Brilio.net - Film mata-mata menjadi salah satu 'tambang' dalam industri film Hollywood. Setiap tahunnya pasti ada film agen rahasia Hollywood yang dirilis dan menyedot banyak perhatian pencinta film. 

Film agen rahasia memang memiliki daya tarik tersendiri. Bukan hanya karena sarat dengan action, namun film ini juga kental dengan jalan cerita yang penuh intrik. Maklum film mata-mata ini pasti mengangkat cerita tentang sebuah rahasia yang menyangkut stabilitas sebuah negara.

Rahasia negara sengaja tidak diungkap dan hanya boleh diketahui oleh orang-orang tertentu. Pasalnya jika rahasia itu diumbar ke publik dikhawatirkan bisa menimbulkan ketidakseimbangan dan kekacauan dalam kehidupan negara.

Kamu pasti tahu dong film agen rahasia yang begitu ikonik, seperti halnya film James Bond, Mission Impossible ataupun Kingsman. Aksi yang memukau, persenjataan yang lengkap didukung dengan jalan cerita yang penuh teka-teki menjadi perpaduan apik dalam film agen rahasia fiksi tersebut.

Kalau ada film fiksi pasti ada yang nonfiksi alias diangkat dari kisah nyata. Pun dengan film agen rahasia produksi Hollywood. Film agen rahasia yang diangkat dari kisah nyata pasti memiliki daya tarik tersendiri. Bisa jadi film agen rahasia dari kisah nyata tidak akan seru dalam segi actionnya. Pasalnya film biografi ini mengangkat dari kisah nyata, jadi pengembangannya ceritanya terbatas.

Loading...

Agen rahasia pasti lekat dengan kontroversi. Pun jika kisah-kisah itu diangkat ke film, tak jauh dengan kontroversi. Penasaran apa saja film ini? Brilio.net merangkum, Selasa (18/6) delapan film agen rahasia yang diangkat dari kisah nyata.

1. 5 Fingers (1952).

film agen rahasia © 2019 imdb

foto: imdb.com

Film 5 Fingers merupakan film mata-mata produksi Amerika Serikat tahun 1952 yang disutradarai oleh Joseph L. Mankiewicz dan diproduksi oleh Otto Lang. Skenario ini didasarkan pada buku Operation Cicero milik Ludwig Carl Moyzisch, atase Nazi di Kedutaan Besar Jerman di Ankara (1943-44).

Film ini didasarkan pada kisah nyata Bazna kelahiran Albania, salah satu mata-mata paling terkenal dari Perang Dunia II. Ia telah bekerja untuk Nazi pada tahun 1943-1944, di satu sisi ia juga bekerja sebagai pelayan Sir Hughe Montgomery Knatchbull-Hugessen di kedutaan Inggris untuk Turki.

Dia memberikan informasi rahasia dengan menggunakan kode Cicero. Dia akan memotret dokumen rahasia dan menyerahkannya ke Franz von Papen, mantan kanselir Jerman yang juga duta besar Jerman di Ankara melalui perantara Moyzisch.

2. Breach (2007).

film agen rahasia © 2019 imdb

foto: imdb.com

Breach adalah film Amerika Serikat produksi tahun 2007 bergenre thriller sejarah-politik yang disutradarai oleh Billy Ray. Skenario ditulis oleh Ray, Adam Mazer dan William Rotko, mengangkat kisah nyata kehidupan Robert Hanssen, seorang agen FBI bertugas memata-matai Rusia selama dua puluh tahun.

3. Munich (2005).

film agen rahasia © 2019 imdb

foto: imdb.com

Kisah film Munich berkisar pada dampak dari pembunuhan 11 atlet Israel pada Olimpiade 1972 di Munich, Jerman. Aktor Eric Bana memerankan agen rahasia Mossad dari Israel dan ia memimpin tim rahasia Israel yang ditugaskan membunuh 11 orang Palestina yang dicurigai merencanakan pembunuhan ini.

Film ini mengundang pro kontra. Pasalnya Munich menimbulkan kontroversi antara Israel dan orang Yahudi, yang menganggap bahwa film Munich itu justru akan 'berpihak' Palestina.

4. Fair Game (2010).

film agen rahasia © 2019 imdb

foto: imdb.com

Fair Game berdasarkan kisah nyata dari seorang mantan agen rahasia CIA, Valerie Wilson. Valerie ini ditugaskan di Timur Tengah ini. Selama bertugas, tak ada yang tahu identitas asli dari agen CIA yang punya suami diplomat ini. Namun saat sang suami melakukan kesalahan, Gedung Putih dengan sengaja membocorkan identitas Valerie.

