Brilio.net - Bagi para penikmat film Tanah Air, tentu sudah tidak sabar untuk menyaksikan film Ziarah. Ya, pada Sabtu (13/5) Gala Premier Film Ziarah telah digelar. Namun, berbeda dengan acara premier film lainnya yang biasa diadakan di bioskop, Gala Premier Film Ziarah ini justru digelar di puncak Gunung Gambar, Gunungkidul.

Acara premier itu dibuat pemutaran terbatas dengan konsep layar tancap di puncak Gunung Gambar. Selain BW Purba Negara selaku sutradara dan para kru yang hadir, Mbah Ponco Sutiyem selaku pemeran utama juga hadir di pemutaran Sabtu kemarin.

gala premier film ziarah © 2017 brilio.net

Melalui siaran pers, kehadiran Mbah Ponco menjadi daya tarik dan sudah dinanti warga dan beberapa rekan media yang hadir. Banyak warga yang ingin meminta foto bersama dengan simbah, yang mendapat nominasi aktris terbaik di ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA), Mei 2017 lalu.

"Aku merasa senang sekali filmnya sudah selesai dan bisa diputar. Dari awal ketika ditawarkan bermain dalam film ini, keinginanku agar cucu buyutku bisa melihat dan mengingat diriku suatu saat nanti, ketika aku sudah meninggal lewat film ini,” tutur Mbah Ponco ketika sesi tanya jawab dengan media berlangsung.

gala premier film ziarah © 2017 brilio.net

“Sebelum diputar di bioskop, Ziarah akan diputar terlebih dahulu di tanah kelahirannya Gunung Kidul. Lokasi ini dipilih karena menjadi inspirasi dan kolaborasi yang menjadi pondasi. Tempat berproses bersama warga desa Pagerjurang dan Gunung Gambar selama kurang lebih 2 jam.” Jelas Bagus Suitrawan selaku co Producer Ziarah.

gala premier film ziarah © 2017 brilio.net

Film Ziarah sendiri bercerita tentang perjalanan Mbah Sri, seorang nenek berusia 95 tahun, yang mencari makam suaminya yang hilang pada zaman Agresi Militer Belanda ke-2. Tujuan perjalanan Mbah Sri ini sederhana saja, bahwa ia ingin dimakamkan di samping makam suaminya. Untuk menjawab rasa penasaran pecinta film Indonesia yang haus akan film-film berkualitas, Ziarah akan tayang di bioskop nasional mulai 18 Mei 2017 mendatang.