Brilio.net - Tahun Baru Imlek telah tiba. Perayaan ini sangat penting untuk orang Tionghoa. Perayaan yang tahun ini jatuh pada Sabtu (24/1) tentunya diharapkan bisa menjadi momen yang bahagia. Terlebih jika kita bisa berkumpul dengan orang-orang tercinta.

Salah satu kegiatan yang asyik ketika berkumpul bersama keluarga adalah menonton film bersama. Tentunya film yang bertemakan perayaan Imlek itu sendiri. Kita juga bisa menonton film mandarin dengan berbagai genre sebagai pelengkap perayaan Imlek 2020 ini.

Atau bisa jadi kamu menonton film Indonesia yang menyentuh hati seperti Cek Toko Sebelah. Bisa juga kita memilih film spesial tayangan kung fu seperti Ip Man, Jacky Chan dan lain-lain. Alangkah menyenangkannya jika kita bisa menonton beberapa film secara berturut-turut.

Nah, kali ini brilio.net akan bantu kamu memilihkan film yang wajib ditonton untuk perayaan Imlek 2020, seperti dikutip dari berbagai sumber pada Sabtu (25/1).

1. All's Well Ends Well.

Loading...

film rekomendasi imlek 2020 Istimewa

foto: timeout.com

Film komedi Hong Kong ini terus berlanjut sebagai salah satu film Tahun Baru Imlek terbaik yang selalu menghiasi layar televisi kita. Film klasik Hong Kong ini penuh dengan humor dan komedi slapstick yang membuat kamu terhibur. Film ini bercerita tentang tiga bersaudara yang diperankan oleh Stephen Chow, Raymond Wong dan Francis Ng ketika mereka berusaha untuk memenangkan hati pasangan dan orang tua mereka. Tak berhenti satu film saja, film ini diikuti oleh enam sekuel lainnya.

2. Enter The Dragon.

film rekomendasi imlek 2020 Istimewa

foto: timeout.com

Dekade 70-an adalah tahun emas untuk semua hal bertema kung fu. Salah satunya adalah film klasik Bruce Lee Enter the Dragon. Film ini menyatukan seniman bela diri multinasional yang berkumpul di Hong Kong untuk turnamen. Ternyata disusupi oleh Lee dari kuil Shaolin yang bertugas untuk menghancurkan raket opium. Film ini juga dianggap sebagai salah satu film seni bela diri terhebat sepanjang masa.

3. Ip Man 4: The Finale.

film rekomendasi imlek 2020 Istimewa

foto: timeout.com

Seperti yang diketahui, Ip Man adalah film yang mengangkat kisah mentor seni Bruce Lee, Yip Wai-shun. Pada film Ip Man 4: The Final, Ip Man yang diperankan oleh Donnie Yen datang ke Amerika Serikat untuk membantu Bruce Lee yang diperankan Kwok-Kwan Chan. Ip Man datang karena sang murid sedang mendapatkan diskriminasi rasial karena membuka sekolah seni bea diri Wing Chun di Amerika Serikat.

4. Kung Fu Hustle.

film rekomendasi imlek 2020 Istimewa

foto: timeout.com

Film Kung Fu Hustle sangat cocok untuk dinikmati ketika liburan Imlek 2020. Film komedi yang mengangkat kungfu ini sangat renyah dan tidak membosankan. Film ini dibintangi Stephen Chow dipandu sutradara dan penulis yang mumpuni di bidangnya. Film ini bercerita tentang pertarungan panjang antara Axe Gang (Geng Kapak) yang jahat dengan petani yang memiliki trio legenda seni bela diri.

5. Crouching Tiger, Hidden Dragon.

film rekomendasi imlek 2020 Istimewa

foto: timeout.com

Crouching Tiger, Hidden Dragon adalah film fantasi petualangan seni bela diri silat tahun 2000. Film ini yang disutradarai oleh Ang Lee dan diproduseri oleh William Kong, Hsu Li-kong dan Ang Lee. Film ini bercerita tentang dua master kung fu yang tengah memburu pencuri pedang giok legendaris. Dari sana, keduanya dipertemukan dengan seorang putri bangsawan yang jago kungfu.

6. Shaolin Soccer.

film rekomendasi imlek 2020 Istimewa

foto: timeout.com

Shaolin Soccer adalah crossover komedi kung fu-football dari daftar lagu Stephen Chow. Jurus-jurus hebat namun cenderung konyol membuat film ini semakin seru untuk ditonton. Film ini bercerita sekelompok biksu shaolin yang dikumpulkan untuk dilatih untuk menghadapi tim jahat yang semuanya menaklukkan di Piala Sepak Bola Nasional.

7. Cek Toko Sebelah.

film rekomendasi imlek 2020 Istimewa

foto: imdb.com

Cek Toko Sebelah sangat layak untuk ditonton saat momen Imlek 2020. Film ini masuk box office dengan 2.6 juta penonton. Film karya Ernest Prakasa ini mengangkat realitas etnis Tionghoa saat anak beranjak dewasa, kuliah hingga akhirnya hanya berakhir sebagai penjaga toko orangtuanya. Tak hanya cerita lucu, Cek Toko Sebelah juga penuh dengan kisah haru.

8. A Man Called Ahok.

film rekomendasi imlek 2020 Istimewa

foto: Instagram/@vjdaniel

Film yang dirilis 8 November 2018 ini Basuki bercerita tentang mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih dikenal dengan Ahok. Ia adalah anak sulung dari 5 bersaudara yang mempunyai ayah seorang tauke bernama Kim Nam dan ibu bernama Buniarti. Masa kecil yang serba kekurangan tak menghalangi Ahok untuk menjadi sosok politisi yang dibanggakan hingga saat ini.

9. Susi Susanti - Love All.

film rekomendasi imlek 2020 Istimewa

foto: Instagram/@irwanmussry

Film Susi Susanti - Love All bercerita pebulu tangkis senior Susi Susanti yang memulai kariernya pada usia 14 tahun. Melalui bimbingan pelatihnya, Liang Chiu Sia serta dorongan janji suci kepada sang ayah, Susi Susanti kini menjadi atlet bulu tangkis dunia. Terlebih Susi Susanti mendapatkan medali emas pada Olimpiade pertama untuk Indonesia.

10. Di Balik 98.

film rekomendasi imlek 2020 Istimewa

foto: Liputan6.com

Sesuai dengan judulnya, Di Balik 98 bercerita tentang kerusuhan besar yang terjadi pada 1998. Saat itu bertepatan dengan momen Presiden Soeharto lengser dari jabatannya yang menandakan berakhirnya Orde Baru menuju Reformasi.

Film ini diperankan oleh Chelsea Islan dan Boy William sebagai mahasiswa. Selain itu ada juga Donny Alamsyah dan Fauzi Baadila dari sisi militer. Verdi Solaiman dan Ririn Ekawati bertindak sebagai karyawan istana dan Teuku Wisnu Wikana mewakili rakyat kecil.

RECOMMENDED BY EDITOR