Brilio.net - Film Bollywood tak pernah gagal mendapatkan banyak perhatian dari para penggemarnya. Selain menampilkan para bintang ternama dan rupawan, film-film Bollywood juga menunjukkan kebudayaan India yang terlihat meriah dengan berbagai tarian atau perayaan hari rayanya.

Selain itu, film Bollywood juga alur cerita tidak mudah ditebak, sehingga penonton selalu merasa penasaran dan penuh kejutan. Genre filmnya pun bermacam-macam, mulai dari drama, komedi, film pendek, hingga thriller.

Banyak pula film-film Bollywood yang mengangkat kisah nyata atau bersifat memberi kritik sosial pada kompleksitas kehidupan di India. Dengan kombinasi aktor, visual, dan jalan cerita yang menarik, terdapat beberapa film Bollywood yang mendapatkan rating tinggi dari Times of India, IMDB, dan Rotten Tomatoes.

Nah, berikut film-film Bollywood dengan rating tertinggi yang layak ditonton selama libur Lebaran, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (14/5).


1. 3 idiots (2009).

film Bollywood rating tertinggi © 2021 brilio.net

foto: imdb

 

Film yang dibintangi aktor kenamaan Aamir Khan ini mendapatkan banyak apresiasi dari para pengamat film dan penonton. Tokoh utama dalam film ini yaitu Rancho (Aamir Khan), Farhan (R Madhavan), dan Raju (Sharman Joshi) yang merupakan mahasiswa teknik.

Awalnya, Farhan dan Raju berusaha mencari Rancho, sahabat terbaik mereka yang kabarnya tak lagi terdengar setelah mereka lulus kuliah. Film yang berplot maju-mundur ini juga menceritakan kehidupan kuliah ketiganya dengan sangat kocak.

Rancho yang digambarkan sebagai mahasiswa jenius ini harus menemui berbagai masalah. Ia harus berhadapan dengan kehidupan kuliah yang penuh dengan tekanan, sistem pendidikan yang tidak benar-benar mengedukasi, persahabatan, dan cinta.

Selain Amir Khan, 3 idiots juga dibintangi oleh aktris cantik, Kareena Kapoor. Meskipun menceritakan tentang kehidupan kuliah, latar tempat film ini tidak hanya di kampus saja, tetapi juga daerah Ladakh yang sangat memanjakan mata.


2. Dangal (2016).

film Bollywood rating tertinggi © 2021 brilio.net

foto: imdb

 

Dangal diangkat berdasarkan kisah nyata dua pegulat perempuan, Babita Kumari (Sanya Malhotra) dan Geeta Phogat (Fatima Sana Shaikh) yang dididik dengan keras oleh sang ayah (Aamir Khan).

Awalnya, sang ayah yang pernah menjadi atlet gulat, sangat mendambakan kelahiran anak laki-laki. Akan tetapi, sang istri hanya melahirkan bayi perempuan hingga kelahiran anak ketiganya.

Frustrasi dengan harapannya, sang ayah pun mendidik kedua anak perempuannya untuk menjadi atlet gulat. Mereka dihadapkan dengan masyarakat India yang berpandangan kolot terhadap perempuan yang dididik dengan keras demi masa depannya.

Demi totalitas memainkan peran ayah Babita dan Geeta, Aamir Khan rela meningkatkan berat badannya hingga 28 kilogram. Hal tersebut membuatnya sulit bergerak, merasa cepat kelelahan, dan sempat hampir menyerah untuk mengembalikan bentuk tubuhnya seperti sediakala.


3. PK (2014).

film Bollywood rating tertinggi © 2021 brilio.net

foto: imdb

 

Film ini menceritakan tentang kedatangan alien, PK (Aamir Khan) ke bumi. Ketika tiba di bumi, radar milik PK berbentuk kalung dicuri oleh seseorang yang kemudian menjualnya ke kota New Delhi.

