Brilio.net - Saat ini industri film telah berkembang secara pesat. Setiap tahun, ratusan film diproduksi dan ditayangkan di berbagai bioskop di seluruh dunia. Begitu pula di Indonesia, industri film Tanah Air juga terus bersaing di tengah banyaknya film luar negeri.

Sebelum film dirilis di bioskop, biasanya para pembuat film melakukan upaya promosi agar mendatangkan banyak penonton. Salah satu bentuk promosi yang sering dilakukan yakni menampilkan video trailer yang berisi cuplikan singkat mengenai film lewat internet. Tak jarang, para penonton tertarik menonton film usai melihat video trailernya.

Namun, apa jadinya kalau video trailer yang dirilis itu malah mendapat sambutan kurang mengenakkan dari penonton?

Seperti diketahui, sejumlah film Indonesia kadang menuai kontroversi tak lama usai video trailernya dirilis. Alasannya pun beragam, mulai dari isu sensitif hingga adanya dugaan plagiasi. Bahkan, kontroversi itu juga sering berujung pada ajakan memboikot film yang sejatinya belum diputar di bioskop.

Apa saja? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (20/9), berikut 7 film Indonesia yang menuai kontroversi usai video trailernya ditayangkan.


1. The Santri.

trailer film kontroversi istimewa

foto: YouTube/NU Channel



Baru-baru ini, lini masa media sosial tengah ramai memperbincangkan film berjudul "The Santri". Film yang disutradarai oleh Livi Zheng itu menuai banyak kritik dari berbagai pihak tak lama usai trailernya dirilis.

Sejatinya, film tersebut dipersiapkan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNI) untuk menyambut Hari Santri Nasional yang diperingati setiap 22 Oktober. Isi film yang dibintangi oleh Wirda Mansur itu dianggap tidak merepresentasikan kehidupan santri sebenarnya. Bahkan, ada yang menyebut film itu terlalu liberal.


2. Makmum.

trailer film kontroversi istimewa

foto: liputan6.com



Film horor yang diangkat dari film pendek berjudul Makmum juga sempat mendapat banyak kritikan usai trailernya ditayangkan. Sejumlah pihak menganggap film ini membuat orang tidak berani untuk salat sendirian.

Warganet pun banyak yang menyuarakan protes di media sosial. Mereka khawatir film ini membuat orang takut salat sendiri di malam hari. Meski demikian, kontroversi tersebut ditanggapi dengan santai oleh pembuat film. Penayangannya pun tetap sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan.


3. Dua Garis Biru.

trailer film kontroversi istimewa

foto: Instagram/@duagarisbirufilm



Tak lama usai trailer film Dua Garis Biru dirilis, film tersebut menuai banyak kontroversi. Bahkan, ancaman berupa pemboikotan ramai diperbincangkan di internet.

Film Dua Garis Biru dianggap dapat menjerumuskan anak muda untuk melakukan hubungan pacaran di luar batas. Meski sempat mendapatkan ancaman boikot, rumah produksi Starvision tetap memutuskan untuk menayangkan film sesuai dengan rencana awal.


4. Kucumbu Tubuh Indahku.

trailer film kontroversi istimewa

foto: YouTube/Fourcolours Films



Film karya Garin Nugroho berjudul Kucumbu Tubuh Indahku tak lepas dari kontroversi usai dirilis di YouTube pada September 2018 lalu. Film itu mendapat kecaman warganet karena dianggap mengampanyekan isu LGBT.

Bahkan, muncul petisi yang mengajak warganet untuk beramai-ramai memboikot film tersebut di Indonesia. Petisi itu ditujukan kepada Komisi Penyiaran Indonesia dan sudah ditandatangani lebih dari 53 ribu orang. Isinya tidak macam-macam, hanya imbauan untuk memboikot film itu.

Di sisi lain, film yang tayang di Indonesia pada 18 April lalu itu telah mendapat beberapa penghargaan internasional. Terbaru, film itu masuk dalam nominasi bergengsi Oscar tahun 2020.


5. Warkop DKI Reborn.

trailer film kontroversi istimewa

foto: Instagram/@falconpictures_



Seorang komika bernama Dudun Purbakala menulis tentang trailer Warkop DKI Reborn yang menurutnya bohong. Dalam artikel berjudul 'Warkop Reborn, Penonton tertipu: Trailernya Sopan, Filmnya Ada Pesan Pornografi' itu ditayangkan dalam salah satu forum media online.

Dalam tulisan tersebut, Dudun menyayangkan mengapa trailer film tersebut tidak mencerminkan isi yang sesungguhnya. Tulisannya tentang trailer tersebut langsung saja memunculkan polemik baru, bahkan tak sedikit warganet yang malah menghujat Dudun Purbakala.


6. Ruqyah: The Exorcism.

trailer film kontroversi istimewa

foto: wikipedia.org



Film yang dibintangi Celine Evangelista ini pun ternyata sempat dihujat warganet. Film ini berkisah tentang artis film bernama Asha yang kerasukan dan harus menjalani ruqyah. Belum pun filmnya dirilis pada 5 Oktober 2017, warganet malah menilai kalau Ruqyah mirip dengan film Hollywood The Last Exorcism pada poster dan film Munafik dari Malaysia untuk jalan ceritanya.

Apalagi ketika official trailernya dirilis di YouTube, komentar warganet pun hampir sama. Mereka menilai kalau film karya Jose Poernomo ini mirip dengan Munafik dari Malaysia.


7. Bid'ah Cinta.

trailer film kontroversi istimewa

foto: liputan6.com



Film Bid'ah Cinta karya Nurmah Hakim tak luput dari kritik sesaat setelah trailernya dirilis. Film yang tayang 16 Maret 2017 itu menceritakan Khalida yang diperankan Ayushita dan Kamal yang diperankan Dimas Aditya. Keduanya terbentur restu orangtua karena pandangan ajaran agama.

Gara-gara perbedaan itu, konflik pun meluas ke lingkungan sekitar. Beragam komentar negatif pun bermunculan usai trailer film tersebut diunggah di media sosial.

"Aku cukup kecewa, Indonesia kok mundur ke belakang, nggak hargai perubahan. Film ini bukan untuk mengundang kontroversi," ungkap Ayushita setelah mengetahui filmnya itu dihujat warganet.