Film ini berkisar mengenai Yellow Cake yaitu sebutan konsetrat uranium dari Niger. Bagi Amerika Serikat uranium tersebut banyak yang dibawa ke Irak yang menimbulkan dugaan dari Amerika bahwa Irak tengah membuat senjata pemusnah massal dengan pabrik nuklir bawah tanahnya, sehingga dijadikan alasan untuk menginvasi Irak yang saat itu dipimpin oleh Saddam Husain.

5. Fifth Estate (2013).

film agen rahasia © 2019 imdb

foto: imdb.com

The Fifth Estate adalah film biografi thriller India-Amerika ini disutradarai oleh Bill Condon tentang situs web pengungkap dokumen rahasia WikiLeaks. Skenario film ini ditulis oleh Josh Singer berdasarkan buku Domscheit-Berg Inside WikiLeaks: My Time with Julian Assange at the World's Most Dangerous Website (2011), serta WikiLeaks: Inside Julian Assange's War on Secrecy (2011) karya wartawan Inggris David Leigh dan Luke Harding.

Film ini sebelumnya pernah menuai kontroversi dan kecaman dari karakter utama filmnya sendiri yaitu Julian Assange. Assange menyatakan bahwa The Fifth Estate adalah sebuah film propaganda yang menyudutkan WikiLeaks secara organisasi maupun karakter para stafnya.

6. Argo (2012).

film agen rahasia © 2019 imdb

foto: imdb.com

Argo adalah film agen rahasia bergenre drama thriller yang disutradarai oleh Ben Affleck dan disutradarai oleh Ben Affleck, George Clooney dan Grant Heslov. Film ini dibintangi oleh Ben Affleck, Bryan Cranston, Alan Arkin dan John Goodman.

Film tersebut menceritakan tentang usaha 6 orang sandera beserta agen CIA, Tony Mendez dalam melarikan diri dari Teheran di masa revolusi Iran 1979. Film ini panen prestasi, salah satu di antaranya adalah penghargaan di Oscar sebagai Film Terbaik.

Di Barat film ini memang review positif. Namun di Iran, film ini dianggap 'cacat sejarah. Argo terlah dinilai sebagai film popaganda anti Iran dan iklan gratis bagi CIA.

7. Bridge of Spies (2015).

film agen rahasia © 2019 imdb

foto: imdb.com

Bridge of Spies adalah film biografi yang disutradarai dan diproduseri oleh Steven Spielberg. Film ini mengambil latar belakang Perang Dingin yang sarat dengan ketegangan antara mata-mata dan agen rahasia kedua belah pihak. Namun, film ini tidak mengangkat rahasia kubu Amerika Serikat dan Uni Soviet yang terlibat dalam Perang Dingin. Tapi mengisahkan sisi lain dari pertukaran tawanan dari masing-masing agen rahasia.

Film ini berdasarkan kisah nyata pengacara asuransi James B. Donovan, yang merundingkan penukaran Rudolf Abel (mata-mata KGB Soviet) dengan Francis Gary Powers (pilot mata-mata Amerika Serikat). Awalnya ia ditugaskan untuk memberikan hak hukum bagi tawanan. Tak disangka, Donovan berhasil membebaskan Rudolf dari hukuman mati.

Film Bridge of Spies mendapatkan review positif dari para kritikus. Apalagi ditambah dengan akting dari Tom Hanks yang memerankan James B. Donovan.

8. Snowden (2016).

film agen rahasia © 2019 imdb

foto: imdb.com

Snowden adalah film thriller biografi politik disutradarai Oliver Stone. Naskah film ini ditulis oleh Oliver Stone dan Kieran Fitzgerald berdasarkan buku The Snowden Files karya Luke Harding dan Time of the Octopus karya Anatoly Kucherena. Film ini dibintangi oleh Joseph Gordon-Levitt, Shailene Woodley, Melissa Leo, Zachary Quinto, Tom Wilkinson, Scott Eastwood, Rhys Ifans dan Nicolas Cage.

Film ini bercerita tentang Edward Snowden, seorang profesional komputer Amerika yang membocorkan informasi rahasia dari organisasi intelijen Amerika Serikat yakni Badan Keamanan Nasional (National Security Agency) kepada media massa The Guardian pada bulan Juni 2013. Film i mendapat tanggapan buruk dari para pemerhati film.

RECOMMENDED BY EDITOR