conference Mangkujiwo 2 yang berlangsung di Multivision Tower pada, Sabtu (3/9).

Nama Mangkujiwo diketahui adalah sekte yang terdapat dalam tiga film Kuntilanak yang diperankan oleh Julie Estelle dan Evan Sanders yang tayang pada tahun 2006 hingga 2008. Dalam film tersebut, Mangkujiwo diceritakan sebagai sebuah pabrik batik. Melalui film Kuntilanak, penonton juga diajak untuk mengenal secara sekilas mengenai sejarah sekte Mangkujiwo yang memelihara kuntilanak sebagai pesugihan.

Belum diketahuinya proses pembentukan sekte Mangkujiwo dan banyaknya pengikut sekte Mangkujiwo yang tidak digambarkan secara gamblang, membuat para penonton penasaran dengan kelanjutan ceritanya. Semua akan terjawab pada film Mangkujiwo 2.

Dalam kesempatan ini, dijelaskan bahwa film Kuntilanak dan Mangkujiwo memiliki benang merah yang saling berkaitan. Film Mangkujiwo 2 akan memberikan penjelasan mengenai sekte Mangkujiwo yang telah diperkenalkan pada film Kuntilanak dan Mangkujiwo. Tak hanya menonjolkan sisi mistis, film Mangkujiwo 2 juga akan fokus bercerita dan menggambarkan sisi kelam manusia mulai dari sifat, sikap, dan hingga perbuatan.

Untuk proses pembuatan film sekuel kali ini, MVP Pictures kembali menggandeng Azhar Kinoi Lubis sebagai sutradara. Selain Kinoi Lubis, para pemeran Mangkujiwo 2 sebagian besar masih diisi oleh pemeran Mangkujiwo sebelumnya seperti Sudjiwo Tedjo, Djenar Maesa Ayu, Yasamin Jasem, dan Karina Suwandi. Lebih kanjut, film sekuel ini juga turut menggandeng sejumlah nama aktor dan aktris yang sudah tidak asing lagi di dunia perfilman seperti Kiki Narend, Marthino Lio, Widika Sidmore, Yayuk Unru, dan Prit Timothy.

 film Mangkujiwo 2 © berbagai sumber

foto: brilio.net/Dewi Suci Rahmadhani

Rencananya, film Mangkujiwo 2 akan mulai melakukan proses shooting pada bulan September 2022 yang berlangsung di tiga kota, yaitu Semarang, Yogyakarta, dan Solo. Film Mangkujiwo 2 juga masih akan mengusung tema dan latar belakang era tahun 70-an. Selain itu, penggarapan film sekuel ini juga memerhatikan tata artistik melalui pendekatan yang sangat serius dan sangat detail.

Dirmawan Hatta yang merupakan penulis naskah cerita pada Mangkujiwo juga akan kembali terlibat dalam proses pembuatan naskah cerita pada film Mangkujiwo 2. Tak hanya itu, proses penulisan cerita Mangkujiwo 2 juga melewati serangkaian proses yang sangat panjang dan melibatkan orang-orang dibalik nama "Semesta Kuntilanak".

"Film Mangkujiwo 2 kali ini kami buat untuk mengobati rasa rindu para pengikut sekte Mangkujiwo. Antusiasme dari para penggemar inilah yang membakar semangat kami untuk membuat kelanjutan dari Mangkujiwo. Sangat sayang sekali jika kalian semua melewatkan Mangkujiwo 2 karena proses produksi yang kami lakukan mulai dari penulisan cerita hingga Research and Development ini sangat kami perhatikan sedetail mungkin," tutur Producer Film Mangkujiwo 2, Amrit Punjabi.

"Ini adalah dunia Mangkujiwo setelah Pengilon Kembar dipersatukan. Mereka menciptakan kekuasaan rahasia yang bekerja dengan kekuatan gelap. Melalui film Mangkujiwo 2 juga penonton akan dapat menyaksikan penjelasan 'brutal' atas kekelaman yang terjadi akibat kejahatan manusia, di mana setan yang paling jahat adalah manusia itu sendiri," terang Director Mangkujiwo 2, Azhar Kinoi Lubis.

Film Mangkujiwo 2 rencananya akan mengisi layar lebar di permulaan tahun 2023. Perilisan film ini juga akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para pengikut sekte Mangkujiwo yang sudah penasaran dengan kelanjutan ceritanya. Semoga film Mangkujiwo 2 dapat diterima dan dinikmati oleh para penggemar dan juga seluruh masyarakat Indonesia.