Brilio.net - Penggemar anime dan manga pasti sudah tak asing lagi dengan Naruto. Setelah 15 tahun, kisah Naruto akhirnya tamat dan dilanjutkan oleh Boruto.

Meski demikian, pembahasan mengenai anime Naruto tetap menjadi topik yang menarik. Berbagai ulasan mengenai Naruto pun masih sering muncul dalam fandom-fandom penggemar anime.

Berlatar dunia ninja, anime Naruto selalu menyajikan pertarungan yang seru. Selalu ada musuh-musuh kuat yang muncul dalam setiap episode. Kemampuan karakter musuh ini pun tak bisa dianggap remeh. Ada yang berhadapan dengan Naruto dan ada pula yang dihadapi tim shinobi lain.

Meski ditempatkan dalam posisi musuh, namun karakter-karakter ini punya basis fans yang besar lho. Apalagi dengan karakter yang memutuskan percaya pada Naruto dan menjadi teman.

Sudah bisa menebaknya? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (25/2), berikut sembilan musuh terkuat dalam anime Naruto.

1. Sasori.

musuh naruto istimewa

foto: naruto.fandom.com

Terkenal dengan sebutan 'Dewa Boneka', Sasori menguasai jutsu boneka yang mematikan. Pertarungannya dengan Sakura pun berlangsung sengit. Dalam tiga episode berturut-turut, penonton bisa menyaksikan betapa Sakura kewalahan menghadapi Sasori.

Scene di mana Sasori bertarung dengan nenek Chiyo juga cukup berkesan. Sebagai pengasuh dan orang pertama yang mengajari Sasori jutsu boneka, kisah keduanya juga memilukan. Ketika merenggang nyawa, Sasori mendekap dua boneka yang ia anggap sebagai kedua orangtuanya.

2. Hidan.

musuh naruto istimewa

foto: naruto.fandom.com

Masih dari anggota Akatsuki, Hidan juga karakter kuat yang sulit untuk mati. Ia bisa tetap hidup meski kepala dan tubuhnya terpisah. Hidan juga termasuk petarung jarak dekat yang tangguh.

Kemunculan Hidan yang melawan Shikamaru juga cukup menegangkan. Dengan kekuatan Hidan yang besar, Shikamaru pun mulai memutar otak. Ia pun menguburkan kepala Hidan di dalam tanah. Meski masih belum mati, namun Shikamaru berhasil membuat Hidan tak bisa menguasai tubuhnya sendiri.

3. Kakuzu.

musuh naruto istimewa

foto: animated.fandom.com

Kakuzu merupakan rekan dari Hidan. Ia juga memiliki kekuatan yang menakjubkan. Kakuzu memiliki lima jantung yang membuatnya hidup abadi. Ia mendapatkan jantung itu dari setiap shinobi yang berhasil dibunuh. Menariknya lagi, Kakuzu juga punya elemen berbeda pada setiap jantungnya.

4. Kisame.

musuh naruto istimewa

foto: naruto.fandom.com

Kisame merupakan satu dari tujuh pendekar pedang legendaris Kirigakure. Pedang yang ia gunakan adalah Samehada, pedang terkuat di antara lainnya.

Pedang ini memiliki duri-duri yang menyeramkan dan bisa menyerap cakra lawannya. Dalam anime, pertarungan Kisame dengan Guru Guy juga berlangsung seru dan menegangkan.

5. Nagato Pain.

musuh naruto istimewa

foto: naruto.fandom.com

Penggemar Naruto tentu masih ingat dengan invasi Pain yang membuat Konoha porak-poranda. Dalang di balik semua kekacauan tersebut adalah Nagato. Sama seperti Naruto, Nagato juga murid dari sannin legendaris Jirayya.

Sebenarnya Nagato hanya korban perang yang kehilangan kepercayaan pada dunia ninja. Karena itulah, Nagato ingin memusnahkan dunia dan menciptakan kedamaian. Namun setelah bertemu dengan Naruto, Nagato pun sadar dan mempercayakan mimpinya pada Naruto.

Kematian Nagato pun bisa dibilang bukan karena bertarung dengan Naruto. Namun karena kehabisan cakra setelah memilih mengembalikan keadaan Konoha seperti semula.

6. Orochimaru.

musuh naruto istimewa

foto: naruto.fandom.com

Selanjutnya ada Orochimaru, satu dari tiga sannin legendaris setelah Jirayya dan Tsunade. Sejak kemunculan awalnya di Naruto, Orochimaru digambarkan sebagai sosok yang licik dan cerdas. Ia sering melakukan percobaan dan penasaran dengan jutsu-jutsu terlarang. Kemampuannya dalam ninjutsu juga tak perlu diragukan.

Meski mengalami banyak pertarungan, Orochimaru tetap bisa lolos. Bahkan hingga saat ini pun, Orochimaru tetap hidup di anime Boruto. Ia bahkan menciptakan anak buatan yang kini menjadi teman setim Boruto, yakni Mitsuki.

7. Obito.

musuh naruto istimewa

foto: naruto.fandom.com

Pada seri awal Naruto, banyak yang penasaran dengan sosok bernama Tobi. Muncul berbagai spekulasi bahwa Tobi adalah Madara. Namun belakangan baru terungkap bawa, Obito lah sosok yang berada di balik topeng tersebut.

Obito sendiri merupakan ninja yang dahulu satu tim dengan Kakashi. Mata sharingan yang dimiliki Kakashi ternyata juga pemberian dari Obito kecil yang kala itu tertimpa batu besar. Siapa sangka, setelah kejadian itu, Obito masih hidup dan muncul dalam perang dunia ninja.

Lantaran berasal dari klan Uchiha, Obito mampu menguasai mangekyo sharingan. Ia juga bisa memanggil Kuchiyose Gedo Mazo. Meski sempat dipengaruhi Madara, namun Obito berhasil disadarkan oleh Naruto. Ia berbalik membantu Naruto untuk memenangkan perang.

8. Madara.

musuh naruto istimewa

foto: naruto.fandom.com

Madara bisa dibilang sebagai pendiri desa Konoha selain Hashirama Senju. Perannya dalam mencipatakan sistem di desa Konoha juga patut diperhitungkan. Namun setelah kematian sang adik, Madara menjadi sosok yang jahat.

Ia membangkitkan mata mengekyo sharingan, eternal mangekyo, hingga rinnegan. Karena kemampuannya itu, Madara bisa mengaktifkan kembali Mugen Tsukuyomi.

9. Kaguya.

musuh naruto istimewa

foto: naruto.fandom.com

Melanjutkan kisah di mana Madara mengaktifkan Mugen Tsukuyomi. Akhinya, Kaguya yang tersegel pun muncul di tengah perang. Kaguya merupakan dewa sekaligus nenek moyang dari seluruh cakra di dunia.

Dahulu ia tiba di bumi dan menikah dengan manusia. Namun karena kehebatannya, Kaguya dianggap membahayakan manusia. Ia pun kembali memulai dunia baru. Dari pernikahannya, Kaguya mendapatkan dua anak yakni Hagoromo dan Hamura. Sebagai sosok dewa yang kuat, Kaguya juga menurunkan kemampuan Kekkei Genkai pada keturunannya.

Nah, Kaguya juga musuh terkuat yang muncul di anime Naruto. Untuk melawannnya, Naruto dan Sasuke harus bekerja sama dan menggabungkan kekuatan.

Reporter: Deta Jauda Najmah