Tanpa radar tersebut, PK tidak dapat kembali ke planet asalnya, sehingga ia harus mencarinya di kota New Delhi yang disesaki oleh banyak orang. Dalam perjalanan mencari radar yang hilang, PK harus berhadapan dengan kompleksitas beragama orang-orang yang tinggal di bumi.

Ia pun mencoba berbagai agama karena pada saat PK kesulitan menemukan radar, semua orang menyuruhnya untuk berserah diri pada tuhan. Di tengah kebingungannya, ia bertemu dengan Jagat (Anushka Sharma) yang membantunya.

Meskipun membicarakan topik sensitif, para penonton dan pengamat film sangat terhibur dengan pembawaan Aamir Khan yang kocak dan sifatnya satir terhadap realita kehidupan.


4. Taare Zameen Par (2007).

film Bollywood rating tertinggi © 2021 brilio.net

foto: imdb

 

Masih dibintangi Aamir Khan, Taare Zameen Par pun mendapatkan rating tinggi. Film ini bercerita tentang seorang anak bernama Ishaan (Darsheel Safary) yang mengidap disleksia atau gangguan dalam proses belajar.

Dengan gangguan yang dialaminya, Ishaan pun mengalami kesulitan membaca, menulis huruf, dan memahami perintah yang rumit. Ketika di sekolah pun ia sering menerima hukuman karena keterbatasannya dalam memahami kalimat dan berhitung.

Keluarga dan lingkungan sekolahnya pun menganggap bahwa Ishaan adalah anak yang bodoh, padahal ia mengidap disleksia dan tidak ada yang menyadarinya. Gangguan belajar tersebut baru disadari ketika ia bertemu dengan Nikumbh (Aamir Khan) yang telah lama berpengalaman sebagai guru para difabel.

Film Taare Zameen Par yang sangat mengharukan ini layak ditonton supaya para orang tua dan lingkungan sekitar tetap mendukung tumbuh kembang anak, apapun kondisinya. Selain itu, akting Darsheel yang pada saat itu masih kanak-kanak pun patut diapresiasi karena berhasil membuat penonton banjir dengan air mata.


5. Padmavaat (2018).

film Bollywood rating tertinggi © 2021 brilio.net

foto: imdb

 

Film ini juga mendapar rating tertinggi meski sempat mengundang kontroversi di India. Padmavaat dibintangi oleh pasangan selebriti Deepika Padukone (Padmavaat) dan Ranveer Singh (Alaudin Khilji).

Film ini menceritakan tentang Maharawal Ratan Singh (Shahid Kapoor) dari kerajaan Hindu, Rajasthan yang menikahi seorang putri, Padmavaat. Di bawah kepemimpinan Maharawal Singh, kerajaan tersebut mengalami kemakmuran di balik benteng yang berdiri dengan kokohnya.

Akan tetapi, kemakmuran tersebut mulai terusik ketika Alaudin Khilji yang berasal dari kerajaan Islam berusaha melakukan ekspansi ke wilayah yang dikuasai oleh kerajaan Hindu. Dalam film ini Alaudin Khilji berhasrat besar menduduki Rajasthan karena terpukau dengan kecantikan Padmavaat yang selalu diceritakan oleh berbagai orang.

Walaupun berlatarkan sejarah, Padmavaat tidaklah membosankan karena dikemas dengan sangat apik. Bahkan, visual dari film ini pun patut diapresiasi, segala properti, efek visual, dan makeup dari para pemerannya pun terlihat sempurna.


6. My Name is Khan, 2010.

film Bollywood rating tertinggi © 2021 brilio.net

foto: imdb

 

My Name is Khan berkisah tentang seorang anak laki-laki yang bernama Rizwan Khan (Shah Rukh Khan) yang merupakan penyandang autisme. Dengan kekurangan yang dimiliki Rizwan, sang ibu pun memberikan perhatian lebih kepadanya. Hal tersebut membuat saudara Rizwan, Zakir (Jimmy Shergill) iri dan merantau ke Amerika.

Ketika sudah dewasa dan ibu mereka meninggal, Zakir pun membantu kehidupan Rizwan. Bahkan ia membawa saudaranya merantau ke Amerika. Ketika berada di Amerika, Rizwan pun bertemu dengan Mandira (Kajol) dan menikahinya.

Kehidupan Rizwan pun tidak serta-merta bahagia setelah menikah, ia dihadapkan pada tantangan besar. Warga Amerika memiliki pandangan yang berbeda terhadap Muslim, termasuk Rizwan setelah tragedi 11 September.

Rizwan pun ingin bertemu Presiden Amerika untuk mengubah pandangan warga Amerika terhadap umat Muslim. Tak perlu ragu lagi untuk menonton film ini karena dibintangi oleh aktor kenamaan Shah Rukh Khan dan Kajol. Mereka pun berakting dengan sangat apik dan mengharukan.


7. Kahaani (2012).

film Bollywood rating tertinggi © 2021 brilio.net

foto: imdb

 

Film ini bercerita tentang seorang perempuan bernama Vidya Baghci (Vidya Balan) yang mencari-cari suaminya di kota Kalkuta di saat dirinya tengah mengandung.

Ia pun tidak dapat dengan mudah menemukan sang suami karena ia harus menyelidiki peristiwa yang telah terjadi dua tahun lalu. Film Kahaani yang bergenre thriller ini seringkali membuat penonton terkejut dan memiliki plot twist tak terduga.

Film Kahaani layak untuk ditonton karena menunjukkan kecacatan dalam sistem peradilan di India. Selain itu, film garapan Sujoy Ghosh ini pun mengandung nilai-nilai feminis yang dikemas secara implisit dan tidak membosankan.


8. Pink.

film Bollywood rating tertinggi © 2021 brilio.net

foto: imdb

 

Film Pink meraih berbagai sambutan positif karena kritis terhadap masalah sosial. Film ini menceritakan tentang Minal (Taapse Pannu), Falak Ali (Kirti Kulhari), dan Andrea (Andrea Tariang) yang harus berhadapan dengan pengadilan.

Awalnya mereka adalah para gadis yang bekerja seperti orang-orang pada umumnya. Akan tetapi, mereka dihadapkan pada masalah besar ketika menerima undangan makan malam di sebuah resor setelah menonton konser rock.

Pada malam itu, para pria melecehkan mereka hingga seorang perempuan mengambil botol minum dan memecahkannya di salah satu pria tersebut sebagai upaya perlindungan diri.

Atas kejadian tersebut, mereka diseret ke pengadilan dan berhadapan dengan pengacara bernama Deepak Sehgall yang diperankan oleh Amitabh Bachchan.


9. Queen.

film Bollywood rating tertinggi © 2021 brilio.net

foto: imdb

 

Film Queen menceritakan tentang kisah seorang perempuan bernama Rani (Kangana Ranaut) yang harus menerima kenyataan pahit karena sang mempelai pria membatalkan rencana pernikahan mereka.

Rani dan keluarganya pun merasa sangat sedih karena acara perayaan sebelum pernikahan ala India yang meriah harus dibatalkan. Meskipun batal menikah, Rani dan mantan calon suaminya telah menyiapkan paspor dan tiket honeymoon ke Eropa.

Karena ia tidak jadi honeymoon dengan pujaan hatinya, Rani pun memutuskan untuk berlibur sendiri ke Eropa dan mulai berpetualang. Film bergenre drama-komedi ini layak ditonton karena mengajarkan penonton untuk menerima realitas, salah satunya ketika putus cinta.

Bahkan, film ini juga mengajak para penonton untuk berdamai dengan diri sendiri setelah mengalami berbagai masalah seperti yang dialami Rani.