Brilio.net - Para pemeran utama One Piece live action sudah dirilis Netflix dan membuat para penggemar manga-anime ini menyambutnya dengan antusias. Hal ini tentu saja menjadi hal yang patut dirayakan setelah dua puluh tahun lebih menjadi salah satu manga-anime terpopuler di seluruh dunia.

Seperti yang dikisahkan dalam manga-anime, One Piece merupakan kisah bajak laut yang menjelajahi dunia untuk mencari harta karun yang disebut One Piece. Salah satu karakter utama yang menjadi inti cerita ini adalah Monkey D. Luffy. Luffy dikenal sebagai kapten bajak laut yang urakan dan bertindak semaunya. Sebab, baginya, hal itulah yang disebut kebebasan. Walaupun begitu, ia adalah kapten yang bertanggung jawab kepada semua kru anggotanya.

Karakter yang akan diperankan oleh Inaki Godoy ini, memakan buah iblis bernama Gomu-Gomu. Hal ini kemudian membuat dirinya menjadi manusia karet dengan kekuatan luar biasa, tetapi sekaligus melumpuhkan kemampuan berenangnya di dalam air. Luffy selalu terlibat dalam perang-perang besar, walaupun tidak selalu bisa menang melawan musuh-musuhnya. Karena itu, penampilan Luffy versi live action tidak boleh dilewatkan yang diperkirakan rilis pada musim panas, tepatnya 22 Juli 2022 dan bertepatan dengan ulang tahun ke-25 dari debut manga seri tersebut.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (13/11), berikut sembilan kisah menarik Monkey D. Luffy, si kapten bajak laut di One Piece.

1. Bisa mendengar suara apa pun.

Kisah menarik Monkey D. Luffy berbagai sumber

foot: Twitter/@NetflixID

Kekuatan yang mampu mendengar suara apa pun disebut dengan The Voice of All Things. Kekuatan tersebut hanya dimiliki oleh beberapa orang dalam dunia One Piece seperti Luffy, Roger, dan Momonosuke. Kemampuan tersebut membuat Luffy bisa memahami ucapan hewan purba. Salah satu contoh Luffy menggunakan kemampuan ini adalah di Pulau Manusia Ikan, ketika dia dapat mendengar Raja Laut kembali di busur Pulau Manusia Ikan.

2. Anggota klan "D".

Kisah menarik Monkey D. Luffy berbagai sumber

foto: onepiece.fandom.com

Klan D merupakan klan yang menggerakkan cerita dalam serial One Piece. Ia digambarkan sebagai musuh alami Tuhan atau dewa yang disebut Naga Langit. Naga Langit adalah keturunan raja yang haus kekuasaan, yang menguasai dunia delapan ratus tahun yang lalu. Sejak itu, mereka mempertahankan kekuasaan mereka dari "Abad Kekosongan". Keluarga garis keturunan D kembali ke luar Abad Kekosongan, dan Luffy adalah salah satu pembawa nama modern.

3. Pencari kebebasan.

Kisah menarik Monkey D. Luffy berbagai sumber

foto: funimation.com/One Piece

Keinginan Luffy untuk menjadi bajak laut tak lepas dari peranan Shanks yang pernah bertemu Luffy saat mereka bertepi di kampung Luffy, Desa Fuusha, sebuah desa kincir angin kecil di Pulau Dawn. Luffy kemudian terinspirasi dari kehidupan bajak laut tersebut yang mencari kebebasan ke mana pun dan ia ingin menjadi bajak laut seperti Shanks. Selain itu, setelah kabar Gold D Roger tersebar di segala penjuru, Luffy kemudian memutuskan untuk menjadi raja bajak laut dan memulai perjalanannya.

4. Menjadi ancaman pemerintah dunia.

Kisah menarik Monkey D. Luffy berbagai sumber

foto: funimation.com/One Piece

Setelah menjadi bajak laut dan berhasil mengalahkan musuh-musuh penting, Luffy menjadi salah satu bajak laut yang diburu oleh Pemerintah Dunia. Walaupun peran bajak laut Topi Jerami tidak seperti bajak laut lainnya, Pemerintah Dunia masih memburunya dan mengecap seluruh Topi Jerami sebagai bajak laut yang berbahaya. Selain itu, target utama Luffy untuk mencari One Piece juga menjadi alasan mengapa Pemerintah Dunia selalu memburunya. Sebab, rahasia besar Pemerintah Dunia ada di harta karun yang diburu banyak bajak laut tersebut.

