Brilio.net - Setelah film Eternals berhasil dirilis di Indonesia pada 10 November 2021, karakter-karakter yang terlibat dalam film tersebut menjadi perbincangan. Mulai para Eternals seperti Thena yang diperankan Angelia Jolie atau juga Sersi yang diperankan oleh Gemma Chan. Selain para superhero Eternals tersebut, dalam film ini juga tampak sosok Celestial, dewa luar angkasa yang disebut sebagai pencipta Eternals, sekaligus pencipta Deviants sebagai rivalnya.

Celestial merupakan ras alien yang dijuluki sebagai Space Gods karena dianggap bertanggung jawab atas evolusi berbagai peradaban di alam semesta. Mereka juga merupakan entitas kosmik yang berperan besar di semesta Marvel. Dalam komik, Celestials pernah mengunjungi Bumi beberapa kali setiap beberapa ribu tahun. Tercatat sudah empat kali Celestial berkunjung dan melakukan eksperimen kepada manusia bumi. Merekalah yang bertanggung jawab atas terciptanya golongan ras manusia seperti Eternals, Deviants, dan Mutants.

Walaupun sudah banyak diceritakan dalam versi komik, ada banyak rahasia yang belum terungkap tentang Celestial yang ternyata bukan sebagai satu entitas saja. Para Celestial terdiri dari sepuluh dewa yang masing-masing punya kekuatan yang berbeda.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Kamis (11/11), berikut 9 Kisah tersembunyi Celestial, dewa luar angkasa pencipta Eternals.

1. Pencipta Eternals.

Kisah tersembunyi Celestials berbagai sumber

foto: imdb.com

Eternals diciptakan Celestials sebagai usaha untuk mempercepat evolusi manusia dalam beberapa kehidupan terpilih di bumi. Hal ini lalu membuat para Eternals memiliki kekuatan kosmik yang hampir sama. Karena itu, Celestials disebut sebagai para dewa yang telah memiliki andil dalam kehidupan manusia seperti para Eternals.

2. Pencipta Deviants.

Kisah tersembunyi Celestials berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Walaupun dikenal sebagai pencipta superhero Eternals, Celestials juga dikenal sebagai pencipta Deviants, yang kelak akan menjadi musuh para Eternals dan juga superhero yang lain. Para Deviants ini merupakan produk genetik Celestials yang lain dan tampil dengan fisik yang mengerikan. Selain juga berbahaya, para Deviants bersifat merusak dan berambisi untuk menaklukkan bumi.

3. Asal-usul yang masih misteri.

Kisah tersembunyi Celestials berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Walaupun dikenal sebagai pencipta Eternals, nyatanya asal-usul Celestials masih berkabut misteri. Belum ada satu pun yang memecahkan misteri tersebut dan mengungkapkan asal dari dewa luar angkasa ini. Dalam komik seri The Ultimates pada 2017, diungkapkan bahwa Celestials berasal dari Cakrawala Pertama atau yang disebut The First Firmament, yakni makhluk yang pertama kali ada dalam jagad semesta Marvel.

4. Ada sepuluh jenis Celestials.

Kisah tersembunyi Celestials berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Seperti halnya Eternals, Celestials juga terdiri dari sepuluh dewa yang berbeda. Di antara sepuluh Celestials tersebut, yang terkuat adalah One Above All. Namun, nama tersebut punya perbedaan jelas dengan The One Above All yang disebut sebagai penggambaran Tuhan dalam komik Marvel.

5. Arishem Sang Hakim.

Kisah tersembunyi Celestials berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Arishem dikenal sebagai salah satu dari Celestials punya kuasa yang cukup besar. Ia bertugas untuk menentukan sebuah planet bisa lanjut hidup atau dimusnahkan saja. Karena itu, Arishem menjadi salah satu dewa luar angkasa yang cukup ditakuti di semua jagad galaksi.

6. Skrull diciptakan oleh Celestials.

Kisah tersembunyi Celestials berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Skrulls adalah salah satu kerajaan intergalaksi paling kuat di alam semesta Marvel sekaligus nama dewa penghuninya. Skrull seperti Bumi, yang juga mengalami evolusi kuno dan dimanipulasi oleh Celestial. Bersama Eternals dan Deviants, Skrull juga hidup di bumi dan saling memburu satu sama lain. Skrull menjadi salah satu penjahat super yang menjadi lawan Eternals.

7. Knowhere, kepala Celestial.

Kisah tersembunyi Celestials berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Knowhere pertama muncul dalam komik Guardians Of The Galaxy, kepala Celestial yang melayang di luar angkasa. Knowhere berfungsi sebagai hub intergalaksi. Walaupun Knowhere tampak sebagai salah satu tempat Celestials, tetapi rahasia besar tentang asal-usul Celestials sendiri masih menjadi misteri.

8. Franklin Richards dari Fantastic Four akan mengalahkan Celestial.

Kisah tersembunyi Celestials berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Walaupun disebut sebagai makhluk yang memiliki kekuatan kosmik yang cukup kuat, masih ada celah untuk mengalahkan dewa luar angkasa tersebut. Suatu waktu, Franklin dewasa datang dari masa depan untuk memperingatkan versi masa kini tentang malapetaka yang akan datang dari Mad Celestials. Franklin, yang memiliki kekuatan pemutarbalikan realitas yang dapat menciptakan seluruh alam semesta, mampu menangkis The Mad Celestials dan bahkan membawa Galactus untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya.

9. Menjadi Dark Celestial.

Kisah tersembunyi Celestials berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Celestial bukan monolit dan rentan terhadap pengaruh. Mereka muncul di awal alam semesta yang berlawanan dengan makhluk yang dikenal sebagai Horde. Horde menginfeksi beberapa Celestial, menjadikan mereka Dark Celestials, versi jahat yang memburu dan membunuh jenis mereka sendiri.

The Dark Celestials membawa perang mereka ke Bumi di Avengers #5 dan #6 pada 2018. Saat Celestial yang tersisa melawan Horde, sebuah wahyu besar terungkap yang menyatakan bahwa Celestial memelihara Bumi secara khusus untuk melihat apakah obat infeksi Horde akan berkembang dari eksperimen yang mereka lakukan pada manusia purba.