Brilio.net - Sutradara Thailand dikenal piawai dalam menyajikan tontonan yang amat seram. Tapi sineas Jepang rupanya tak mau kalah. Film-film horor bermunculan sejak beberapa dekade silam.

Beberapa di antaranya diterima hangat oleh masyarakat. Berikut ini adalah beberapa di antara film horor Jepang yang tak kalah horor dari buatan Thailand. Dirilis brilio.net dari tofugu.com.

1. Onibaba (1964)

horor jepang  tofugu.com

Loading...

foto: tofugu.com

Mengambil setting abad 14. Mengisahkan seorang wanita tua dan anak tiri. Mereka memutuskan membunuh tentara samurai lantas menjual peralatannya semisal baju perang, samurai, serta harta bendanya untuk mereka menyambung hidup. Muncul seorang samurai dengan topeng aneh.

2. Kwaidan (1964)

horor jepang  tofugu.com

foto: tofugu.com

Empat kisah dari cerita rakyat horor Jepang disatukan dalam satu film ini. Cerita tersebut adalah Kurokami (Rambut Hitam), Yuki Onna (Gadis Salju), Miminashi Hoichi no Hanashi (Kisah Hoichi ynag Tak Bertelinga), dan Chawan no Naka (Di Mangkuk Teh). Adegan horor akan banyak ditemui misalnya pentas seorang musisi tunanetra pada suatu malam yang disertai suara aneh.

3. Kuroneko (1968)

horor jepang  tofugu.com

foto: tofugu.com

Shige dan Yone adalah dua wanita korban perkosaan yang dibunuh oleh tentara samurai. Mereka menjadi hantu yang ingin membalas dendam. Seorang tentara samurai bernama Gintoki memerintahkan investigasi atas isu pembunuhan ynag disebabkan oleh setan yang mana ditemukan samurai di tempat kejadian.

4. Audition (1999)

horor jepang  tofugu.com

foto: tofugu.com

Seorang sutradara bernama Aoyama merasa kesepian setelah dirinya menjadi seorang duda. Dia mengikuti saran temannya untuk melakukan audisi palsu untuk sebuah film yang sebenarnya untuk mencari seorang untuk dijadikan istri. Asami adalah gadis yang dipilih Aoyama. Berikutnya, akan tampil adegan Asami melakukan penyiksaan yang penuh dengan darah.

5. Ringu (1998)

horor jepang  tofugu.com

foto: tofugu.com

Sebuah video misterius membawa malapetaka pada yang menontonnya. Seminggu setelahnya si penonton meregang nyawa. Kecuali yang berhasil menjawab klausul di dalamnya. Ringu adalah legenda urban Jepang.

6. A Page of Madness (1926)

horor jepang  tofugu.com

foto: tofugu.com

Film ini akan menciptakan berbagai interpretasi dan agak sulit dipahami. Seorang lelaki petugas kebersihan di sebuah rumah sakit jiwa mencoba membebaskan istrinya yang dipenjara. Kesan horor akan didapatkan dari gambaran orang sakit mental yang banyak ditampilkan.

Misal sang istri yang sedang menenggelamkan bayi di kolam. Sang suami bermimpi harus membunuh para dokter dan petugas demi membebaskan istrinya. Kombinasi suara yang dihasilkan oleh hujan, angin dan guntur berfungsi untuk menghasut penonton untuk masuk ke keadaan panik.

7. Battle Royale (2000)

horor jepang  tofugu.com

foto: tofugu.com

Di sini kamu akan menyaksikan kisah Shuya, Noriko, dan kawan-kawan di sekolah. Mereka dipaksa untuk membunuh satu sama lain hingga hanya menyisakan satu orang. Peluru, panah, dan kapak bermain di sini untuk membunuh sejumlah 42 siswa.

RECOMMENDED BY EDITOR