Brilio.net - Sejak kisah KKN di Desa Penari viral di Twitter pada 2019 lalu, warganet mulai ramai menduga-duga lokasi pelaksanaan KKN tempat terjadinya insiden horor tersebut. Penyebutan inisial B untuk salah satu kabupaten di Jawa Timur sebagai lokasi asli Desa Penari memunculkan dugaan nama-nama daerah provinsi paling timur Pulau Jawa.

Lantas, di mana lokasi sebenarnya dari cerita misteri berdasarkan kisah nyata ini? Melansir dari unggahan YouTube Wak Ajiiip yang tayang 6 September 2019 lalu, YouTuber tersebut mencoba melakukan pencarian selama 2 hari, berdasarkan petunjuk yang diberikan oleh penulis dan kondisi geografis. Munculah dugaan jika lokasi Desa Penari berada di sekitaran wilayah Jember-Banyuwangi.

Penulis menyebutkan jika Desa Penari tersebut terletak di daerah tertutup hutan, tepatnya paling timur Pulau Jawa. Pada petunjuk lainnya, penulis juga menyebutkan Desa Penari terdapat di wilayah inisial "B" yang diduga adalah Banyuwangi.

Peta lokasi KKN di Desa Penari © YouTube

foto: YouTube/Wak Ajiiip

Jika dilihat dari peta, di bagian timur Pulau Jawa terdapat empat kabupaten, yakni Situbondo, Bondowoso, Jember, dan Banyuwangi. Dari empat kabupaten tersebut, dua di antaranya dilalui hutan atau alas yakni Alas Gumitir dan Alas Purwo. Kedua hutan atau alas itu terletak di antara Kabupaten Jember dan Banyuwangi.

Peta lokasi KKN di Desa Penari © YouTube

foto: YouTube/Wak Ajiiip

- -Setelah ditelusuri, hanya Alas Gumitir yang memiliki pemukiman penduduk. Untuk memastikannya maka dilakukan pencarian dari Google Maps dengan keyword Gunung Gumitir. Tampak di sebelah timur area Alas Gumitir terdapat patung penari Gandrung khas daerah tersebut yang posisi gerakan penarinya dianggap identik dengan gambar penari di poster film KKN di Desa Penari, sementara di utara terdapat pemukiman penduduk.

Peta lokasi KKN di Desa Penari © YouTube

foto: YouTube/Wak Ajiiip

(brl/jad)

RECOMMENDED BY EDITOR