1. Moxie (2021).

film Netflix diskriminasi sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

Moxie merupakan film Netflix kisah diskriminasi sosial di sebuah sekolah. Film ini mengisahkan seorang anak perempuan bernama Vivian Carter yang muak berhadapan dengan budaya seksis di sekolahnya.

Dalam cerita film ini, sang anak pun bercerita kepada ibunya yang ternyata sudah menentang konsep patriarki sejak umur 16 tahun. Film ini cocok ditonton untuk melihat bagaimana konsep patriarki ditentang dan kemudian menciptakan budaya baru yang lebih berkeadilan tanpa memandang gender seseorang.

2. Two Distant Strangers (2020).

film Netflix diskriminasi sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

Two Distant Strangers merupakan film Netflix kisah diskriminasi sosial yang terjadi pada Carter James, seorang desainer kulit hitam. Saat itu, ia bertemu dengan Merk, petugas NYPD kulit putih yang mengintrogasi dirinya. Merk bertanya-tanya apakah Carter sedang merokok dan ingin menggeledah tasnya. Menolak tindakan tersebut, Carter berusaha keras agar ia bisa selamat dari polisi yang ingin melakukan hal jahat kepadanya. Film ini menampilkan bagaimana diskriminasi sosial kepada orang kulit hitam yang terjadi di New York, Amerika Serikat.

3. Tout Simplement Noir (2020).

film Netflix diskriminasi sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

Tout Simplement Noir merupakan film Netflix kisah diskriminasi sosial yang mengisahkan JP, seorang aktor gagal berusia empat puluhan yang sedang mengembangkan gagasan untuk mengorganisir pawai besar pria kulit hitam di Paris. Hal ini dilakukan untuk memprotes kurangnya perwakilan orang kulit hitam di masyarakat dan di media.

Karena itu, untuk mendukung proyek ini, JP mencoba bertemu dengan tokoh-tokoh berpengaruh dari komunitas kulit hitam, seperti komedian Fary dan Ric Judor, rapper Soprano dan Joey Starr atau mantan pesepakbola Vikash Dhorasoo, serta aktivis seperti Brigade Anti-Negrophobia. Setelah melakukan berbagai perundingan, pesta pawai tersebut bisa terselenggara dan warga kulit hitam mendapatkan tempat untuk dihormati sebagai sesama manusia.

4. All Day and a Night (2020).

film Netflix diskriminasi sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

All Day and a Night merupakan film Netflix kisah diskriminasi sosial yang dialami oleh Jahkor Lincoln (Ashton Sanders), seorang calon rapper saat tiba di penjara. Ia akhirnya menjalani hukuman seumur hidup untuk pembunuhan yang dilakukannya. Ia merenungkan kembali hari-hari sebelum penangkapan dan keadaan masa kecilnya untuk menemukan petunjuk untuk masa depan. Hingga kemudian ia sadar bahwa warga kulit hitam di Amerika Serikat mengalami diskriminasi panjang dan sering kali dikesampingkan secara sosial.

5. See You Yesterday (2019).

film Netflix diskriminasi sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

See You Yesterday merupakan film Netflix kisah diskriminasi sosial yang mengisahkan perjalanan waktu dua orang remaja Afrika-Amerika, C J Walker (Eden Duncan-Smith) dan Sebastian Thomas (Dante Crichlow). Mereka sedang menciptakan mesin waktu yang akan membawa mereka ke masa lalu atau ke masa depan. Saat mencoba untuk mengubah peristiwa masa lalu, mereka akhirnya akan menghadapi konsekuensi berbahaya dari perjalanan waktu.