Brilio.net - Film Hollywood sering kali membuat film menggunakan teknologi CGI. Walaupun bukan hal sebenarnya, teknologi tersebut menampilkan tayangan yang hampir terlihat nyata dan membuat banyak penonton kagum. Hal ini dapat dilihat dari capaian ramainya penonton yang menonton film tersebut.

Selain itu, film yang menggunakan teknologi CGI bukan film murah, melainkan film yang berbiaya mahal. Hal ini dikarenakan banyak elemen dalam adegan film tersebut menggunakan teknologi CGI untuk capaian visual yang maksimal.

Walaupun begitu, dari sekian banyak film yang menggunakan teknologi CGI yang menghabiskan biaya tinggi, film tersebut juga meraih banyak keuntungan karena disambut oleh penonton di seluruh dunia. Bahkan, film-film tersebut meraih keuntungan tiga kali lipat dari modal yang dikeluarkan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (2/12), berikut sembilan film dengan efek CGI habiskan triliunan rupiah yang bikin penonton kagum.

1. The Avengers: Endgame (2019).

Film efek CGI mahal berbagai sumber

foto: imdb.com

The Avengers: Endgame merupakan sekuel dari Avengers Infinity War yang melanjutkan kisah pertempuran habis-habisan melawan Thanos. Apalagi, Thanos berhasil mendapatkan semua infinity stones dan memusnahkan 50% semua makhluk hidup di alam semesta.

Film-film superhero Marvel terkenal banyak menghabiskan biaya. Hal ini dikarenakan hampir semua adegan yang ada dalam film-film tersebut menggunakan efek visual CGI. Film The Avengers: Endgame menghabiskan biaya USD 356 juta atau sekitar Rp 5,1 triliun. Walaupun begitu, film ini berhasil menarik banyak perhatian penonton di seluruh dunia dan berhasil meraih box office dengan pendapatan USD 2,8 miliar atau sekitar Rp 40,1 triliun.

2. Superman Returns (2006).

Film efek CGI mahal berbagai sumber

foto: imdb.com

Film Superman Returns mengisahkan saat Superman kembali ke bumi setelah sekian lama di ruang angkasa untuk mencari sisa-sisa planet Krypton. Ia merindukan Lois Lane yang hidup bersama Richard White dan memiliki seorang putra.

Superman Returns merupakan film superhero keluaran DC Extended Universe yang banyak memakan biaya produksi dengan total anggaran bersih USD 204 juta atau sekitar Rp 2,9 triliun. Membengkaknya biaya tersebut karena sebagian besar adegan dalam film ini menggunakan efek CGI yang tidak murah. Bahkan, beberapa adegan terpaksa dihapus karena dianggap keluar dari konsep yang sudah dibuat. Walaupun begitu, film ini masih mengundang animo para penggemar Superman dan berhasil meraih box office dengan capaian USD 391,1 juta atau Rp 5,6 triliun.

3. Spider-Man 3 (2007).

Film efek CGI mahal berbagai sumber

foto: imdb.com

Walaupun trilogi Spider-Man yang disutradarai Sam Raimi menjadi film terlaris Spider-Man, tetapi film ketiga dari garapannya tersebut merupakan film Spider-Man yang menghabiskan banyak biaya. Dalam film ketiga ini, Spider-Man melawan musuh yang hampir membuatnya kalah seperti Venom dan Sandman.

Hampir semua pertarungan tersebut diproduksi menggunakan CGI dan menghabiskan biaya produksi sebesar USD 258 juta atau Rp 3,6 triliun. Walaupun dinilai kurang baik oleh para kritikus film, Spider-Man 3 berhasil menggaet banyak penggemar Spider-Man di seluruh dunia. Film ini berhasil meraih pendapatan sebesar USD 894,9 juta atau sekitar Rp 12,8 triliun.

4. Pirates Of The Caribbean: On Stranger Tides (2011).

Film efek CGI mahal berbagai sumber

foto: imdb.com

Pirates Of The Caribbean: On Stranger Tides merupakan film keempat dari seri film Pirates Of The Caribbean. Dalam film ini, dikisahkan Kapten Jack Sparrow berlayar dalam misi untuk mencari air mancur legendaris. Ia pun harus melawan Barbossa, seorang wanita misterius dari masa lalunya, dan Blackbeard, bajak laut yang amat ditakuti banyak orang.

Film yang diperankan Johnny Depp sebagai Kapten Jack Sparrow ini menelan biaya yang besar sekitar USD 378,5 juta atau sekitar Rp 5,4 triliun untuk efek yang dihasilkan dengan menggunakan teknologi CGI. Walaupun begitu, film ini berhasil meraih kesuksesan di seluruh dunia dan menghasilkan keuntungan sebesar USD 1,05 miliar atau sekitar Rp 14,9 triliun.

