Brilio.net - Di industri sinematografi, film-film Eropa dikenal nggak kalah keren dari produksi film Hollywood. Malah nggak jarang film Benua Biru itu justru mengungguli karya-karya sinema Negeri Paman Sam.

Wajar jika setiap tahun selalu dilangsungkan Festival Film Eropa atau yang sekarang dikenal dengan sebutan Europe on Screen (EOS). Tahun ini, Festival Film Eropa kembali digelar mulai 5-14 Mei 2017 di enam kota di Indonesia, Jakarta, Bandung, Denpasar, Medan, Surabaya dan Yogyakarta.

Festival Film Eropa 2017 © 2017 brilio.net

Nah, untuk penyelenggaraan yang masuk tahun ke-17 ini, penonton di Indonesia bakal terpuaskan dengan suguhan 74 film berkualitas karya sutradara film ternama asal Eropa sebagai menu utama. Oh ya, semua film diputar secara gratis lho.

“Film merupakan bagian penting dari budaya Eropa dan kami bangga mempersembahkan kepada penonton di Indonesia memalui festival ini. Film juga merupakan aset penting perekonomian Eropa,” kata Charles-Michel Geurts, Kuasa Usaha (Charge d'Affaires a.i.) Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia.

Festival Film Eropa 2017 © 2017 brilio.net

A PERFECT DAY-Spanyol

Festival ini merupakan inisiatif bersama para kedutaan besar dan pusat kebudayaan Eropa di Indonesia. Festival ini diselenggarakan di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1990, kemudian yang kedua pada tahun 1999. Sejak 2003, Festival ini mulai diselenggarakan setiap tahun di bawah slogan, “Europe on Screen”.

“Saya harap Festival ini dapat terus menjadi jembatan antar warga walaupun berbeda kepercayaan, pemikiran dan nilai-nilai. Festival ini juga menginspirasi penonton Indonesia untuk ikut mengembangkan industri film Indonesia sebagai aset budaya yang penting dengan potensi kreatif yang luar biasa,” ujar Charles.

Festival Film Eropa 2017 © 2017 brilio.net

LONDON HAS FALLEN-Inggris

Nah, film-film yang disuguhkan dalam festival ini bukan karya sembarangan ya. Menurut Direktur Festival EOS 2017, Orlow Seunke, ada banyak film berkualitas yang sengaja dipersembahkan untuk penonton di Indonesia.

Ada film-film pemenang penghargaan, antara lain Festival Film Berlin, Penghargaan Oscar, Golden Globe dan Film Eropa Terbaik 2016. “Semua film menghibur. Semua pemutaran film gratis,” katanya.

Festival Film Eropa 2017 © 2017 brilio.net

HERE IS HAROLD-Norwegia

Penyelenggaraan FFE 2017 terbagi dalam tiga segmen utama, yaitu Xtra (18 film box office Eropa), Discovery (23 film), dan Docu (16 film).

Pada malam pembukaan festival, EOS 2017 mempersembahkan film “A Perfect Day”, film komedi-drama tahun 2015 asal Spanyol karya sutradara Fernando Leon de Aranoa. Sedangkan malam penutupan akan menampilkan film “Here is Harold”, film komedi-drama Norwegia karya sutradara Gunnar Vikene.

Festival Film Eropa 2017 © 2017 brilio.net

BALIK JAKARTA-Jerman

EOS 2017 juga akan menyajikan pula segmen khusus yang terdiri dari enam film retrospektif (tiga film Alfred Hitchcock dan tiga film Luis Bunuel) dan 11 film yang akan diputar dalam acara layar tancap. Semua film dilengkapi subtitle dalam Bahasa Indonesia.

Sejak lima tahun lalu, festival ini berupaya mendukung bakat dan visi kreatif para sutradara pemula Indonesia. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini EOS mengundang tiga produser Eropa dan satu aktor untuk berbagi ilmu dan pengalaman mereka melalui kuliah di SAE Film School Jakarta.

Festival Film Eropa 2017 © 2017 brilio.net

JULIETA-Spanyol

Untuk jadwal dan tempat penayangan film Europe on Screen 2017, klik di sini. Jadi jangan sampai ketinggalan ya.

Nih trailernya :

 

RECOMMENDED BY EDITOR