Brilio.net - Sandman pertama kali muncul dalam film Spider-Man 3 (2007) sebagai musuh utama Spider-Man. Sandman merupakan alter-ego dari William Baker ini juga muncul dalam film Spider-Man: Far From Home (2019) dan akan kembali tampil sebagai musuh Spider-Man dalam Spider-Man: No Way Home (2021).

Sandman merupakan salah satu anggota pendiri kelompok penjahat super Sinister Six yang dipimpin oleh Doctor Octopus yang juga musuh Spider-Man. Selain itu, Sandman juga menjadi musuh Fantastic Four, kelompok superhero lain dalam jagad dunia Marvel.

Sandman berhasil membuat Spider-Man kerepotan dengan kemampuan yang bahkan bisa membuatnya kebal. Namun, di suatu waktu, Sandman malah kalah melawan Spider-Man dan sampai saat ini belum bisa memenangkan pertarungan. Apakah dalam Spider-Man: No Way Home (2021) Sandman akan kembali bertarung dengan Spider-Man? Atau malah punya persoalan lain dengan kelompoknya sendiri di Sinister Six?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (22/9), berikut 9 fakta menarik Sandman, manusia pasir yang menjadi musuh Spider-Man.

1. Dikenal lebih dari satu identitas.

fakta menarik Sandman di Spider-Man berbagai sumber

foto: imdb.com

Sandman lahir sebagai William Baker dan sempat menggunakan nama pengganti sebagai Flint Marko saat ia bertemu dengan ayahnya di penjara. Nama kecilnya jarang sekali ia gunakan dan lebih sering menggunakan Flint Marko saat bertemu orang lain. Sementara identitasnya sebagai Sandman digunakan saat ia berubah menjadi manusia pasir atau bersama rekan satu timnya di Sinister Six.

2. Sempat rela dipenjara untuk menyelamatkan ayahnya.

fakta menarik Sandman di Spider-Man berbagai sumber

foto: imdb.com

Dalam sebuah episode, Sandman bertemu dengan Spider-Man dan tertangkap dengan mudah dengan penyedot debu. Hal ini Sandman lakukan setelah mengetahui bahwa ayahnya sedang dipenjara. Sandman dan ayahnya pun bertemu di penjara tanpa ayahnya tahu kalau ia adalah anaknya. Sandman mengenalkan diri sebagai Flint Marko, nama samarannya. Setelah itu, Sandman pun membebaskan ayahnya berkat kekuatan yang dimilikinya.

3. Mampu mengendalikan pasir.

fakta menarik Sandman di Spider-Man berbagai sumber

foto: imdb.com

Salah satu kekuatan menakutkan Sandman adalah kemampuannya mengendalikan pasir. Kemampuan tersebut membuatnya mampu memanggil pasir dalam jumlah besar dan membuat tubuhnya membesar bagai monster pasir. Bahkan, pasir-pasir dari seluruh dunia seperti dari padang pasir mampu ia panggil dan membuat kekuatannya membesar.

4. Mampu bekerja sama dengan tim.

fakta menarik Sandman di Spider-Man berbagai sumber

foto: imdb.com

Sandman dikenal sebagai salah anggota Sinister Six yang cukup mampu beradaptasi dengan tim. Selain kelompok ini, Sandman juga pernah tergabung dalam beberapa tim seperti Frightful Four, Sinister Twelve, Superior Six, penjahat yang direformasi yang dikenal sebagai Outlaws, dan sebagai tentara bayaran bayaran untuk Silver Sable dengan Wild Pack-nya.

5. Sempat berganti kostum.

fakta menarik Sandman di Spider-Man berbagai sumber

foto: imdb.com

Sandman saat memulai aksi debutnya dengan kaos hijau bergaris dan celana cokelat yang bisa berubah warna. Selain kostum tersebut, Sandman pernah mengenakan seragam lain menyerupai kostum superhero seperti kostum yang ia curi dari laboratorium Mister Fantastic. Namun, kostum tersebut tak pernah cocok dengan karakternya dan ia pun kembali ke kostum hijau legendarisnya.

6. Hampir mengalahkan Fantastic Four.

fakta menarik Sandman di Spider-Man berbagai sumber

foto: imdb.com

Bermodal kostum yang Sandman curi dari laboratorium Mister Fantastic, ia sempat hampir mengalahkan Fantastic Four sendirian. Kostum berbentuk baju zirah tersebut membuat Fantastic Four kewalahan. Sandman mampu memperkuat kemampuannya dengan berbagai bahan kimia yang menghasilkan reaksi berbeda dalam tubuhnya yang berpasir.

7. Kebal terhadap radiasi.

fakta menarik Sandman di Spider-Man berbagai sumber

foto: imdb.com

Sebagai makhluk berpasir, Sandman kuat terhadap radiasi. Bahkan, saat sebuah ledakan nuklir meledak di sekitarnya, ia selalu selamat dari radiasi.

8. Lemah dengan air.

fakta menarik Sandman di Spider-Man berbagai sumber

foto: imdb.com

Sandman punya persoalan serius dengan air. Kekalahan pertamanya melawan Spider-Man salah satunya karena hujan dan alat penyiram yang membuat kemampuannya melemah. Saat air menerpa tubuhnya, ia tidak bisa menahan bentuk pasir tubuhnya dan tidak lemah saat bertarung. Bahkan, saat Sandman dan Hydro-Man sempat berseteru di sebuah dermaga, keduanya malah menyatu menjadi Mud-Thing yang mengerikan. Sosok monster aneh, tapi juga berbahaya.

9. Punya potensi hidup abadi.

fakta menarik Sandman di Spider-Man berbagai sumber

foto: imdb.com

Kemampuan Sandman yang dapat mengendalikan pasir, tidak hanya membuatnya terampil menggunakan pasir dan membuatnya sebagai kekuatan super. Kemampuan tersebut juga membuat Sandman selalu terhindar dari kematian yang menegangkan. Dalam suatu, ia pun pernah mempertanyakan diri apakah dirinya bisa mati atau tidak. Bahkan, ia pernah berandai-andai hidup panjang dan ia kehilangan kemampuan mengendalikan tubuh pasirnya, ia mati di samping Spider-Man dengan menikmati suasana pantai. Sandman akan kembali tampil dalam Spider-Man: No Way Home yang akan segera tayang.