Brilio.net - Masyarakat Indonesia lekat dengan karya sinematografi Korea. Booming K-Drama buktinya. Melihat fenomena itu, Starvision bekerja sama dengan CJ Entertaiment membuat sebuah film yang mengadaptasi dari film Korea yang pernah sukses, Miss Granny, saat itu meraih 8,7 penonton.

Miss Granny versi Indonesia ini berjudul Sweet 20. Meski komentar miring muncul, namun film bergenre komedi keluarga, yang skenarionya ditulis Upi yang sekaligus menjabat sebagai produser kreatif ini, memiliki keunikan karena nuansa lokalnya.

"SWEET 20 adalah film pertama saya yang saya tulis berdasarkan adaptasi dari film asing. Awalnya saya ragu, karena saya terbiasa menulis cerita saya sendiri. Tapi Pak Parwez meyakini saya untuk mencoba menonton film aslinya yang dibuat di Korea, judulnya Miss Granny. Setelah menonton film itu saya terkesan sekali," ujar Upi dalam siaran pers yang brilio.net terima, Jumat (16/6).

Sutradara film SWEET 20 Ody C Harahap mengatakan, film ini merupakan sebuah karya dari hati yang gembira dari para pembuatnya. Ide cerita yang menarik dan mengandung nilai universal yang baik, akan sangat bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

Ia juga mengungkapkan ini merupakan pengalaman pertamanya membuat sebuah film remake dari film Korea (Miss Granny) yang sukses. Dan Original Miss Granny (Korea) telah di remake di beberapa negara dan berhasil menjadi box office movie di China dan Vietnam. Ia pun sempat mwrasa terbebani untuk menggarap film ini.

"Beban utama dalam membuat remake film adalah dibandingkannya hasil film yang kita buat dengan film original serta film remake lain yang telah berhasil," jelasnya.

Film yang akan tayang pada 25 Juni 2017 mendatang ini akan dibintangi sejumlah artis papan atas, seperti Tatjana Saphira, Morgan Oey, Kevin Julio, Slamet Rahardjo, Niniek L Karim, Lukman Sardi, Cut Mini, Widyawati Sophiaan, Alexa Key, Tika Panggabean, Nina Kozok, Ardit Erwandha, Tommy Limmm, Febby Rastanty, Vicky Nitinegoro, Karina Nadila, Barry Prima, Rina Hasyim, Rima Melati, Henky Solaiman, McDanny, Erick Astrada, Randhika Jamil, Joe P Project, Chrissie Vanessa, Rudy Wowor, Regina Rengganis, Paulina Silitonga, dll.

Film ini mengisahkan tentang seorang nenek yang tinggal bersama putranya yang merupakan seorang dosen, menantu dan dua orang cucu. Nenek Fatmawati selalu membanggakan Aditya, sampai suatu hari ia mengetahui akan dikirim ke panti jompo. Hal yang membuatnya sangat terpukul dan pergi dari rumah.

Di perjalanan ia melihat studio foto “Forever Young”, dan berniat mengambil foto untuk di pemakamannya kelak. Namun setelah berfoto Fatmawati berubah menjadi 50 tahun lebih muda, dan kembali berusia 20 tahun.

Fatmawati pun memulai kehidupan yang baru dan mengganti namanya menjadi Mieke, seperti nama artis idolanya Mieke Wijaya. Seiring berjalannya waktu, Mieke mendapat kesempatan untuk meraih mimpinya menjadi penyanyi, sesuatu yang tidak bisa dilakukannya pada saat muda dulu.

Keunikan Mieke muda dengan gaya bicara dan seleranya yang masih seperti nenek 70 tahun, justru membuat 3 pria jatuh hati padanya, seorang produser musik (Morgan Oey), cucu laki-lakinya, dan Hamzah (Slamet Rahardjo) yang mencintainya sejak sama-sama muda dulu.

Hingga suatu peristiwa terjadi, yang membuat Mieke harus memilih untuk melanjutkan kehidupan barunya, atau kembali menjadi Fatmawati.