Brilio.net - Baru-baru ini, aktris Vicki Zhao atau Zhao Wei dicekal oleh pemerintah Tiongkok. Semua film dan serial serta segala hal terkait namanya dalam dunia hiburan dihilangkan.

Pada 2020, aktris yang berasal dari Tiongkok, China tersebut menjadi juru bicara merek fesyen mewah Italia Fendi's China dan menjadi salah satu aktris paling terkenal di China, yang telah terjerat dalam berbagai skandal selama bertahun-tahun. Skandal-skandal inilah yang membuat pemerintah Tiongkok mengambil tindakan tegas. Peristiwa tersebut membuat namanya ramai diperbincangkan di media sosial.

Di balik kontroversi tersebut, Vicki Zhao merupakan aktris senior yang sudah banyak memainkan peran dalam berbagai film maupun drama serial. Hal ini merupakan salah prestasi yang membuatnya dikenal banyak orang dan beragam karakter. Bahkan, ternyata ia pernah lebih dahulu memerankan karakter Mulan sebelum Liu Yifei, Mulan versi Disney hadir. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika menengok beberapa film yang pernah diperankan oleh Vicki Zhao.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Sabtu (4/9), berikut 9 film yang pernah diperankan oleh Vicki Zhao.

1. No.7 Cherry Lane (2019)

9 Film diperankan Vicki Zhao berbagai sumber

foto: imdb.com

No.7 Cherry Lane merupakan film animasi Hong Kong-Cina yang disutradarai oleh Yonfan dan animasi oleh Zhang Gang. Film animasi ini mengisahkan kehidupan Ziming, seorang sarjana Universitas Hong Kong yang jatuh cinta dengan seorang ibu Nyonya Yu dari Taiwan dan putrinya Meiling. Di balik kisah tersebut, film ini menyajikan beberapa adegan saat Hong Kong masuk dalam masa bergejolak pada 1967. Salah satu peran Vicki Zhao dalam film ini adalah perannya sebagai pengisi suara tokoh Meiling yang menjadi putri Nyonya Yu.

2. Two Tigers (2019)

9 Film diperankan Vicki Zhao berbagai sumber

foto: imdb.com

Two Tigers merupakan film drama komedi Cina yang diperankan oleh Ge You, Qiao Shan, dan Vicki Zhao. Film ini mengisahkan kisah kocak saat seorang jutawan diculik dan merampok beberapa ratus dolar. Namun, jutawan tersebut membujuk sang penculik untuk melakukan tiga hal dengan bayaran dua ratus juta dolar. Adapun ketiga hal tersebut adalah, pertama sang penculik harus mencari tahu bagaimana kabar mantan kekasihnya. Kedua sang penculik harus menyanyikan lagu masa kecil berjudul "Two Tiger" di tebing kampung halaman tempat teman masa kecil jutawan bermain. Ketiga, sang penculik harus mengunjungi teman sekolah menengah jutawan yang sekarang buta dan jutawan merasa bersalah karena tidak membantunya ketika dia masih muda.

3. Three (2016)

9 Film diperankan Vicki Zhao berbagai sumber

foto: imdb.com

Three merupakan film aksi Hong Kong yang disutradarai oleh Johnnie To. Film ini dibintangi oleh Vicki Zhao, Louis Koo dan Wallace Chung. Film ini mengisahkan Shun (Wallace Chung), seorang preman yang ditembak oleh kepala polisi tepat di kepalanya karena miskomunikasi saat diinterogasi. Namun, saat peluru tersebut mau dikeluarkan dari kepalanya, ia menolak dengan alasan hak asasi manusia. Film ini mengisahkan perseteruan antara kantor polisi dan rumah sakit.

