Brilio.net - Setelah merilis Tenet (2020) yang mengisahkan seorang agen CIA yang berada di dunia fiksi ilmiah, kini Christopher Nolan sedang menggarap film yang berjudul Oppenheimer. Film tersebut merupakan film biografi yang berkisah tentang J. Robert Oppenheimer, ilmuwan yang menjalankan Proyek Manhattan yang mengarah pada penemuan bom atom yang kemudian digunakan oleh tentara Sekutu untuk meluluhlantakkan Hiroshima dan Nagasaki. Oppenheimer kemudian disebut sebagai bapak bom atom dunia.

Meskipun Oppenheimer memainkan peran kunci dalam pembuatan senjata atom, ia kemudian memiliki perasaan rumit tentang kekuatan mematikan yang diciptakannya. Dia melobi untuk kontrol internasional tenaga nuklir dan menentang penciptaan bom hidrogen yang lebih merusak. Selain menyorot penemuan besar yang membuat Amerika Serikat menjadi negara super power, film ini juga akan menyorot sisi moral Oppenheimer sebagai seorang manusia.

Selain hadir dengan tema yang tak jauh dari dunia sains, Nolan berhasil menggaet dua aktor terkenal Hollywood. Nolan bersama Universal Pictures berhasil mengajak Robert Downey Jr. dan Matt Damon untuk bergabung dalam proyek filmnya kali ini.

Dilansir brilio.net dari Deadline (2/11), Robert Downey Jr. dan Matt Damon akan bermain bersama Cillian Murphy yang saat ini sudah ditetapkan sebagai pemain utama. Sementara dua bintang Hollywood tersebut, belum dikabarkan lebih lanjut karakter yang akan diperankan mereka dalam film Oppenheimer ini.

Sebelum film tersebut dirilis pada 21 Juli 2023, atau dua minggu sebelum peringatan bom atom Hiroshima dan Nagasaki, Universal Pictures akan mendistribusikan Oppenheimer secara teatrikal di seluruh dunia. Selain itu, Nolan juga berperan sebagai penulis naskah bersama produser Emma Thomas dan Charles Roven dari Atlas Entertainment.

Film Oppenheimer ini didasarkan pada buku pemenang Hadiah Pulitzer American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer karya Kai Bird dan mendiang Martin J. Sherwin. Karena itu, film ini akan banyak berlatar masa lalu atau sejarah masa lampau saat Perang Dunia II masih bergejolak.