Brilio.net - Hadir dengan cerita yang menarik bukan jaminan sebuah produk yang ditayangkan mendapatkan respons yang baik dan rating tinggi. Hal ini juga berlaku dalam industri drama Korea. Tidak semua drama Korea yang menghasilkan cerita yang menarik, berhasil menarik antusiasme para penontonnya.

Bahkan, kehadiran bintang-bintang terkenal dalam sebuah drama Korea tak bisa menjamin mendapatkan penonton yang banyak. Salah satu faktor yang sulit ditebak adalah soal selera penonton yang sulit sekali diprediksi. Kisah romantis yang biasa mendapatkan banyak penonton pun bisa saja mendapatkan rating rendah karena berbagai faktor soal selera.

Selain soal selera, plot yang dinilai membingungkan dan bahkan membosankan membuat drama tersebut perlahan-lahan ditinggalkan penontonnya karena kalah saing dengan drama Korea lain yang memberi alternatif lain. Walaupun begitu, tak ada salahnya drama-drama underrated atau yang sering diremehkan ini ditonton kembali untuk membuktikan raihan dari rating-rating tersebut.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Kamis (23/11), berikut 11 drama Korea ini malah raih rating rendah walaupun hadirkan cerita yang menarik.

1. Imitation (2021).

drama Korea raih rating rendah berbagai sumber

foto: imdb.com

Imitation merupakan drama Korea yang diadaptasi webtoon dengan judul yang sama karya Park Kyung-ran. Drama ini mengisahkan kehidupan para idola, mulai dari kehidupan keseharian hingga romansa rahasia antara anggota girl grup rookie dan anggota boy grup papan atas di industri hiburan Korea. Walaupun dibintangi Jung Ji-begitu, Lee Jun-young, Jeong Yun-ho, dan Park Ji-yeon yang merupakan pemain papan atas Korea, drama ini tak sampai meraih 1% untuk tayang rata-ratanya selama 12 episode pada 7 Mei 2021 hingga 23 Juli 2021.

2. At Distance, Spring is Green (2021).

drama Korea raih rating rendah berbagai sumber

foto: imdb.com

At Distance, Spring is Green juga diadaptasi dari webtoon dengan judul yang sama. Drama Korea ini mengisahkan Yeo Jun (Park Ji-hoon), seorang mahasiswa baru di Universitas Myeongil. Yeo Jun dikenal sebagai mahasiswa berparas tampan yang tumbuh di keluarga kaya serta disayangi banyak orang. Namun, tidak ada yang tahu jika Yeo Jun sangat menyimpan sisi kehidupannya yang lain dari kebanyakan orang.

Selain itu, ia kemudian bertemu dengan Soo-hyun (Bae In-hyuk) yang berasal dari keluarga miskin dan hanya peduli dengan apa yang menguntungkan dirinya. Selain itu, mereka berdua kemudian bertemu Kim So-bin (Kang Min-ah) yang punya nilai rata-rata dalam segala hal. Mereka semua berteman baik dengan segala hal yang mengejutkan dari masing-masing karakter yang berbeda. Walaupun berhasil menampilkan kisah yang kocak, drama Korea ini kurang mendapat sambutan dari para penontonnya. Drama ini harus berpuas diri mendapatkan rating 2,01% untuk rata-rata dari seluruh penayangannya.

3. Lost (2021).

drama Korea raih rating rendah berbagai sumber

foto: imdb.com

Lost merupakan drama Korea yang mengisahkan kehidupan orang-orang biasa yang kurang beruntung menjalani hidup. Bu-jeong (Jeon Do-yeon), seorang penulis bayangan yang ingin menulis karya atas namanya sendiri, harus berjuang melakukan hal terbaiknya dalam hidup. Namun, ia sering menemui kegagalan dan membuatnya kehilangan asa untuk tetap hidup.

Selain itu, Kang-jae (Ryu Jun-yeol), seorang pria miskin yang takut mengakhiri masa mudanya karena tidak menjadi apa-apa. Ia sering bermimpi menjadi menjadi orang kaya dan pernah dipercaya memimpin sebuah perusahaan jasa yang tak pernah diminatinya. Walaupun menghadirkan cerita yang tersambung kisah banyak orang dan dibintangi Jeon Do-yeon yang comeback dalam drama ini, Lost malah mendapatkan rating yang cukup rendah sekitar 1,2% dari seluruh total penayangannya. Salah satu penyebab yang membuat drama ini kehilangan penontonnya adalah kisah yang amat suram sejak episode pertama.

4. Oh My Ladylord (2021).

drama Korea raih rating rendah berbagai sumber

foto: imdb.com

Oh My Ladylord mengisahkan Han Bi-Soo (Lee Min-ki) yang berprofesi sebagai penulis skenario serial drama thriller terbaik di Korea Selatan. Walaupun sukses di bidang tersebut, Bi-Soo mengalami kesepian akut yang membuatnya tak punya hubungan romantis dan tidak pernah berpikir untuk berkencan dengan seorang perempuan. Sampai kemudian Bi-Soo bertemu dengan Oh Joo-in (Nana), seorang aktris populer yang disebut sebagai Master (ratu drama) dalam serial komedi romantis.

Mereka berdua sama-sama cupu soal kehidupan asmara yang membuat mereka tak tahu apa yang mesti dilakukan saat salah di antaranya jatuh cinta. Sampai suatu saat kemudian, mereka terlibat kerja bersama dan membuat mereka bersama. Sejak saat itu lah, kekacauan terjadi dan mewarnai hari-hari mereka.

5. Doom At Your Service (2021).

drama Korea raih rating rendah berbagai sumber

foto: imdb.com

Doom At Your Service mengisahkan Tak Dong-kyung (Park Bo-young), seorang editor di sebuah perusahaan novel web yang sedang tersandung nasib yang tak pernah ia duga sebelumnya. Ia menderita kanker glioblastoma yang didiagnosis hanya akan hidup selama tiga bulan. Selain itu, Dong-kyung juga menyadari bahwa pacarnya sudah beristri dan akan menjadi calon ayah. Semua impian hidupnya seolah runtuh. Ia kemudian minum minuman keras di atap apartemen.

Saat kondisi mabuk, ia melihat bintang jatuh dan berharap dunia akan hancur. Permintaan tersebut langsung didengar oleh Myul Mang (Seo In-guk), seorang utusan antara dewa dan manusia yang membuat Dong-kyung melakukan kontrak selama seratus hari dengannya dan mempertaruhkan seluruh kehidupan Dong-kyung. Walaupun menghadirkan cerita yang kompleks dan seru, drama ini hanya mendapatkan rating sekitar 3,4% dari semua tayangannya dan dianggap kurang memuaskan dari segi cerita.

6. Our Beloved Summer (2021).

drama Korea raih rating rendah berbagai sumber

foto: imdb.com

Our Beloved Summer mengisahkan hubungan Choi Ung (Choi Woo-shik) dan Kook Yeon-Soo (Kim Da-mi) yang sudah putus dan berjanji tidak bertemu kembali. Namun, komitmen tersebut kemudian ambyar karena video dokumenter yang mereka buat sepuluh tahun lalu viral di media sosial dan membuat mereka gagal move on. Salah satu yang membuat menarik drama ini karena original soundtracknya dinyanyikan oleh V BTS. Walaupun menghadirkan cerita yang menarik, drama ini tampaknya tidak terlalu berhasil meraih banyak penonton. Hal ini dibuktikan dengan raihan rating rata-rata hanya sebesar 3%.

7. You Are My Spring (2021).

drama Korea raih rating rendah berbagai sumber

foto: imdb.com

You Are My Spring merupakan drama Korea yang mengangkat isu inner child. Drama ini mengisahkan Kang Da-jeon (Seo Hyun-jin), seorang manajer hotel menjalin hubungan khusus dengan Ju Young-do (Kim Dong-wook) saat terlibat dalam kasus pembunuhan di hotel yang mereka tempati. Mereka tinggal di hotel yang sama, walaupun Ju Young-do ada di lantai yang berbeda tepat di bawah lantai kamar Kang Da-jeon.

Melalui Joo Young-do (Kim Dong-wook), Da-jeon dan Young-do pun berkonsultasi terkait kondisi mental dan kejiwaan mereka. Sampai pada sebuah kesimpulan, mereka mengalami apa yang disebut sebagai inner child, sebuah trauma masa kecil yang masih tersimpan dalam memori mereka. Drama ini tampak menampilkan cerita dan isu yang menarik. Namun, pencapaian rating tertinggi drama ini tidak lebih dari 3,6% dan menjelang akhir episodenya pernah meraih 1,7% dari rating rata-rata secara nasional.

8. She Would Never Know (2021).

drama Korea raih rating rendah berbagai sumber

foto: imdb.com

She Would Never Know merupakan drama Korea yang mengisahkan orang-orang yang bekerja di bagian pemasaran sebuah perusahaan kosmetik. Di sekelompok orang tersebut, ada Yoon Song-ah (Won Jin ah) dan Chae Hyun-seung (Rowoon). Walaupun hadir dengan cerita yang menarik, drama ini gagal meraih rating tinggi dan hanya bertahan pada rating rata-rata sebesar 1,8% dari seluruh penayangannya.

9. Reflection Of You (2021).

foto: imdb.com

Reflection Of You merupakan drama Korea yang diangkat dari novel karya penulis Jung So-hyeon. Drama ini mengisahkan Jeong Hee-joo ( Go Hyun-jung ) mengalami masa sulit selama masa mudanya, tetapi menjadi pelukis dan penulis esai yang sukses. Selain itu, Ahn Hyeon-seong (Choi Won-young), suaminya merupakan seorang kaya yang berkuasa. Walaupun tak bahagia, kehidupan keluarga ini rapuh dan Hee-joo merasa kesepian. Sampai suatu ketika ia bertemu dengan Gu Hae-won (Shin Hyun-been) yang hidup biasa-biasa saja, tapi punya semangat yang tinggi menjalani hari-harinya. Walaupun menghadirkan cerita yang menarik, drama ini pun hanya meraih rating yang tak terlalu tinggi. Drama ini hanya berhasil 3,6% saat pertama kali tayang dan pencapaian tersebut merupakan capaian tertinggi yang tak bisa diulangi sampai penayangan terakhir.

10. Lovely Horribly (2018).

foto: imdb.com

Lovely Horribly hadir dengan genre horor yang mengisahkan Philip (Park Si-hoo) dan Eul-soon (Song Ji-hyo) yang menulis sebuah naskah drama. Namun, hal misterius mulai terjadi persis seperti apa yang mereka tulisan dalam naskah drama. Drama ini awalnya sempat meraih rating tinggi sampai 6% pada episode 9 dan 10. Namun, memasuki episode 21, rating ini merosot dan benar-benar merosot hingga 1% pada episode 25 dan 26. Sampai episode terakhir sebanyak 32 episode, drama ini hanya menghasilkan rating rata-rata sebanyak 3,3% dari seluruh capaian penayangannya.

11. Manhole (2017).

foto: imdb.com

Manhole mengisahkan Bong Pil (Kim Jae-joong), seorang pria yang meramal nasibnya sendiri dan melakukan perjalanan ke masa lalu. Setelah itu, Bong Pil kemudian kembali lagi ke masa depan secara berulang-ulang. Ia memiliki tujuan untuk menghentikan pernikahan Kang Soo-jin (Uee) gadis pujaannya yang akan menikah seminggu lagi. Melalui perjalanan waktu tersebut, Bong Pil mencoba untuk mengubah takdir gadis pujaan hatinya tersebut. Walaupun hadir dengan kisah yang menarik, drama Korea ini hanya meraih rating rata-rata tak lebih dari 2,7% dari seluruh total tayangan selama 16 episode.