Brilio.net - Beberapa hari lalu Spotlight (2015) dinobatkan sebagai film terbaik di Academy Awards 2016. Spotlight adalah film diambil dari kisah nyata berlatar profesi wartawan yang mengungkap sebuah ironi di gereja Katolik ini membuat banyak orang kagum.  Selain Spotlight ada film lain yang digarap berdasarkan laporan jurnalistik.

Sayangnya, pembuat film di Indonesia belum terlalu berminat untuk membuat karya semacam ini. Nah, kamu penasaran film apa saja? Mungkin salah satunya pernah kamu tonton.

Berikut 7 film yang dibuat dari karya jurnalistik yang dirangkum brilio.net, Rabu (2/3), dari realsimple.com. Cekidot Guys!

1. The Bling Ring (2013)

Selain Spotlight, 7 film ini juga berlatarbelakang jurnalis lho! foto: forbes.com

Film yang disutradarai Sofia Coppola ini digarap berdasarkan artikel "The Suspects Wore Louboutins" karya Nancy Jo Sales. Artikel ini berkisah tentang gang Bling Ring yang hidup kaya raya dari mencuri pakaian dan perhiasan di rumah artis.

2. Argo (2013)

Selain Spotlight, 7 film ini juga berlatarbelakang jurnalis lho! foto: covertbookreport.com

Film ini juga menggondol Oscar tahun 2013. Argo dibuat berdasarkan artikel Joshua Bearman tentang bagaimana CIA berada di balik produser film fiksi ilmiah palsu untuk menyelamatkan diplomat Amerika yang ditangkap di Teheran.

3. Almost Famous (2000)

Selain Spotlight, 7 film ini juga berlatarbelakang jurnalis lho! foto: rottentomatoes.com

Film drama komedi ini dibuat oleh Cameron Crowe berdasarkan pengalamannya sendiri menulis untuk majalah musik Rolling Stone.

4. Bernie (2011)

Selain Spotlight, 7 film ini juga berlatarbelakang jurnalis lho! foto: weeatfilms.com

Film ini disutradarai oleh Richard Linklater. Skenario film  ditulis oleh Linklater dan Lewati Hollandsworth. Film ini dibintangi Jack Black, Shirley MacLaine, dan Matthew McConaughey. Bernie dibuat berdasarkan artikel Hollandsworth untuk Texas Monthly tahun 1998 "Midnight in the Garden of East Texas".

5. Lee Daniels’ The Butler (2013)

Selain Spotlight, 7 film ini juga berlatarbelakang jurnalis lho! foto: filmneworleans.org

Menceritakan tentang seorang Eugene Allen, seorang kulit hitam yang menjadi pelayan di White House, Lee Daniels’ The Butler mencuri banyak perhatian. Film ini Lee Daniels’ The Butler, dibuat berdasarkan salah satu artikel di Washington Post yang memuat profil tentang Eugene Allen.

6. Concussion (2015)

Selain Spotlight, 7 film ini juga berlatarbelakang jurnalis lho! foto: forbes.com

Film ini berkisah tentang penelitian tentang bagaimana gegar otak pemain sepakbola Amerika berulang bisa menyebabkan kerusakan otak jangka panjang. Film ini dibuat berdasarkan artikel  "Game Brain" karya Jeanne Marie Laskas.

7. Zodiac (2007)

Selain Spotlight, 7 film ini juga berlatarbelakang jurnalis lho! foto: rottentomatoes.com

Film ini disutradari oleh David Fincher, sutradara berbakat yang juga menyutradarai Fight Club. Film misteri pembunuhan ini dibuat berdasarkan kisah nyata interaksi ruang berita  antara Robert Graysmith, seorang kartunis politik di San Francisco Chronicle, dan Paul Avery, rekannya wartawan kriminal.

Jadi, tertarik untuk menonton atau salah film-film di atas sudga kamu tonton semua?