Brilio.net - Maya Lopez merupakan salah satu superhero yang punya keterkaitan erat dengan Daredevil. Dalam seri Hawkeye yang tayang pada 24 November 2021 mendatang, ia muncul untuk pertama kalinya di Marvel Cinematic Universe (MCU). Kali ini, ia akan menjadi salah satu superhero yang berkolaborasi dengan Hawkeye dan juga Kate Bishop. Dalam seri Disney ini, karakter Maya Lopez akan diperankan oleh Alaqua Cox.

Maya Lopez atau saat berubah menjadi superhero disebut sebagai Echo, merupakan anak angkat dari Kingpin, salah satu penjahat super yang akan menjadi musuh Spider-Man. Hal ini membuat keterkaitan superhero Marvel akan semakin luas dan juga kompleks.

Selain itu, Maya Lopez merupakan superhero tuli kedua yang muncul dalam MCU setelah Mikkari di Eternals. Hal ini tentu saja menjadi kabar baik terkait keberagaman karakter yang ada di MCU.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, berikut 9 kisah menarik Maya Lopez, ronin pertama Marvel debut di seri Hawkeye.

1. Pertama muncul di Daredevil.

Kisah menarik Maya Lopez berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Walaupun memulai debut di MCU baru di seri Hawkeye, Maya Lopez dalam versi komik sudah muncul di Daredevil #9 pada 1999. Awalnya, ia merupakan musuh dari Man Without Fear, tetapi di kemudian hari menjadi sekutu dan bahkan bagian dari superhero.

2. Dibesarkan oleh Kingpin.

Kisah menarik Maya Lopez berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Ketika Crazy Horse, ayah Maya Lopez meninggal dunia, salah satu wasiatnya adalah meminta Kingpin untuk merawat anaknya. Permintaan tersebut dipenuhi oleh Kingpin yang dikenal sebagai salah satu penjahat super dan dikenal sebagai salah satu musuh Spider-Man yang belum muncul di MCU. Walaupun begitu, Kingpin merawat Maya Lopez seperti putrinya sendiri. Namun, saat Kingpin ingin menggunakan Maya Lopez untuk menyerang Daredevil, hubungan ayah angkat dan anak tersebut berakhir buruk. Maya Lopez pun melepaskan diri dari belenggu tersebut, walaupun masih memandang Kingpin sebagai sosok ayah yang telah merawatnya.

3. Punya hubungan spesial dengan Matt Murdock.

Kisah menarik Maya Lopez berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Walaupun awalnya menjadi musuh Daredevil alias Matt Murdock, Maya Lopez tanpa diduga jatuh cinta dan perasaan tersebut bersambut. Mereka pun akhirnya pacaran walaupun saat berubah menjadi superhero kadang kala berlainan arah. Saat identitas Daredevil diketahui oleh Maya Lopez, ia pun mengungkapkan rahasia besar siapa Kingpin sebenarnya.

4. Pernah hampir membunuh Daredevil.

Kisah menarik Maya Lopez berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Saat Maya Lopez berubah menjadi Echo, ia memburu Daredevil di seluruh Hell's Kitchen, saat mereka pertama kali mereka bertemu. Saat itu, Maya Lopez belum tahu siapa sosok di balik Daredevil. Maya Lopez menyerang dengan brutal dan hampir membunuh Daredevil. Namun, saat ia tahu bahwa Daredevil adalah Matt Murdock, ia pun menghentikan serangannya dan segera menolong orang yang dicintainya tersebut.

5. Pernah menembak Kingpin.

Kisah menarik Maya Lopez berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Setelah mengetahui semua kejahatan Kingpin, Maya Lopez pun tak lagi bersikap baik dengannya. Maya Lopez marah besar dan menganggap Kingpin telah memanfaatkannya selama ini untuk kepentingannya. Ia pernah menembak wajah Kingpin dan membuat matanya buta. Walaupun Maya Lopez sudah sangat membencinya, tetapi Kingpin masih menganggap Maya Lopez seperti anak perempuannya sendiri.

6. Maya Lopez adalah rumah bagi Phoenix.

Kisah menarik Maya Lopez berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Selain bisa berubah menjadi Echo, Maya Lopez juga bisa berubah menjadi Phoenix. Phoenix membuatnya semakin kuat dan bahkan menjadi salah satu kekuatan terkuat dalam dunia Marvel. Selain itu, Phoenix membuatnya punya kemampuan terbang di udara dan bisa mengendalikan psikis orang lain.

7. Maya Lopez adalah ronin pertama di dunia Marvel.

Kisah menarik Maya Lopez berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Walaupun sosok ronin lebih dulu dikaitkan dengan Clint Barton sebagai Hawkeye, nyatanya, sosok tersebut lebih dulu disandang oleh Maya Lopez. Dialah orang pertama yang menggunakan nama dan kostum ronin. Selain itu, setelah bertemu dengan Kingpin kembali, Maya Lopez pun mengembangkan kemampuan tersebut untuk menghormati tradisi samurai Jepang.

8. Punya kemampuan reflek fotografi seperti Taskmaster.

Kisah menarik Maya Lopez berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Salah satu kemampuan Maya Lopez adalah reflek fotografinya yang seperti Taskmaster. Ia mampu menonton dan meniru, atau menggemakan, setiap tindakan yang dia lihat. Dengan menggunakan keterampilan ini, ia mampu menjadi atlet Olimpiade kelas dunia, pemain piano ahli, dan seniman bela diri yang sangat terampil. Selain itu, kekuatan ini pula yang membuatnya bisa mengalahkan Daredevil karena pernah melihat Daredevil bertarung dengan Bullseye.

9. Salah satu karakter superhero tuli di Marvel.

Kisah menarik Maya Lopez berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Setelah kemunculan Mikkari di Eternals sebagai superhero tuli, kali ini, Maya Lopez merupakan salah satu di antara disabilitas tuli yang muncul di MCU. Bahkan, dalam seri Hawkeye, ia bersama Clint Barton yang juga diprediksi mengalami masalah dengan pendengarannya.