5. Avatar (2009).

Film efek CGI mahal berbagai sumber

foto: imdb.com

Film Avatar disebut sebagai puncak dari teknologi CGI yang digunakan dalam industri film Hollywood. Film yang disutradarai oleh James Cameron hampir seluruhnya menggunakan efek CGI. Film ini mengisahkan Jake, marinir lumpuh, menggantikan saudaranya untuk menempati Na'vi Pandora demi sebuah misi. Setelah diterima oleh para penduduk asli sebagai bagian dari mereka, ia harus memutuskan di mana kesetiaannya.

Film yang menampilkan para karakternya dengan warna biru ini menghabiskan biaya sebesar USD 237 juta atau sekitar Rp 3,3 triliun. Walaupun begitu, biaya besar dan kerja keras pembuatan film ini terbayar saat Avatar berhasil meraih box office di seluruh dunia. Total pencapaian tersebut membuat Avatar meraih keuntungan sebesar USD 2,9 miliar atau sekitar Rp 40,7 triliun.

6. The Hobbit: The Desolation Of Smaug (2013).

Film efek CGI mahal berbagai sumber

foto: imdb.com

The Hobbit: The Desolation Of Smaug mengisahkan Bilbo Baggins, si hobbit dari Shire, bersama para kurcaci dan Gandalf si penyihir, melanjutkan perjalanan petualangan mereka untuk merebut kembali Erebor, kerajaan kurcaci, dari Smaug si naga serakah. Film ini merupakan seri ketiga dari waralaba The Hobbit yang didasarkan dari novel The Hobbit karya JRR Tolkien.

Film yang disutradarai Peter Jackson ini hadir dengan efek CGI yang cukup kuat dan menghabiskan biaya yang cukup besar. Terutama untuk penampilan Benedict Cumberbatch sebagai seekor naga yang menggunakan teknologi tersebut. Karena itu, film ini menghabiskan biaya produksi sebesar USD 225 juta atau sekitar Rp 3,2 triliun. Sementara keuntungan film ini berhasil menembus sampai USD 959 juta atau sekitar Rp 13,7 triliun.

7. Transformers: The Last Knight (2017).

Film efek CGI mahal berbagai sumber

foto: imdb.com

Film Transformers: The Last Knight merupakan film kelima dari seri Transformers live action. Film ini banyak menampilkan robot alien yang dibuat dengan teknologi CGI dan menghabiskan biaya sebesar USD 217 juta atau sekitar Rp 3,1 triliun.

Film yang mengisahkan Quintessa yang memperdaya Optimus Prime agar pergi ke Bumi untuk mencari sebuah tongkat kuno. Cade, Bumblebee, dan pasukan Autobots pun berpacu melawan waktu untuk menemukannya makhluk tersebut sebelum malapetaka melanda bumi. Film ini berhasil meraih keuntungan di seluruh dunia sebesar USD 605,4 juta atau sekitar Rp 8,6 triliun. Hal ini membuat film ini menjadi salah satu terlaris kedua seri Transformers.

8. King Kong (2005).

Film efek CGI mahal berbagai sumber

foto: imdb.com

Film King Kong ini merupakan entri ke-8 dalam franchise King Kong sekaligus remake dari film yang pernah tayang pada 1993 dengan judul yang sama. Film ini mengisahkan Carl Denham yang nekat membawa timnya untuk syuting ke Skull Island. Tak diduga, sesosok gorila raksasa muncul dan mengacaukan rencana mereka. Diam-diam, Carl berniat membawa monster tersebut ke New York dan membawa King Kong raksasa tersebut keluar dari habitat aslinya.

Film ini berhasil membuat visual yang tampak nyata saat menampilkan sosok raksasa King Kong. Karena itu, film ini menghabiskan biaya sebesar USD 207 juta atau sekitar Rp 2,9 triliun. Walaupun begitu, film ini ternyata banyak disambut di berbagai negara di seluruh dunia dan berhasil tembus box office dengan raihan USD 562,3 juta atau sekitar Rp 8 triliun.

9. Alice In Wonderland (2010).

Film efek CGI mahal berbagai sumber

foto: imdb.com

Alice In Wonderland merupakan film yang terinspirasi dari novel Alice's Adventures in Wonderland karya fantasi Lewis Carroll. Film ini mengisahkan Alice yang berumur 19 tahun, dan kembali ke negeri ajaib Wonderland. Di tempat tersebut, teman-teman lamanya membuat dirinya sadar bahwa ia memang ditakdirkan untuk mengakhiri pemerintahan Ratu Merah yang jahat.

Selain kostum dan tata rias film ini tampil dengan luar biasa, efek visual dalam film ini tak kalah mengagumkan. Hal ini membuat film tersebut mengeluarkan biaya produksi yang cukup besar sekitar USD 200 juta atau sekitar Rp 2,8 triliun. Namun, biaya produksi yang cukup tinggi tersebut berhasil dibayar atas capaian antusiasme penonton di seluruh dunia dan berhasil mencapai keuntungan sebesar USD 1,03 miliar atau sekitar Rp 14,6 triliun.

*

INFOGRAFIS FILM DENGAN EFEK CGI TERMAHAL © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS FILM DENGAN EFEK CGI TERMAHAL
© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan