Brilio.net - Jakarta Film Week akan segera digelar oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta (Disparekraf) pada 18-21 November 2021 mendatang. Festival tersebut merupakan festival yang akan digelar dengan taraf internasional dengan menghadirkan para sineas film dari berbagai negara. Acara ini merupakan salah satu usaha untuk mendukung perkembangan film di Indonesia.

Festival Jakarta Film Week 2021 Festival Jakarta Film Week 2021

foto: Jakarta Film Week 2021

“Dengan mendukung industri film dan pelakunya lewat festival ini, Disparekraf DKI Jakarta menunjukkan langkah nyata mendukung ekonomi kreatif kembali bangkit pasca pandemi. Kami berharap ini bisa menjadi momentum untuk menguatkan lagi industri perfilman, karena industri film di Indonesia merupakan salah satu potensi industri film yang besar di dunia,” ungkap Gumilar Ekalaya, Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, saat peluncuran yang digelar hari Rabu (25/8) secara daring.

Harapannya, Jakarta Film Week menjadi wadah untuk memperkuat daya saing film Indonesia di pentas Internasional. Selain itu, Jakarta Film Week juga ingin mengajak para sineas untuk beradaptasi dengan berbagai tantangan. "Ini sebagai upaya bersama membangun kembali industri film,” tambah Rina Damayanti, Direktur Festival Jakarta Film Week.

Festival Jakarta Film Week akan hadir dengan dua program utama. Pertama, festival ini seperti banyak festival di berbagai negara, akan memutar film-film yang lolos kurasi tim festival. Selain itu, yang kedua, festival ini juga menjadi ajang kompetisi dan nonkompetisi bagi film yang lolos kurasi.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jakarta Film Week (@jakartafilmweek)

 

Dalam ajang kompetisi, para sineas akan memperebutkan tiga penghargaan bergengsi yang ada di festival tersebut. Global Feature Award (penghargaan film panjang internasional terbaik), Direction Award atau (penghargaan film panjang Indonesia terbaik) dan Global Short Award (penghargaan film pendek internasional terbaik).

Selain itu, festival Jakarta Film Week akan memberikan pelatihan kepada para profesional yang akan terjun dalam industri film. Pelatihan tersebut, akan diisi oleh narasumber berpengalaman di industri film internasional.