Brilio.net - Spider-Man selalu tampil memukau dalam setiap episodenya. Ia dengan mudahnya melemparkan jaring laba-laba dari tangannya dan banyak membantu warga kota membasmi kejahatan.

Aksi kejahatan yang terjadi bukan saja dilakukan berandal biasa, melainkan oleh orang dan makhluk yang mempunyai kekuatan super. Seperti Green Goblin yang tak lain adalah Norman Osborn yang pernah ditemui Peter Parker saat tidak memakai kostum Spider-Man. Kejahatan-kejahatan yang dilakukan tersebut menjadi motif untuk memanggil Spider-Man untuk bertarung, bahkan sebagai motif balas dendam pribadi.

Namun, Spider-Man tidak mudah menghadapi musuh-musuhnya tersebut. Spider-Man butuh kelincahan dan daya tahan saat menghadapi kekuatan super yang ada dalam diri musuh-musuhnya. Bahkan, musuh-musuhnya tersebut bisa terlihat buas dan mengerikan saat melancarkan serangan.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber Sabtu (14/8), berikut 7 penampakan asli musuh Spider-Man.

1. Green Goblin.

7 Penampakan asli musuh Spider-man berbagai sumber

foto: Youtube/TopMovieClips

Green Goblin merupakan musuh pertama Spider-Man yang muncul pada film Spider-man (2002) yang diperankan oleh Willem Dafoe. Green Goblin tercipta berkat Norman Osborn, CEO Oscorp yang memiliki kekuatan dari Goblin Formula.

Green Goblin muncul juga pada Spider-man 2 (2007) yang diteruskan oleh Harry Osborn, anak dari Norman Osborn (diperankan James Franco) dan di The Amazing Spider-man 2 (2014 yang diperankan oleh Dane DeHaan.

2. Venom.

7 Penampakan asli musuh Spider-man berbagai sumber

foto: liputan6.com

Venom sebenarnya adalah makhluk luar angkasa yang disebut sebagai symbiote. Ia memerlukan inang untuk bertahan hidup, sehingga ia menempel pada manusia.

Manusia yang menjadi inangnya akan memiliki kekuatan super. Venom muncul secara utuh dalam komik The Amazing Spider-Man #300 (1988). Sementara dalam film, Venom baru muncul dalam Spider-Man 3 (2007) dan mulai 2018, mulai digarap film tunggal yang menceritakan muasal Venom ini.

Pada 2021, Venom masuk dalam salah satu film Marvel Studios yang diberi judul Venom: Let There Be Carnage. Venom tampil seperti makhluk buas aneh dan mengerikan.

3. Lizard.

7 Penampakan asli musuh Spider-man berbagai sumber

foto: Youtube/TopMovieClips

Lizard merupakan kadal hasil eksperimen Dr Curt Connors mantan ilmuwan di Oscorp Industries melalui dirinya langsung sebagai bahan percobaan. Connors merupakan mitra dan kolega Richard Parker dan bekerja meneliti di Lizard Serum bersamanya.

Awalnya, Connors hanya ingin untuk menumbuhkan tangannya kanannya yang sudah tiada, tetapi hal itu justru mengubah dirinya menjadi kadal humanoid. Pikirannya tidak bisa mengendalikan dan kalah dengan pikiran sang kadal.

Connors pun mempunyai kekuatan super dan bisa bergerak begitu cepat. Lizard muncul dalam Spider-Man 2 (2004) dan Spider-Man 3 (2007). Ia kembali muncul dalam The Amazing Spider-Man (2012).

4. Electro.

7 Penampakan asli musuh Spider-man berbagai sumber

foto: Youtube/Movieclips

Electro awalnya adalah Maxwell Dillon, seorang tukang listrik. Ia berubah menjadi Electro setelah tersambar petir saat memegang kabel dan menyebabkan mutasi dalam sistem sarafnya.

Mutasi tersebut mengubah Dillon menjadi kapasitor listrik yang mengeluarkan 1 juta volt listrik dari ujung jari. Electro muncul dalam film The Amazing Spider-Man 2 dan diperankan oleh Jamie Foxx.

5. Mysterio.

7 Penampakan asli musuh Spider-man berbagai sumber

foto: Youtube/Flash Music

Mysterio atau Quentin Beck merupakan musuh Spider-Man yang tidak mempunyai kemampuan super, tetapi hadir sebagai mantan artis yang punya efek khusus sekaligus seorang ilusionis. Bakatnya tersebut ia gunakan untuk melakukan kejahatan.

Ia merupakan anggota pendiri tim supervillain Six Sinister. Mysterio muncul dalam film Spider-Man: Far From Home (2019).

6. Sandmand.

7 Penampakan asli musuh Spider-man berbagai sumber

foto: Youtube/TopMovieClips

Sandmand merupakan musuh Spider-Man yang cukup membuat kewalahan. Sandmand dapat mengubah segala hal menjadi pasir, termasuk mengubah dirinya. Sandmand muncul dalam film Spider-Man 3 (2007) dan Spider-Man: Far From Home (2019) dan bekerja sama dengan Mysterio.

7. Hydro-man.

7 Penampakan asli musuh Spider-man berbagai sumber

foto: Youtube/Entertainment Access

Hydro-man merupakan salah satu karakter besutan Marvel Comics dan digambarkan sebagai musuh Spider-Man. Hydro-man awalnya adalah seorang bernama Morris Bench yang tidak sengaja terlempar ke laut saat Spider-Man dan Namor bertarung di kapal yang ditumpanginya.

Yang membuat ia menjadi Hydro-man adalah kapal tersebut berisi generator eksperimental kuat yang sedang dalam proses uji coba. Kapal tenggelam bersama generator tersebut dan Morris berubah menjadi Hydro-man. Ia menyalahkan Spider-Man atas perubahan dirinya dan menuntut balas dendam atas apa yang terjadi sekaligus berbuat kejahatan untuk memancing Spider-Man. Hydro-man muncul dalam film Spider-Man Far From Home (2019).