Brilio.net - Penyebaran virus Corona yang begitu cepat ditambah dengan semakin banyaknya masyarakat yang terinfeksi, membuat pemerintah mengeluarkan sejumlah imbauan kepada masyarakat. Social distancing adalah salah satunya. Langkah tersebut baik untuk dilakukan guna mengurangi maraknya penyebaran dari COVID-19.

Kendati demikian, imbauan tersebut bukannya tanpa konsekuensi. Diakui atau tidak, adanya social distancing ini sedikit banyak turut memengaruhi sistem di kerja di sejumlah industri. Tidak terkecuali di industri film di Tanah Air sendiri.

Saat ini sejumlah film dilaporkan sudah pasti akan mengalami penundaan untuk naik layar. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti diberhentikannya proses produksi pengambilan gambar atau syuting.

Nah, lalu film apa saja ya yang mengalami pemberhentian proses produksi syuting ini? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (20/3), berikut 3 film Indonesia yang harus setop produksi syuting karena darurat COVID-19.

1. Yowis Ben 3.

Loading...

film indonesia stop syuting sementara berbagai sumber

foto: Instagram.com/fajarnugrs

Film yang dibintangi oleh Bayu Skak, Joshua, Brandon Salim, dan Anya Geraldine ini sebetulnya telah melakukan proses syuting di Malang, Jawa Timur, beberapa hari lalu. Akan tetapi, lewat akun Twitter-nya, Fajar Nugros selaku sang sutradara menginfokan bila proses syuting terpaksa dihentikan untuk sementara.

"Syuting YOWIS BEN berat karena selalu menarik massa penonton yang besar, memancing kerumunan. Biasanya tim produksi akan memundurkan garis batas massa untuk menjauhkan gaduhnya suara. Tapi saat ini masalahnya bukan teknis semata, tapi virus mengancam kita semua," tulis Fajar.

2. Backstage.

film indonesia stop syuting sementara berbagai sumber

foto: paragonpictures.id

Drama musik yang mempertemukan Sissy Prescillia dan Vanesha Prescilla dalam satu frame ini telah memulai proses syuting sejak 14 Maret kemarin. Akan tetapi karena penyebaran virus Corona semakin mengkhawatirkan, proses syuting terpaksa dihentikan sampai dengan waktu yang tak ditentukan.

"Film BACKSTAGE adalah film yang sangat personal bagi kami, yang dibuat dengan sepenuh hati. Tetapi dengan kondisi pandemi COVID-19 saat ini, tidak memungkinkan bagi kami untuk melanjutkan syuting. Pemerintah sudah menyarankan social distancing, bagaimana pun kesehatan dan keselamatan kita lebih penting daripada film apapun juga," tulis pihak rumah produksi.

3. The Doll 3.

film indonesia stop syuting sementara berbagai sumber

foto: Instagram/@hitmakestudios

Penundaan film yang dibintangi oleh Jessica Mila, Winky Wiryawan, dan Masayu Anastasia ini sudah dilakukan sejak Minggu (15/3) pekan lalu.

Rocky Soraya selaku produser dan sutradara dalam press release-nya mengatakan bahwa penundaan ini mengakibatkan kerugian mencapai Rp 1 miliar. Akan tetapi, keputusan tersebut tetap diambil karena baginya yang terpenting adalah kesehatan kru, pemain, sutradara, dan semua pihak.

RECOMMENDED BY EDITOR