Brilio.net - Kamu seorang penyuka film horor? Dari sekian banyak film horor yang sudah kamu tonton ada nggak yang terasa begitu membosankan kehororannya. Dengan kata lain, film itu gagal menyajikan kengerian pada penonton.

Nah, kamu tahu apa saja yang menyebabkan sukses membuat takut penontonnya? Ternyata bukan hanya sosok setan yang berperan membuat kesan horor. Berikut ini 5 bagian penting yang bisa membuat film horor benar-benar terasa horor, seperti dirilis brilio.net dari esquir, Kamis (11/8):

1. Pencahayaan

film horor  © 2016 brilio.net

foto: premiumbeat.com

Film horor sangat dipengaruhi oleh permainan cahaya. Ketepatan penggunaan cahaya dapat mengesankan satu adegan menjadi ngeri. Kerap kali ditampakkan dalam film horor adalah keadaan gelap dengan hanya ada satu sumber cahaya redup. Keadaan gelap di sekeliling dapat memberi kesan ngeri bagi yang menyaksikannya.

2. Durasi

film horor  © 2016 brilio.net

foto: youtube.com

Durasi film yang lebih panjang dapat menggambarkan keadaan dengan lebih baik. Sebuah adegan film horor membutuhkan durasi yang panjang guna memberikan perasaan deg-degan yang semakin lama pada penontonnya.

3. Tensi

film horor  © 2016 brilio.net

foto: dailytelegraph.com.au

Efek musik sangat berpengaruh dalam memberi kesuksesan sebuah film horor. Suara tiba-tiba setelah sebelumnya benar-benar senyap dapat mengejutkan siapa saja. Teriakan-teriakan dapat menambah efek seram bagi penonrton.

4. Latar

film horor  © 2016 brilio.net

foto: thetarge.co.uk

Pengaturan tempat untuk sebuah adegan horor yang dipakai biasanya gudang tua, lorong gelap, dan tempat sepi. Suasana dibuat sehening mungkin, yang tiada seorang pun dapat menolongnya. Setting suasana gelap dipilih untuk menambah kesan horor.

5. Penempatan posisi tokoh

film horor  © 2016 brilio.net

foto: winnin.com

Setting ruangan dipilih yang membuat seseorang terdesak ketika ditemui si hantu. Bisa juga tempat yang dipenuhi oleh benda-benda terbengkalai sehingga membuat tokoh begitu ketakutan jika setan muncul tiba-tiba.

Kalau mau penjelasan lebih lengkap, simak video ini: