Brilio.net - Saat ini industri film di Indonesia memang makin meningkat pesat. Hal itu didasari tak hanya dari para pemainnya yang memang sudah tidak diragukan lagi kemampuan beraktingnya, tapi juga para pegiat film yang makin ke sini makin baik kualitasnya.

Sutradara senior film Indonesia, Nia Dinata, mengatakan bahwa banyak yang harus diperhatikan untuk pegiat industri film, khusunya bagi para pemula. Nia memberikan beberapa tips untuk mereka yang ingin menjadi pegiat di industri film.

Menurutnya, modal awal yang harus dimiliki adalah edukasi. Para pegiat harus memiliki edukasi yang cukup luas agar dapat berpikir panjang dan membuat film yang menarik.

"Untuk menjadi pegiat film adalah edukasi. Soalnya kalau nggak ada modal itu orang-orang film mau belajar dari mana," ujar Nia Dinata ketika berbincang dengan brilio.net belum lama ini.

Dia menuturkan bahwa para pegiat film tak bisa semata-mata cuma membuat atau belajar dari film yang bersifat komersil. Mereka harus belajar dari sesuatu yang idealis juga kritis terhadap isu yang sedang berkembang.

Sementara itu, para pegiat film juga harus memiliki rasa. Dengan selera film yang baik bukan tidak mungkin film mereka akan mudah dinikmati oleh masyarakat.

"Para pegiat nggak bisa gitu aja belajar dari film yang komersil. Mereka harusnya belajar terhadap sesuatu yang idealis juga kritis terhadap sesuatu," pungkasnya.