Brilio.net - Kaido adalah sosok pria paruh baya yang dikenal sebagai salah satu Yonko yang menguasai lautan. Dia dikenal sebagai kapten bajak laut Beasts, binatang buas karena hampir seluruh anggota penting bajak laut tersebut memakan buah iblis atau buah setan yang dibuat Vegapunk. Karena bukan buah iblis asli, maka saat orang lain memakannya, menimbulkan efek samping pada perubahan mereka.

Kaido pertama kali disebut oleh Monkey D. Grap, kakek Luffy, saat berada di Water 7. Selain itu, ia juga disebut oleh Gecko Moria saat Kaido berhasil mengalahkannya.

Kaido merupakan sosok di balik kesuksesan Kurozumi Orochi merebut Wano dari warisan Kozuki Oden. Orochi pun menjadi shogun Wano dan Kaido menjadi tangan kanannya. Walaupun sebenarnya Orochilah yang diperalat oleh Kaido yang menggunakan Wano sebagai negeri uji coba eksperimen buatan Kaido.

Kali ini, pertempuran Kaido melawan aliansi Topi Jerami semakin seru. Apalagi, saat Momonosuke sudah menjadi naga besar yang menjadi saingan perubahan naganya. Namun, tak banyak hal yang diketahui tentang Kaido selain hal-hal kecil yang tampil dalam manga maupun serial anime One Piece.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (24/9), berikut 9 kisah tersembunyi tentang Kaido, Yonko terkuat di serial One Piece.

1. Desain Kaido berubah beberapa kali.

Kisah tersembunyi tentang Kaido berbagai sumber

foto: onepiece.fandom.com

Setelah dinyatakan kemunculannya dalam arc Enies Lobby, sosok Kaido masih misterius. Ia sempat terlihat dalam siluet dan beberapa kali dalam materi promosi. Namun, penampilan Kaido saat ini di Wano, jauh sekali berbeda dengan versi pertama kali ia muncul. Hal ini tentu saja merupakan andil Eiichiro Oda, selaku penulis dan ilustrator manga One Piece.

Salah satu prediksi yang memungkinkan adalah bahwa Oda membentuk Kaido dari banyak bentuk yang berbeda-beda untuk menunjukkan kemampuan bereinkarnasi dengan Naga Zoannya yang sering kali diremehkan bajak laut lain.

2. Bentuk naga Kaido bukan mitos.

Kisah tersembunyi tentang Kaido berbagai sumber

foto: onepiece.fandom.com

Buah Zoan yang membuat Kaido berubah menjadi naga biru raksasa membuatnya punya kemampuan luar biasa. Dalam serial One Piece, ada beberapa tipe buah iblis tipe Zoan selain punya Kaido. Namun, punya Kaido dianggap sebagai tipe yang lahir bukan dari mitos. Ia dianggap benar-benar ada dan didasarkan pada Naga Timur dalam mitologi tentang Wano.

3. Kaido dan cerita rakyat Jepang.

Kisah tersembunyi tentang Kaido berbagai sumber

foto: imdb.com

Kaido dalam beberapa kesempatan disebut sebagai bagian dari cerita rakyat dan budaya benua Asia. Mulai dari desain Tsuna ikat pinggangnya, tongkat raksasa yang ia gunakan mirip dengan kelompok Oni di Jepang kuno, dan keseluruhan Wano hanyalah beberapa dari banyak referensi ke Asia.

Selain itu, Kaido juga dikaitkan dengan Shuten-Doji sosok iblis Jepang dalam cerita rakyat. Shuten-Doji adalah pimpinan Oni Jepang yang mengambil kekuasaannya dengan paksa dan suka minum sake. Sosoknya yang bagai raksasa yang membuatnya semakin mirip dengan Kaido. Shuten-Doji akhirnya dikalahkan oleh sekelompok samurai hebat yang menggunakan penyamaran untuk dapat menyelinap ke sarang tempat tinggalnya dan mengajaknya bertarung. Mirip sekali dengan kelompok Samurai Sarung Pedang Merah dalam One Piece.

