Brilio.net - Taskmaster tampil pertama kali dalam film Black Widow (2021). Dalam film tersebut, Taskmaster tampil sebagai sosok penjahat yang menjadi salah satu musuh Black Widow yang cukup kuat. Ia dikenal sebagai pembunuh bayaran pilih tanding dengan kekuatan yang mampu meniru gerakan musuh.

Kekuatan meniru gerakan yang dimiliki Taskmaster tersebut dinamakan kemampuan reflek fotografi. Dengan kekuatan ini, Taskmaster bisa meniru gerakan orang lain hanya dengan melihatnya saja.

Kemampuan tersebut membuat Taskmaster disewa sebagai pembunuh bayaran dan bahkan disewa oleh beberapa organisasi kriminal seperti SHIELD yang juga tempat Black Widow berlatih. Selain itu, saat pertama kali tampil sebagai musuh Black Widow, tak banyak yang tahu siapa dan apa kekuatan Taskmaster.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (20/9), berikut sembilan fakta Taskmaster, si pembunuh beringas musuh Black Widow.

1. Belum diketahui identitas aslinya.

Fakta Taskmaster berbagai sumber

foto: imdb.com

Taskmaster tak pernah menampakkan wajahnya dan selalu memakai topeng saat melakukan aksinya. Hal itu membuat identitas aslinya tak pernah terungkap. Taskmaster kadang disebut sebagai Tony Masters yang berasal dari pelesetan namanya. Kadang pula, ia disebut sebagai Captain America yang sedang menyamar. Namun, dari segala hal misterius, reputasinya sebagai penjahat berbahaya tak bisa diragukan.

2. Mampu meniru kekuatan musuh.

Fakta Taskmaster berbagai sumber

foto: imdb.com

Selain tampil dengan beragam senjata dan identik dengan itu, Taskmaster juga bisa meniru jurus para musuhnya dengan sempurna. Bahkan, ia mampu meniru jurus mematikan yang dimiliki oleh Black Widow. Kemampuan inilah yang kemudian disebut sebagai reflek fotografi, artinya ia mampu meniru gerakan musuh setelah mengamati segala gerakan yang dilakukan musuh. Walaupun begitu, Taskmaster hanya bisa meniru gerakan, ia tidak bisa meniru kekuatan yang bukan berasal dari gerakan musuh.

3. Punya kemampuan sejak kecil.

Fakta Taskmaster berbagai sumber

foto: imdb.com

Kemampuan meniru dan mereplika gerakan musuh sudah didapatkan Taskmaster sejak kecil. Ia pertama kali mampu meniru beberapa jurus saat menonton sebuah film di televisi. Selain itu, saat ia menjadi bagian dari tim sepak bola saat SMA, Taskmaster hanya perlu melihat para pemain profesional di televisi. Setelah lulus SMA, Taskmaster menyadari kemampuan tersebut dan mulai menggunakannya demi keuntungan materi hingga akhirnya menjadi pembunuh bayaran.

4. Punya sekolah.

Fakta Taskmaster berbagai sumber

foto: imdb.com

Setelah dikenal sebagai Taskmaster, ia membentuk sebuah sekolah yang menjadi tempat mendidik dan melatih antek-antek penjahat. Ia sekaligus menjadi instruktur yang melatih anak-anak di sekolah tersebut dengan kemampuan tangan kosong. Di tempat tersebut, ia sempat melatih Crossbones dan Diamondback yang nantinya akan menjadi penjahat berbahaya selanjutnya.

5. Dikenal sebagai pembunuh bayaran.

Fakta Taskmaster berbagai sumber

foto: imdb.com

Taskmaster dikenal sebagai pembunuh bayaran sejak ia memulai aksi solonya. Kemampuan yang ia miliki membuat namanya cepat dikenal dan lawannya pun memberi rasa hormat. Sampai suatu ketika, Taskmaster berhasil dipenjara dan membuatnya bertemu dengan The Thunderbolts, semacam kelompok para penjahat super.

6. Pernah membantu SHIELD.

Fakta Taskmaster berbagai sumber

foto: imdb.com

Setelah Civil War pertama Marvel, Taskmaster menjadi agen SHIELD dan ia dibawa untuk menguji sistem keamanan. Taskmaster ditugaskan untuk membobol beberapa tempat paling aman yang pernah dibangun dan kemudian mencatat apa yang mesti diperbaiki untuk meningkatkan keamanannya. Keberadaan singkatnya di SHIELD ini merupakan salah satu penebusannya kepada Maria Hill untuk sebuah pengampunan. Belum terjelaskan apa motif utama Taskmaster bergabung menjadi agen rahasia SHIELD.

7. Lawan-lawan Taskmaster.

Fakta Taskmaster berbagai sumber

foto: moviepilot.com

Selain menjadi lawan terberat Black Widow dalam film, Taskmaster juga beberapa kali melawan superhero lain dalam komik Marvel. Saat dikenal sebagai pembunuh bayaran, Taskmaster pernah melawan Iron Man dan Captain America secara bersamaan. Namun, saat itu Taskmaster menganggap bahwa ia tidak akan mampu melawan dua superhero tersebut dan percaya bahwa yang ia lakukan itu lebih baik daripada harus ke penjara. Hal ini logis dilakukannya karena ia hanya bisa meniru gerakan lawan, sementara dua musuhnya ini punya kekuatan super selain gerakan bela diri semata.

8. Bertarung melawan Deadpool.

Fakta Taskmaster berbagai sumber

foto: imdb.com

Deadpool menjadi salah satu lawan yang cukup serius bagi Taskmaster. Deadpool dikenal sebagai mutan antihero yang sulit dilukai. Hal ini membuat Taskmaster kesulitan melawannya. Sebab, saat ia berhasil melancarkan serangan ke tubuh Deadpool, Deadpool akan segera menutup luka-lukanya dengan cepat. Selain itu, saat Taskmaster dipenjara setelah peristiwa Civil War, Deadpool rela membebaskannya hanya untuk mengajak Taskmaster bertanding dan membuktikan siapa yang terkuat.

9. Taskmaster berada di pihak yang mana?

Fakta Taskmaster berbagai sumber

foto: Twitter/@io9

Sejak debutnya dalam film Black Widow, Taskmaster adalah seorang penjahat, pembunuh bayaran, dan seorang agen SHIELD. Hal ini kemudian membuatnya lebih dikenal sebagai penjahat daripada pahlawan. Namun, ini tidak menutup kemungkinan membuatnya menjadi pahlawan atau karakter antihero pada masa mendatang. Walaupun hal ini dirasa cukup mustahil karena Taskmaster lebih dikenal sebagai seorang pragmatis.