Brilio.net - Korea memang terkenal dengan filmnya yang bergenre romantis. Meski demikian, film Korea juga menyajikan berbagai genre yang menegangkan seperti genre thriller, action, hingga horor. Pilihan genre tersebut banyak diminati karena bisa memicu adrenalin seseorang. Bahkan ada juga yang menjadikan film menegangkan sebagai terapi emosi.

Beberapa di antara film tersebut juga mengambil tema bencana dan wabah penyakit. Tujuannya tidak lain untuk mendapatkan gambaran suasana yang mencekam. Saat bencana terjadi, orang akan merasakan kepanikan yang tak terkendali. Bahkan ada kejadian-kejadian aneh yang kadang tak bisa diprediksi.

Karena itulah, lebih mudah untuk mengembangkan cerita tersebut ke dalam film dan membiarkan para penonton meresapi setiap kejadian. Nah, jika kamu termasuk orang yang menyukai film-film yang menegangkan, berikut 9 film Korea bertema bencana dan wabah penyakit, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (8/1).


1. Exit.

Film Korea Bertema Bencana © 2020 brilio.net

foto: asianwiki.com



Tayang pada Agustus 2019 lalu, Exit menjadi salah satu film terbaru Korea Selatan yang mengangkat tema bencana. Berpusat cerita pada tokoh Yongnam, ia bermaksud untuk merayakan ulang tahun ibunya yang ke-70 dan menyewa Convention Hall bernama Deream Garden.

Di sana, Yongnam juga bermaksud untuk menemui gadis yang sudah lama ia sukai yakni Eui-joo. Namun siapa sangka, terjadi ledakan dari mobil yang mengangkut gas beracun. Yongnam pun berusaha menolong dan mengevakuasi orang-orang di sekitarnya.


2. Train to Busan.

Film Korea Bertema Bencana © 2020 brilio.net

foto: asianwiki.com



Dibintangi oleh aktor Gong Yoo, Train to Busan berhasil menjadi film yang meraih jumlah penonton yang fantastis. Dalam film ini Gong Yoo berperan sebagai Seok-woo.

Dikisahkan Seok-woo akan mengantarkan sang putri menemui ibunya yang akan di Busan dengan menggunakan kereta. Namun, ketika sudah di dalam kereta, ternyata ada wabah zombie yang menyerang para penumpangnya.


3. Pandora.

Film Korea Bertema Bencana © 2020 brilio.net

foto: asianwiki.com



Film Pandora juga mengangkat film bencana yakni gempa bumi. Film ini berpusat cerita pada tokoh Jae-hyoek yang diperankan oleh Kim Nam-gil. Ia adalah seorang pegawai di pembangkit listrik nuklir.

Saat gempa bumi, ledakan besar pun terjadi. Di tengah kepanikan atas bencana, Jae-hyoek justru harus kembali ke tempatnya bekerja untuk mencegah ledakan nuklir yang akan terjadi lagi.


4. Deranged.

Film Korea Bertema Bencana © 2020 brilio.net

foto: asianwiki.com



Film Deranged juga mengangkat tema bencana berupa wabah penyakit. Korban yang terjangkit akan mengalami rasa haus yang tak tertahankan. Mulanya, terdapat rekaman CCTV yang memperlihatkan orang-orang melompat ke Sungai Han.

Seorang detektif bernama Jae-pil pun mencoba mengungkap kasus tersebut. Diguga hal itu disebabkan karena rasa haus yang berasal dari serangga parasit, hingga membuatnya ingin menenggelamkan diri di sungai. Korban pun terus berjatuhan. Akhirnya Jae-pil bekerja sama dengan salah seorang petugas farmasi bernama Jae-hyuk untuk mengatasi wabah penyakit tersebut.


5. The Tunnel.

Film Korea Bertema Bencana © 2020 brilio.net

foto: asianwiki.com



Film Tunnel yang rilis pada tahun 2016 ini berpusat cerita pada tokoh Lee Jung-soo yang diperankan oleh Jung Woo-ha. Dikisahkan Jung-soo terjebak di terowongan yang rubuh.

Saat itu ia dalam perjalanan pulang untuk menemui anaknya yang sedang berulang tahun. Saat itu, ia hanya membawa tiga benda yakni telepon genggam, kue ulang tahun, dan air mineral. Film ini akan memperlihatkan bagaimana usaha Jung-soo untuk terus bertahan hidup di bawah reruntuhan.


6. The Tower.

Film Korea Bertema Bencana © 2020 brilio.net

foto: asianwiki.com



The Tower mengisahkan tentang seorang pria yang hendak menyelamatkan keluarganya dari bencana. Saat itu, keluarganya sedang berada di dalam gedung bernama Tower Sky yang dilanda kebakaran.

Orang-orang yang berada di dalam gedung terus meminta pertolongan dan mencoba bertahan hidup. Film yang rilis pada 2012 ini dibintangi oleh Son Ye-jin dan Kim Sang-kyung.


7. The Flu.

Film Korea Bertema Bencana © 2020 brilio.net

foto: asianwiki.com



Selanjutnya ada film The Flu yang mengisahkan tentang menyebarnya wabah penyakit dari sekelompok imigran gelap. Mereka telah menularkan virus mematikan dan menjatuhkan banyak korban.

Mengetahui dampak tersebut, pemerintah pun menggalakkan karantina bagi orang yang diindikasi terjangkit virus. Sementara itu ada seorang pemadam kebakaran dan dokter yang berusaha menemukan obat dari virus tersebut.


8. Asfall.

Film Korea Bertema Bencana © 2020 brilio.net

foto: asianwiki.com



Film Asfall mengisahkan tentang bencana yang diakibatkan oleh letusan Baekdu, gunung tertinggi di Korea Selatan. Demi mencegah bencana, terbentuklah tim yang terdiri dari pakar peledak di Korea Selatan, yakni pejabat Korea Utara dan pakar geologi terkenal. Film ini juga menampilkan Bae Suzy yang berperan sebagai Choi Ji-young.


9. Haeundae / Tidal Wave.

Film Korea Bertema Bencana © 2020 brilio.net

foto: asianwiki.com



Rilis pada tahun 2009, Haeundae disebut-sebut sebagai film Korea pertama yang mengangkat tema bencana. Film Haeundae atau Tidal Wave mengisahkan tentang seseorang yang bertahan hidup kala terjadi Tsunami di Pantai Haeundae, Busan.

Film ini menayangkan banyak scene-scene yang akan menghadirkan suasana menegangkan dan mencekam. Kesuksesan film ini ditandai dengan berbagai penghargaan dari Blue Dragon Film Award dan Daejong Film Award.




Reporter: Deta Jauda Najmah