4. Lost in Hong Kong (2015)

9 Film diperankan Vicki Zhao berbagai sumber

foto: imdb.com

Lost in Hong Kong merupakan film drama komedi yang disutradarai oleh Xu Zheng. Film yang diperankan Vicki Zhao sebagai seorang istri dari Xu Lai (Xu Zheng) yang sudah terpisah selama 20 tahun. Film fokus pada pencarian Xu Lai untuk mencari orang yang dicintainya tersebut.

5. Hollywood Adventures (2015)

9 Film diperankan Vicki Zhao berbagai sumber

foto: imdb.com

Hollywood Adventures merupakan film aksi petualangan yang mengisahkan Jim (Huang Xiaoming) yang sangat ingin sekali melihat keindahan Hollywood. Impian tersebut akhirnya berhasil dan membawanya ke negeri impiannya tersebut. Sesampainya di Hollywood, ia bertemu dengan Jodi (Vicki Zhao) yang tak lain adalah pemandu wisatanya. Selain Jim, ada pula Sam Sam (Tong Dawei) yang juga satu pemandu wisata dengan Jodi. Ketiganya terlibat dalam cinta segitiga dan membawa kisah petualangan ini juga sebagai kisah romantis saat perjalanan.

6. Dearest (2014)

9 Film diperankan Vicki Zhao berbagai sumber

foto: imdb.com

Dearest merupakan film drama China yang diangkat dari kisah nyata penculikan anak. Peristiwa tersebut terjadi pada tahun 2009 dan membuat seorang anak Tien Peng, berumur tiga tahun harus berpisah jauh dengan bapak-ibunya yang sudah bercerai. Namun, setelah tiga tahun pencarian, anak tersebut tidak juga ditemukan. Suatu ketika, ada yang mengaku pernah melihat seorang anak yang mirip dengan ciri-ciri Tien Peng. Setelah kedua orang tuanya melihat langsung, anak tersebut memang anaknya yang selama ini dinyatakan hilang. Dalam film ini, Vicki Zhao berperan sebagai Li Hong Qin, ibu asuh yang telah merawat Tien Peng bersama Ji Fang, anak perempuan lainnya.

7. Painted Skin: The Resurrection (2012)

9 Film diperankan Vicki Zhao berbagai sumber

foto: imdb.com

Painted Skin: The Resurrection merupakan film drama fantasi kolosal yang mengisahkan kejadian 500 tahun lalu. Dalam peristiwa tersebut, diceritakan tentang siluman rubah yang menyelamatkan manusia. Namun, pertolongan tersebut ternyata berbuah pelanggaran kepada siluman rubah. Film ini mengisah obsesi siluman rubah untuk menjadi manusia sehingga membuatnya selalu berbuat baik dan bahkan jatuh cinta kepada manusia.

8. LOVE (2012)

9 Film diperankan Vicki Zhao berbagai sumber

foto: imdb.com

LOVE mengisahkan drama percintaan yang disutradarai oleh Doze Niu. Film yang dibintangi oleh Vicki Zhao ini mengisahkan berbagai jenis hubungan. Mulai hubungan keluarga, teman, kekasih, rekan kerja, dan juga hubungan antara orang asing yang sama sekali tidak saling kenal. Melalui tiga subplot dari delapan karakter yang terjalin, pasang surut cinta, apa yang ditawarkan cinta dan apa yang harus diambil cinta, film ini menunjukkan situasi relatif di mana cinta dapat bertahan.

9. Mulan: Rise of a Warrior (2009)

9 Film diperankan Vicki Zhao berbagai sumber

foto: imdb.com

Pada 2020, Mulan garapan Disney dirilis dan berhasil mengundang banyak penonton. Namun, ternyata, sembilan tahun sebelumnya pernah juga tayang film yang mengisahkan tokoh serupa. Mulan: Rise of a Warrior merupakan film tentang Mulan yang digarap oleh Jingle Ma. Mulan diperankan oleh Vicki Zhao dengan gaya yang amat berbeda dengan Mulan yang tampil dalam edisi Disney. Ia tampil seperti prajurit kerajaan dengan seragam perang.