5. Bukan klan D biasa.

Kisah menarik Monkey D. Luffy berbagai sumber

foto: funimation.com/One Piece

Luffy sama sekali bukan karakter biasa. Ia adalah manusia karet yang tidak bisa berenang dan bercita-cita menjadi Raja Bajak Laut. Luffy adalah karakter yang cukup aneh sehingga orang banyak orang yang bisa langsung akrab dan percaya menjadi aliansi dari bajak lautnya.

Ciri-ciri unik yang melekat pada dirinya seperti narkolepsi atau gangguan tidur kronis yang menyebabkan kantuk luar biasa di siang hari, karisma alami, keterampilan kepemimpinan, nafsu makan yang kuat dan, yang paling penting, kegemaran untuk tersenyum dalam menghadapi kematian.

6. Punya cara sendiri untuk merekrut anggota.

Kisah menarik Monkey D. Luffy berbagai sumber

foto: Toei Animation

Setiap Kapten Bajak Laut di One Piece punya karakter yang berbeda dan hal ini mengarah pada strategi perekrutan yang berbeda pula. Beberapa kru hanya mencari pria kuat, sementara yang lain menginginkan anggota yang memiliki keterampilan yang berguna. Dalam gaya khas Luffy, ia menciptakan kriteria anehnya sendiri yang bermuara pada "Saya Luffy. Saya pikir kamu keren, bergabunglah dengan kru saya." Luffy tampaknya memiliki mata luar biasa yang dapat melihat bakat semua anggota krunya dengan keahlian mereka sendiri.

7. Struktur tubuh.

Kisah menarik Monkey D. Luffy berbagai sumber

foto: Toei Animation

Berkat buah iblis bernama Gomu-Gomu, tubuh Luffy menjadi seperti karet yang bisa memanjang sesuka hatinya. Bahkan, tulang dan otot di dalam tubuhnya pun ikut elastis. Dengan elastisitas karet ini, ia dapat meregangkan bagian-bagian tubuhnya dan meningkatkan kemampuan tarungnya melawan musuh. Teknik ini kemudian berhasil membuat Luffy menjadi salah satu bajak laut berbahaya di East Blue.

8. Berlatih di Pulau Rusukaina.

Kisah menarik Monkey D. Luffy berbagai sumber

foto: onepiece.fandom.com

Setelah Kepulauan Sabaody dihancurkan oleh Bartolomeo Kuma, seluruh kru Topi Jerami berpencar di berbagai tempat. Mereka semua menghabiskan waktu selama dua tahun untuk melatih kemampuan diri dan memastikan lebih kuat dari sebelumnya.

Luffy melatih kemampuannya di Pulau Rusukaina. Pulau tersebut merupakan sebuah pulau di Calm Belt yang berada di barat laut Amazon Lily. Pulau ini dikenal dengan iklim cuaca yang keras dan memiliki empat puluh delapan musim setahun yang berubah hampir setiap minggu.

Di pulau ini, Luffy dilatih oleh Silvers Rayleigh, salah satu petinggi di bajak laut Gold D Roger. Selain itu, Luffy harus bertarung setiap hari melawan lima ratus lebih binatang buas. Di pulau inilah, Luffy bisa menguasai haki dewa yang ada di dalam tubuhnya.

9. Kekuatan berbahaya Luffy.

Kisah menarik Monkey D. Luffy berbagai sumber

foto: Toei Animation/One Piece

Tampak secara visual, tubuh Luffy tak seseram tubuh bajak laut lain yang tampil dengan tubuh kekar dan juga besar. Namun, hal ini tidak menghalangi Luffy untuk menjadi bajak laut terkuat. Selain itu, ia juga mahir dan terus melatih kekuatan haki yang dapat menjadi kekuatan terbesarnya saat bertarung melawan musuhnya. Hal ini terlihat saat Luffy melatih kekuatan Haki barunya di Wano dan cukup ampuh melawan musuhnya, termasuk melawan Kaido.