Brilio.net - Merebaknya pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020 membuat industri film mati suri. Tak ada produksi yang dilakukan karena masyarakat diharuskan berdiam diri di rumah.

Hal itu juga membuat bioskop harus tutup. Akibatnya beberapa film yang sudah memiliki jadwal tayang terpaksa harus ditunda untuk melihat kondisi lebih membaik.

Salah satunya adalah film Generasi 90an: Melankolia yang sempat mengalami penundaan tayang akibat Covid-19. Namun kini, film produksi Visinema Pictures resmi tayang perdana di bioskop pada 24 Desember 2020 kemarin. Perilisan ini menjadi hal yang spesial, karena Generasi 90an: Melankolia adalah salah satu film yang meramaikan momen kembali ke bioskop, setelah tutup akibat pandemi.

Meski beberapa film lain lebih memilih tayang secara streaming, sang produser, Angga Dwimas Sasongko, memilih nekat untuk merilis film ini di bioskop dapat membantu bangkitnya industri film di Indonesia.

Jadwal tayang film Generasi 90an: Melankolia © 2020 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@aghninyhaque

Menurutnya, sangat mudah pihaknya bila merilis film tersebut di streaming lewat platform BioskopOnline. Tapi dirinya tetap ingin merilisnya di bioskop untuk menghibur para pecinta film yang sudah rindu dengan bioskop.

"Tapi kenapa akhirnya film ini rilis di bioskop, karena industri film bukan cuma tentang tempat duduk atau dinginnya ruangan studio. Kita bisa punya infrastruktur luar biasa, tapi kalau nggak punya konten saya rasa teman-teman nggak akan datang juga ke bioskop," ujar Angga dalam siaran pers yang diterima brilio.net pada Jumat (25/12).

Generasi 90an: Melankolia adalah salah satu konten yang menurut Angga memang dibutuhkan bioskop untuk beroperasi saat ini.

"Karena industri ini bukan cuma tentang kita. Visinema ada hari ini karena adanya movie theater chain. sekarang mereka butuh konten, dan kita mau ada buat mereka. Begitu bioskop buka tentunya harus ada konten baru. Ini yang kita lakukan (menayangkan film sebagai konten di bioskop). Kita mau nggak mau harus lakukan. Kalau nggak, nggak ada yang menyelamatkan industrinya," ungkap Angga.

Generasi 90an: Melankolia sendiri adalah film yang diangkat dari buku Generasi 90an karya Marchella FP. Di filmnya, Generasi 90-an: Melankolia bercerita tentang orang tua yang kehilangan anak sulung, serta tentang adik yang kehilangan sosok kakak.

Bukan hal yang mudah saat seorang ibu kehilangan putrinya, dan itu yang digambarkan oleh sosok ibu di film ini. Ibu yang diperankan oleh Marcella Zalianty ini berada di antara dua pilihan, mencari keadilan untuk sang anak atau mengikhlaskan kematian sang anak akibat kecelakaan pesawat.

Film yang disutradarai oleh M Irfan Ramli ini juga akan menampilkan perasaan-perasaan kehilangan, bukan hanya dari sisi orang tua, tapi juga dari sudut pandang seorang adik dan juga sahabat. Film ini dibintangi oleh Ari Irham, Aghniny Haque, Jennifer Coppen, Taskya Namya, Wafda Saifan, Marcella Zalianty dan Gunawan Sudrajat.

Tema kehilangan anggota keluarga secara tiba-tiba di film ini, membuat film ini sangat relate dengan kehidupan sehari-hari. Tentang upaya orang yang ditinggalkan untuk bertahan dan menerima keadaan. Bahwa semua yang pergi posisinya tak tergantikan.

RECOMMENDED BY EDITOR