Brilio.net - Bulan Ramadan tidak bisa dipisahkan dari berbagai program bertema religi yang hadir di layar kaca. Mulai dari acara seru saat sahur, acara dakwah dan sinetron religi.

Namun di era seperti sekarang, sinetron religi sudah jarang dijumpai. Beda halnya pada era 90-an hingga awal 2000-an silam, TV dipenuhi dengan banyaknya sinetron khas Ramadan yang apik dan legendaris.

Sebut saja Kiamat Sudah Dekat hingga Lorong Waktu, tayangan ini begitu dinanti-nantikan setiap episodenya. Selain alur ceritanya yang menarik, sederet sinetron ini juga menyajikan pelajaran hidup dibaliknya.

Beberapa aktor maupun aktris yang diketahui kerap didaulat jadi bintang sinetron religi antara lain Deddy Mizwar, Zaskia Adya Mecca, Anjasmara hingga Tamara Bleszynski.

Untuk mengobati rasa kangen, yuk nostalgia dengan tujuh sinetron religi favorit anak 90-an, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (22/4).


1. Doaku Harapanku.

7 sinetron religi 90-an © Instagram

foto: Instagram/@tv90an

 

Tayang pada 1998 lalu, Doaku Harapanku yang dibintangi oleh Krisdayanti, Dicky Wahyudi, dan Leily Sagita selalu menemani para pemirsa layar kaca menjelang buka puasa tiba. Doaku Harapanku juga diketahui sebagai pelopor sinetron Ramadan di Tanah Air.

Sinetron ini mengangkat kisah cobaan hidup yang dialami tokoh Anisa (Krisdayanti). Anisa memiliki suami bernama Andika (Dicky Wahyudi) yang sangat mencintainya. Namun cobaan hidup Anisa ia dapat saat ibu tiri Andika yakni Lela (Leily Sagita), justru membenci dan memusuhi Anisa.


2. Lorong Waktu.

7 sinetron religi 90-an © YouTube

foto: YouTube/ILHAM Irwansyah

 

Lorong Waktu adalah sinetron religi bertema fiksi ilmiah yang sangat legendaris. Sentuhan religi yang dibalut dengan sains fiksi membuat sinetron yang dibintangi oleh Deddy Mizwar dan Jourast Jordy ini sangat difavoritkan.

Sinetron yang pertama kali tayang pada akhir 1999 ini mengisahkan perjalanan waktu dari Pak Haji Husin dan juga muridnya yang bernama Zidan. Selain itu, karakter utama yang juga sangat diingat adalah Ustaz Addin, Sabrina, Havid, Jambrong dan Jagur.

"Pak Haji siap? Zidan siap?"

Masih ingat bukan dengan kalimat legendaris itu?


3. Doa Membawa Berkah.

7 sinetron religi 90-an © Instagram

foto: Instagram/@anjasmara_fanbase

 

Tamara Bleszynski memang kerap muncul dalam sinetron religi. Salah satunya yakni dalam sinetron Doa Membawa Berkah yang mana ia dipasangkan dengan Anjasmara.

Tamara dan Anjasmara memerankan karakter bernama Tarissa dan Rafli. Tarissa yang berasal dari keluarga kaya dengan sifat urakan lantas jatuh hati dengan Rafli yang dikenal kalem, Islami, dan penuh kebaikan. Namun jalan cinta mereka harus terhalang oleh latar belakang keluarga yang berbeda. Sinetron ini tayang pada Oktober 2000 lalu.


4. Doa dan Anugerah.

7 sinetron religi 90-an © Instagram

foto: Instagram/@mvp_fanbase

 

Usai membintangi Doa Membawa Berkah, Anjasmara justru dipertemukan dengan Krisdayanti dalam sinetron religi Doa dan Anugerah. Berkisah tentang percintaan Adi(Anjasmara) dan Aisah (Krisdayanti) yang ditentang, setiap episodenya sukses mengaduk-aduk hati para penonton.

Aisah sendiri diceritakan sebagai gadis pincang yang berasal dari panti asuhan. Karena hal itulah keluarga dari Adi tak merestui cinta keduanya. Sinetron bertabur bintang ini hadir di layar kaca pada Oktober 2002.


5. Titipan Ilahi.

7 sinetron religi 90-an © Instagram

foto: Instagram/@anjasmara_fanbase

 

Titipan Ilahi merupakan sebuah sinetron religi yang ditayangkan di Indosiar pada tahun 2004-2005. Pemain utama dalam sinetron ini adalah Anjasmara dan Tia Ivanka, dengan sejumlah pemain pendukung seperti Leroy Osmani, Primus Yustisio, Ramzi, Annisa Trihapsari, dan masih banyak lagi.

Sinetron yang bertahan hingga lebih dari 100 episode ini mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Aryo Seno yang diperankan oleh Anjasmara. Dia terlahir sebagai Arya Darmanto dari keluarga kaya raya, tetapi takdirnya berubah saat sang ayah tidak menyukai kehadirannya.


6. Kiamat Sudah Dekat.

7 sinetron religi 90-an © Istimewa

foto: Istimewa

 

Kiamat Sudah Dekat juga menjadi sinetron religi yang begitu ditunggu-tunggu pada masanya. Berawal dari film keluaran 2003 dan kemudian dijadikan sinetron, tayangan ini semakin sukses.

Sinetron Kiamat Sudah Dekat mengisahkan tentang Fandy yang diperankan oleh Andre Taulany yang jatuh cinta pada Sarah (Zaskia Adya Mecca). Sarah sendiri merupakan seorang gadis cantik dan berhijab anak dari Haji Romli.

Melihat Fandy yang seorang rocker membuat Haji Romli tak rela menikahkan anaknya dengan Fandy. Namun kemudian Haji Romli memberikan kesempatan pada Fandy dengan beberapa syarat, yakni bisa salat, mengaji dan menguasai ilmu ikhlas.


7. Hikmah.

7 sinetron religi 90-an © Instagram

foto: Instagram/@hj.eva_evi

 

Hikmah adalah sebuah sinetron spesial Ramadan yang menampilkan Tamara Bleszynski, Teuku Ryan dan Gunawan sebagai bintang utama. Konfliknya antara Anna, Adrian dan Arman dalam setiap episodenya selalu berhasil mengaduk-aduk emosi para penonton.

Tak main-main, sinetron ini sampai terdiri dari tiga season yang tayang mulai 2004 hingga 2006.