4. Kaido si maniak sake.

Kisah tersembunyi tentang Kaido berbagai sumber

foto: onepiece.fandom.com

Dalam serial One Piece, salah satu kebiasaan Kaido adalah minum sake, minuman beralkohol di Jepang. Kaido selalu terlihat memegang minuman tersebut kapan pun dan di mana pun berada. Bahkan, saat pertarungan genting pun, ia selalu minum sake dan menikmatinya. Kaido sering kali menghabiskan berbotol-botol sake saat sedih, senang, dan kehidupan sehari-harinya dengan jumlah botol sake yang tidak masuk akal jika diminum oleh manusia biasa.

5. Kaido hanya memilih yang terkuat untuk menjadi kru.

Kisah tersembunyi tentang Kaido berbagai sumber

foto: imdb.com

Setiap kapten bajak laut punya tradisi yang berbeda untuk mengangkat kru barunya. Seperti Luffy hanya mencari orang-orang menonjol yang karena menjadi teman baik sekaligus anggota krunya. Sedangkan Gecko Moria mencari bawahan terbaik untuk membantu membuat Shadow Army-nya dan melakukan semua pekerjaan untuknya.

Sementara Kaido hanya memilih orang yang dianggapnya terkuat yang akan menjadi anggota bajak lautnya. Baginya, tidak masalah jika anggota tersebut adalah kru bajak laut lain dan pernah mencoba membunuhnya. Jika orang tersebut enggan bergabung, maka ia akan memasukkannya ke penjara. Hal itu ia anggap sebagai sebuah penghormatan atas kekuatan yang dimiliki orang tersebut.

6. Keluarga kecil untuk pria besar.

Kisah tersembunyi tentang Kaido berbagai sumber

foto: imdb.com

Setiap Yonko punya filosofi tersendiri untuk keluarganya. Big Mom dengan keluarga besarnya mewakili arti keluarga dan persahabatan. Sementara Shanks rambut merah mewakili kebebasan dan romantisme, dan Blackbeard mewakili Keserakahan dan sisi jahat Kebebasan. Sementara Kaido sendiri mewakili segala bentuk. Hal ini tampak saat Linlin, Big Mom dan kaido bertemu dalam perjamuan. Linlin dengan keluarga besarnya yang memiliki 85 anak, sementara Kaido hanya punya Yamato dan itu tidak mau menuruti perintah dan bahkan melawannya.

7. Dendam kesumat Gecko Moria.

Kisah tersembunyi tentang Kaido berbagai sumber

foto: imdb.com

Gecko Moria dan Kaido pernah bertemu di Arc Thriller Bark dan pertarungan mereka disebut sebagai salah satu pertarungan legendaris. Pertempuran tersebut dimenangkan Kaido dan berhasil membunuh seluruh pasukan Gecko Moria. Kekalahan tersebut membuat Gecko punya dendam kesumat dan ingin membunuh Kaido.

8. Manusia miskin senyum.

Kisah tersembunyi tentang Kaido berbagai sumber

foto: onepiece.fandom.com

Kaido dikenal oleh kru dan lawannya sebagai orang yang miskin senyum. Setiap kali senyum muncul, senyum tersebut bisa menjadi malapetaka. Selain itu, jika tidak dalam keadaan tersenyum, maka Kaido akan selalu terlihat cemberut dengan kening berkerut.

9. Digambarkan sebagai bukan manusia.

Kisah tersembunyi tentang Kaido berbagai sumber

foto: imdb.com

Penggambaran Kaido dengan postur tubuh raksasa membuatnya mirip dengan iblis dalam cerita rakyat Asia. Selain itu, tanduk di kepalanya itu disebut mirip dengan Oars dan dapat membuatnya berubah menjadi naga. Beberapa prediksi menyebut bahwa Vegapunk melakukan kesalahan saat menciptakan Kaido saat ia melakukan eksperimen.

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR