Brilio.net - Mas Aris dalam drama series Layangan Putus menjadi public enemy karena telah melakukan perselingkuhan tanpa persetujuan Kinan sebagai istrinya. Kinan yang diperankan oleh Putri Marino punya firasat saat ia sedang mengandung anak keduanya.

Sementara Mas Aris yang diperankan Reza Rahadian sering terlambat pulang dan jarang memberi kabar. Sejak firasat itu muncul, Kinan berusaha untuk tahu siapa orang ketiga yang terlibat affair dengan suaminya. Anya Geraldine tampil menjadi orang ketiga sebagai Lidya, seorang psikolog yang menangani anak dari Mas Aris dan Kinan.

Layangan Putus dari cerita riil berbagai sumber

foto: Instagram/@wetvindonesia

Layangan Putus merupakan drama series yang diangkat dari kisah nyata yang dialami oleh Eca Prasetya atau yang lebih dikenal Mommy ASF. Kisah tersebut ditulis oleh Mommy ASF di media sosial pada 2019 di grup Facebook Komunitas Bisa Menulis dan langsung viral. Kisah tersebut menjadi kisah yang banyak menarik perhatian, terutama perhatian para pengguna media sosial.

Kisah Layangan Putus tersebut kemudian menimbulkan pro dan kontra di kalangan penikmat cerita. Ada yang membela sang suami dan menyalahkan sang istri, serta ada juga yang tetap membela sang penulis yang tak lain adalah Mommy ASF dan terus memotivasinya untuk terus merawat anaknya.

Layangan Putus dari cerita riil berbagai sumber

foto: Instagram/@wetvindonesia

Kisah Layangan Putus merupakan kisah perselingkuhan yang menimpa keluarga Mommy ASF yang dikenal sebagai keluarga religius. Suami yang diceritakan dalam kisah tersebut dikenal sebagai pendakwah yang memiliki saluran YouTube dakwah.

Namun, kesalehan seseorang tak menjamin ia akan menjadikan istri sahnya sebagai tambatan satu-satunya. Saat mengandung anak kedua, Mommy ASF tahu bahwa suaminya punya perempuan lain tanpa sepengetahuan dirinya.

Layangan Putus dari cerita riil berbagai sumber

foto: Instagram/@wetvindonesia

Dalam cerita tersebut, sosok suami digambarkan sebagai Mas Arif yang disebut Mommy ASF sebagai sosok yang tampan, saleh, dan punya finansial yang cukup. Mereka berdua tinggal di Bali dan sudah hidup bersama selama 14 tahun. Mommy ASF menceritakan kisah hidupnya dengan runut dan selama usia kedelapan tahun pernikahan mereka berjalan seolah tanpa masalah. Ia sangat percaya pada Mas Arif karena dikenal agamis dan tak mungkin akan melakukan hal-hal yang dilarang oleh agama.

Namun, suatu ketika, pada Februari 2018, Mommy ASF tiba-tiba mencari Mas Arif. Ia berpikir bahwa suaminya pergi jihad ke Suriah karena paspor suaminya tak ada di laci tempat biasa menyimpan dokumen. Saat berkali-kali menelepon, pesan singkat, hingga pesan suara anaknya sudah dikirimkan ke nomor suaminya, tetapi semua usaha tersebut tak membuahkan hasil. Mas Arif tak merespons semua pesan tersebut.

Pada hari kedua Mommy ASF mencobanya kembali dan kali ini berhasil. Saat telepon tersambung, Mas Arif memberitahu bahwa dirinya ada di Jakarta tanpa memberikan penjelasan apa pun tentang yang dikerjakannya.

Layangan Putus dari cerita riil berbagai sumber

foto: Instagram/@wetvindonesia

Sang suami menghabiskan waktunya di Jakarta selama 12 hari tanpa penjelasan apa pun. Bahkan, saat Mas Arif pulang ke Bali, ia pun tidak mengatakan apa-apa, bahkan untuk sekadar kata maaf.

Setahun berlalu dari peristiwa aneh yang sering membuat Mommy ASF sering resah. Pada suatu waktu, Mommy ASF memberanikan diri untuk melihat ponsel suaminya yang disembunyikan di atas rak buku. Saat melihat isi galeri, kenyataan pahit tiba-tiba tergelar di hadapannya dan mendapatkan ratusan foto sang suami dengan seorang perempuan muda. Di foto tersebut, perilaku mereka sudah seperti suami-istri yang saling bermesraan dan berangkulan. Mereka berdua sedang pergi bulan madu di Cappadocia, Turki.

Layangan Putus dari cerita riil berbagai sumber

foto: Instagram/@wetvindonesia

Ternyata, kepergian sang suami selama 12 hari saat tahun lalu adalah waktu ketika Mas Arif dan istri mudanya pergi bulan madu ke Turki sekaligus menandakan usia pernikahan mereka yang baru saja dilangsungkan. Berarti, usia pernikahan tersebut sudah berlangsung kurang-lebih selama setahun saat Mommy ASF menyadarinya.

“Aku marah dan murka. Aku merasa dikhianati. Maaf dari Mas Arif tak cukup membuatku tenang. Ya Rabb, ampuni aku,” tulis Mommy ASF dengan rasa penuh kekecewaan.

Layangan Putus dari cerita riil berbagai sumber

foto: Instagram/@wetvindonesia

Kesal dengan perbuatan sang suami yang sudah menikah diam-diam, Mommy ASF pun menggugat cerai suaminya pada 19 September 2019. Baginya, jalan ini merupakan terbaik yang harus diambilnya karena sudah tak mungkin hidup dengan ketidakjujuran suaminya. Walaupun begitu, Mommy ASF tetap mendoakan suaminya dan tetap menganggapnya sebagai sosok ayah bagi anak-anaknya. Mommy ASF masih memperbolehkan suaminya untuk menjenguk anak-anaknya.

Setelah proses perceraian selesai, Mommy ASF harus banting tulang untuk menghidupi anak-anaknya. Setelah bercerai, komunikasi Mommy ASF dan suaminya terputus sehingga membuat semua kebutuhan anak-anaknya terkendala. Bahkan, sang mantan suami sempat tidak peduli dengan keadaan finansial anak-anaknya. Mommy ASF pun berusaha mencari pekerjaan apa saja dan bahkan sempat ikut di beberapa komunitas di Bali.

Cerita Mommy ASF tersebut kemudian ramai dan viral, tak hanya di grup Facebook Komunitas Bisa Menulis, melainkan juga berbagai unggahan lain. Cerita tersebut kemudian dihapus karena saran dari kuasa hukum Mommy ASF.

Layangan Putus dari cerita riil berbagai sumber

foto: Instagram/@wetvindonesia

Pada akhir 2020, Mommy ASF menerbitkan kisah Layangan Putus dalam bentuk novel. Dalam novel tersebut dikisahkan kehidupan rumah tangga Aris dan Kinan yang mengalami goncangan yang begitu hebat karena orang ketiga. Novel tersebut kemudian laris di pasaran dan membuat rumah produksi MD Entertainment tertarik mengangkatnya menjadi sebuah serial drama.

Mommy ASF awalnya sempat ragu dengan tawaran tersebut. Namun, keraguan tersebut kemudian hilang setelah pihak MD Entertainment benar-benar serius ingin menggarap cerita tersebut. Kisah Layangan Putus versi novellah yang kemudian digarap. Tidak menunggu waktu lama, serial drama Layangan Putus pun tayang untuk pertama kalinya pada 26 November 2021 di layanan streaming WeTV.

Sejak saat itu, Layangan Putus mendapat sambutan meriah. Mulai dari kisah-kisah lucu sehingga beberapa adegannya dibuat bahan meme, hingga cerita banyak orang yang merasa tersambung dengan cerita tersebut. Selain itu, kisah Layangan Putus yang disebut sebagai The World Of The Married versi Indonesia ini memang benar-benar ada dan terjadi di kehidupan nyata.

Selain diperankan oleh Reza Rahadian sebagai Aris, Putri Marino sebagai Kinan, dan Anya Geraldine sebagai Lidya, Layangan Putus juga diperankan oleh Frederika Alexis Cull sebagai Miranda, perempuan yang awalnya diduga Kinan sebagai selingkuhan suaminya.

Sampai saat ini, Layangan Putus sudah sampai episode ke 8A pada 7 Januari 2022 yang tayang secara premium di WeTV. Tayangan versi premium dan versi gratis hanya berjarak satu minggu dari episode yang sudah ditayangkan. Drama series Layangan Putus akan tayang sampai 22 Januari 2022 sampai episode 10B sebagai episode terakhir atau pada 29 Januari 2022 untuk versi tayangan gratisnya.