Brilio.net - Sejak tayang Agustus 2016 lalu, film Anime 'Kimi no Na Wa' atau 'Your Name' terus menuai prestasi. Film karya sutradara Makoto Shinkai ini membuat orang dari luar Jepang pun tertarik untuk menontonnya. Film ini bercerita tentang kisah cinta dua remaja SMA dengan alur yang unik. Mereka adalah dua orang berbeda yang tak saling kenal, dari asal yang jauh. Namun keduanya dipertemukan dengan cara yang unik dan membuat penontonnya 'berpikir'.

Film yang mengangkat cinta beda ruang dan waktu ini mencetak 'rekor baru' di perfilman Jepang dan menyita perhatian penonton di seluruh dunia. Nah, biar jelas simak 5 fakta film 'Your Name' yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (18/1).

1. Diangkat dari cerita Kuno Jepang.

film your name © 2017 brilio.net

foto: Inquirer.net

Sukses dengan 5 Centimeters Per Second dan The Garden of Words, Makoto Shinkai hadir kembali dnegan mengangkat sebuah karya kuno Jepang Tenkousei (1982). Cerita Torikaebaya Monogatari di abad ke 12 ini menggambarkan seorang anak laki-laki dan perempuan yang bertukar tubuh setelah terjatuh di sebuah kuil.

2. Meski dari cerita kuno, tapi dibalut jadi cerita remaja kekinian.

film your name © 2017 brilio.net

foto: idigitaltimes

Dua tokoh utama 'Your Name' adalah siswa SMA masa kini. Taki adalah seorang siswa SMA di kota Tokyo. Selain bersekolah, Taki tertarik dengan bidang arsitektur dan memiliki pekerjaan parttime di restoran Italia. Sedangkan tokoh perempuannya, Mitsuha adalah siswi SMA yang tinggal di sebuah desa di pegunungan yang masih kental dengan tradisi. Mitsuha bermimpi bisa merasakan gaya hidup di kota besar, seperti Tokyo.

3. Geser posisi 'Spirited Away' sebagai anime Jepang yang raih pendapatan terbesar sepanjang sejarah.

film your name © 2017 brilio.net

foto: kotaku

Tak cuma berpendapan tertinggi di Jepang, Your Name sukses meraih predikat film anime berpenghasilan tertinggi di dunia. The Numbers mencatat pendapat anime Your Name telah mencapai USD 331.600.000 atau Rp 4,4 triliun mengalahkan film Spirited Away yang mendapat perolehan pendapatan Rp 3,6 Triliun.

4. Menangkan penghargaan film animasi terbaik di Sitgas Film Festival 2016.

film your name © 2017 brilio.net

foto: Pinterest

Sitgas film Festival merupakan ajang bergengsi untuk festival film yang diadakan di Spanyol. Tak hanya itu, 'Your Name' masuk dalam consideration list for the Oscar nomination for Best Animeated Feature (daftar pertimbangan untuk nominasi Oscar untuk film animasi terbaik) pada Academy Awards 2017.

5. Visual art seperti nyata karena mengambil setting tempat yang benar-benar ada.

film your name © 2017 brilio.net

foto: movieenthusiast

Sudah tak diragukan lagi bahwa karya Makoto Shinkai dan Studio Ghibli selalu memperhatikan 'art' dan detail. Your Name juga memiliki tampilan grafis luar biasa epik. Settingnya pun diambil dari beberapa lokasi yang benar-benar ada di Jepang.