Brilio.net - Peacemaker tampil pertama kali di semesta DC Ekstended Universe dalam film The Suicide Squad (2021) bersama Harley Quinn dan kawan-kawannya lainnya dalam sebuah tim pasukan berani mati. Dalam film tersebut, Peacemaker hanya dilengkapi senjata pistol dengan penampilan topeng unik yang ternyata adalah sebuah helm.

Peacemaker merupakan karakter alter-ego dari Christopher Smith, seorang pencinta perdamaian yang mau berkorban apa saja. Bahkan, Smith rela melakukan hal yang dianggap salah secara moral karena prinsip tersebut.

Seperti halnya karakter DC yang lain, Peacemaker juga memiliki persoalan mental yang membuatnya memiliki emosi yang cenderung tidak stabil. Hal ini membuatnya sering dihantui perasaan bersalah dan bahkan sering berhalusinasi tentang orang-orang yang pernah dibunuhnya di masa lalu.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (22/9), berikut 9 kisah menarik Peacemaker, anggota Suicide Squad yang cinta perdamaian.

1. Bukan karakter buatan DC.

Kisah menarik Peacemaker berbagai sumber

foto: imdb.com

Peacemaker awalnya bukan karakter yang murni diciptakan oleh DC Comics. Ia memulai debutnya sebagai tim spionase dalam Fighting #5 produksi Charlton Comics pada 1966. Namun, rumah produksi tersebut kemudian mati pada pertengahan 1980-an dan DC memperoleh karakter tersebut dan menampilkannya dalam empat miniseri pada 1988. Karakter tersebut sama halnya seperti Plastic Man, Captain Atom, Blue Bettle, dan The Spirit yang juga tidak murni dibuat oleh DC Comics.

2. Bertentangan dengan ayahnya sendiri.

Kisah menarik Peacemaker berbagai sumber

foto: imdb.com

Peacemaker sebagai alter-ego dari Christopher Smith tidak bisa akur dengan Wolfgang Schmidt, ayahnya sendiri. Ayahnya merupakan seorang komandan SS Nazi di kamp konsentrasi Schlasa di Polandia selama Perang Dunia Kedua. Smith terus-menerus berusaha untuk membersihkan dirinya dari kekuatan jahat yang berasal dari kebencian dan rasa malu terhadap pilihan ayahnya sendiri. Bahkan, pikiran tentang ayahnya tersebut membuatnya sering berhalusinasi dan seperti mengalami masalah kesehatan mental.

3. Spesifikasi teknis helm yang dipakainya.

Kisah menarik Peacemaker berbagai sumber

foto: imdb.com

Dari penampilannya, helm Peacemaker adalah helm sekaligus yang menjadi topeng. Helm tersebut bisa mengacak sinyal musuh dan memancarkan frekuensi ultrasonik. Helmnya tersebut juga memiliki sensor yang dapat mendeteksi sinyal jarak jauh di sekitarnya.

4. Latar belakang sebagai siswa yang sangat baik.

Kisah menarik Peacemaker berbagai sumber

foto: imdb.com

Smith merupakan siswa yang cerdas di sekolah dengan keunggulan di bidang akademik dan bola basket. Kegemarannya pada bola basket juga didukung oleh postur tubuhnya yang relatif tinggi dan kekar. Namun, saat ia mulai tumbuh dewasa, Smith sering menggertak teman sekelasnya sampai ia dikeluarkan dari sekolah. Setelah itu, pada usia 18 tahun, Smith mendaftarkan diri di Angkatan Darat Amerika Serikat saat Perang Vietnam. Ia pun terlibat dalam pembunuhan sewenang-wenang terhadap warga sipil tak berdosa di Vietnam Selatan. Tindakan tersebut dinilai sebagai pembantaian dan Smith dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Ketakutan terburuknya menjadi kenyataan dan ia malah menjadi seperti ayahnya sendiri.

5. Keluar dari penjara.

Kisah menarik Peacemaker berbagai sumber

foto: imdb.com

Setelah dua tahun menjalani masa hukuman, Smith mendapatkan tawaran tempat dalam program militer rahasia berlabel The Peacemaker Force. Smith dilatih di sebuah pangkalan di Nevada. Smith bersama delapan narapidana militer lainnya diampuni dan harus menjadi peacemaker atau juru perdamaian. Salah satu tujuan utama program ini adalah untuk memerangi terorisme di Timur Tengah dan menjadi penebusan Smith di bawah identitas baru yang dibawanya, The Peacemaker.

6. Punya fantasi ekstrem.

Kisah menarik Peacemaker berbagai sumber

foto: imdb.com

Smith yang sedari awal punya persoalan mental, membuatnya selalu dibayangi oleh hal-hal yang menjadi imajinasinya. Menurut laporan psikolog militer Dr. Bridgette D'Abo dalam miniseri 'Peacemaker', Smith selalu mencari teroris yang bisa ia bunuh. Bahkan, perasaan semacam itu muncul saat ia tidak lagi di lokasi perang. Laporan tersebut menyatakan bahwa Smith selalu menciptakan musuh dalam pikirannya dan ia akan mengejar target tersebut dengan pikiran tunggal dan menakutkan. Salah korban imajinasinya adalah dua orang bernama Harry Stein dan Vigilante, yang dikejar dan dibunuhnya di Amerika. Selain itu, Smith percaya bahwa helm yang ia gunakan untuk menjadi Peacemaker menyimpan banyak roh jahat.

7. Menjadi inspirasi bagi The Comedian.

Kisah menarik Peacemaker berbagai sumber

foto: imdb.com

Sosok Peacemaker menjadi inspirasi karakter lain dalam dunia DC Comics. Inspirasi tersebut diceritakan melahirkan The Comedian alias Edward Blake. Keduanya adalah sama-sama tahanan militer yang kemudian menjadi tentara Amerika Serikat di Vietnam dan sama-sama terlibat dalam pembunuhan massal di negara tersebut.

8. Pernah punya kostum seperti Boba Fett, Star Wars.

Kisah menarik Peacemaker berbagai sumber

foto: imdb.com

Dalam sebuah seri 'Kingdom Come' karya Alex Ross, Peacemaker pernah tampil dalam kilas balik bersama pahlawan Charlton lainnya melawan penjahat super seperti Parasite. Dalam adegan tersebut, Peacemaker memakai kostum yang berbeda. Helm yang ia gunakan bukan lagi seperti topeng, melainkan menutupi seluruh kepala dan disebut lebih mirip dengan Boba Fett yang menutupi seluruh kepalanya.

9. Serial solo Peacemaker akan segera dirilis.

Kisah menarik Peacemaker berbagai sumber

foto: imdb.com

Pada Agustus 2020, James Gunn mulai menggarap naskah serial solo Peacemaker karena merasa bosan di rumah dalam jangka waktu yang lama karena pandemi. Serial solo ini pun sudah melakukan proses syuting pada 15 Januari sampai 11 Juli 2021. Peacemaker direncanakan segera dirilis secara eksklusif di HBO Max pada Januari 2022.