Brilio.net - Setelah meraih pendapatan lebih dari USD 50 juta atau setara dengan Rp 665,7 miliar dalam tiga minggu, Dangal, dinobatkan sebagai film Bollywood terlaris sepanjang masa.

Film yang disutradarai oleh Nitesh Tiwari, dan dibintangi oleh aktor Bollywood Aamir Khan, yang berperan sebagai orang gemuk, sosok tua mantan pegulat ini tidak mengambil setting di Eropa atau Amerika, tempat favorit para filmmaker Bollywood. Tapi di pedalaman berdebu Haryana di India utara.

film dangal terlaris © 2017 brilio.net

Dalam waktu tiga hari sejak rilisnya, film yang mengangkat cerita nyata atlet gulat India itu sukses mencatat pemasukan Rs 106 crore atau setara dengan Rp 212 miliar. Bahkan beberapa kritikus memprediksi Dangal akan menjadi trend baru di dunia perfilman Bollywood.

Film ini juga merupakan film terlaris sejak pekan pertama rilis di Amerika Utara. Rekor sebelumnya dipegang oleh film Aamir Khan lainnya, Dhoom 3. Dangal juga menjadi film India pertama yang mendapat pembukaan tertinggi di Australia, seperti yang dilansir brilio.net dari Indianexpress, Sabtu (14/1).

Loading...

film dangal terlaris © 2017 brilio.net

Dalam lima tahun terakhir Bollywood telah memproduksi cerita tentang para pahlawan olahraga India seperti atlet kriket, Azharuddin dan MS Dhoni, atlet sprinter Milkha Singh dan pemenang medali Olimpiade, petinju perempuan Mary Kom, yang diperankan oleh Priyanka Chopra. Tapi tak satu pun meraih posisi box office dan berhasil gemilang seperti film Dangal.

Dalam film ini, Aamir berperan sebagai Mahavir Singh Phogat, juara pegulat dari Haryana, yang telah keluar dari pekerjaannya di kota kecil untuk menjadi pelatih keempat putrinya, yang semuanya juara gulat.

film dangal terlaris © 2017 brilio.net

Putri sulungnya, Geeta Phogat pernah memenangkan medali emas pertama India di olahraga gulat di Commonwealth Games 2010.

Putri kedua Phogat, Babita Kumari, adalah peraih medali emas juga di Commonwealth Games. Putri ketiganya, Ritu Phogat telah memenangkan emas di Championship Wrestling Commonwealth pada tahun 2016. Keluarga pegulat pertama di India dan membuat cerita yang luar biasa.

Selain Aaamir Khan, filmini juga dibintangi oleh Sakshi Tanwar, Fatima Sana Shaikh, Sanya Malhotra, Zaira Wasim, Suhani Bhatnagar.

RECOMMENDED BY EDITOR